Sabtu, 2 Mei 2020 - 11:55 WIB

Kades Biskang Aceh Singkil Pimpin Musyawarah Membahas Usulan Warga Penerima BLT 

Singkil – Rapat pembahasan anggaran dana desa Biskang kecamatan Danau Paris untuk perubahan penanggulangan dana BLT APBKAM 2020 di ikuti oleh perangkat desa, BPK, pendamping desa dan tokoh masyarakat di kantor desa Biskang, Jumat (01/05).

Dampak dari pandemi Covid19 sangat terasa bagi masyarakat luas. Sehingga mobilitas masyarakat sangat terbatas dalam melakukan aktifitas sehari hari untuk mengais rejeki.

Dampak himbauan dari pemerintah kepada masyarakat berdampak terhadap masyarakat lapisan bawah. Dengan kondisi seperti ini Kepala desa Biskang, kecamatan Danau Paris, Abdi Tinambunan mengadakan rapat bersama perangkat desa, BPK ( Badan Pengawas Kampong ), pendamping desa, tokoh masyarakat dan taem penanggulangan covid19.

Kepala desa Biskang, Abdi Tnambunan mengatakan, kalau Angaran Dana Perubahan untuk penanggulangan Dana BLT, APBKAM tahun 2020. Apapun hasil musyawarah desa sekarang ini untuk penetapan keputusannya dari Camat Danau paris yang dapat memutuskan hasil Musyawarah ini.

“Adapun Dana yang di serab untuk BLT dari Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Dana Desa, kalau Dana dari APBN nya 1 miliar, wajib kena potong dengan anggaran untuk BLT nya 30% dari 1 miliar, berarti pemotongannya Rp.300 juta untuk BLT Rp.600 ribu / KK. Anggaram inilah yang di prioritaskan buat dana BLT tersebut untuk penanggulangan khusus covid 19” ujar Abdi Tnambunan.

Namun hasil musyawarah ini belum rampung dan belum ada hasil musyawarah yang posif. Kepala Desa tidak berani mengambil keputusan yang tegas terhadap kretria yg penerima BLT akibat dari dampak covid19 ini. Kepala Desa akan melakukan konsultasi kepada camat Danau Paris Kab, Aceh – Singkil. Dengan upaya yang di lakukan konsultasi supaya tidak melanggar hukum yang berlaku, pungkasnya.

Setelah sambutan dari Kepala Desa Biskang di lanjutkan oleh ketua BPK ( Badan Pengawas Kampong ) memberi sambutan, Bantuan BLT ke masyarakat yang harus sesuai aturan yang di tetapkan oleh aturan pemerintah.

“Adapun daftar penerima PKH, tidak sesuai dengan nominal yang di terima oleh warga penerima PKH. Selain itu pencairan dana BLT harus melalui hasil musyawarah dan kerja sama yang baik” ujar ketua BPK Simpan Berutu.

Selanjutnya di sambung oleh pendamping Desa untuk menyampaikan tentang aturan dari pemerintah yang sudah beberapa kali di ubah. undang Undang no. 11 sampai dengan no. 8 di tambah Dengan juknis penyaluran Dana BLT.
Kretria, TNI, Polri, PNS, PKH, Pra kerja. Tidak mendapatkan bantuan BLT. Warga yg sudah terdaftar penerima Bantuan di PKH tidak lagi dapat bantuan di program BLT.

“Adapun dana yang di serab untuk BLT dari Anggaran Dana Desa ( ADD ) yang Bersumber dari dana APBN. Misalnya kalau dana APBN nya 1 miliar, wajib kena potong dengan anggaran untuk BLT sebesar 30%. Berarti pemotongan nya Rp.300 juta untuk BLT. Sebesar Rp.600 ribu/KK dan inilah yang di prioritaskan dari dana untuk BLT Tersebut untuk penanggulangan khusus covid 19” ujar Muhammad Sodikin Siregar. (khairul amry/jat)

Artikel ini telah dibaca 665 kali

loading...
Baca Lainnya

Jajaran Polri Siap Dukung Simulasi Protokol Keamanan dan Keselamatan

JAKARTA  – Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyatakan siap mendukung pelaksanaan simulasi protokol kesehatan...

28 Oktober 2020, 01:18 WIB

Polresta Palangkaraya Berhasil Mengungkap Jaringan Narkoba Lapas Palangkaraya

Palangka Raya – Polresta Palangka Raya berhasil pengungkapan kasus narkotika dengan 8 tersangka dari jaringan...

26 Oktober 2020, 19:46 WIB

Tim Futsal Binaan Bhabinkantibmas Desa Sikakap Terima Bantuan dari Kapolsek

Kepulauan Mentawai, – Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH memberikan bantuan bola untuk anak-anak Tim...

Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH memberikan bantuan bola kepada anak-anak Tim Futsal Desa Sikakap.

26 Oktober 2020, 16:05 WIB

Laksanakan Operasi Yustisi, Polsek Balaraja dan Tiga Pilar Tegur 45 Pelanggar

TANGERANG – Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten bersama unsur Muspika Kecamatan Balaraja dan Kecamatan...

26 Oktober 2020, 13:47 WIB

Peringati Hari Santri, Polsek Cisoka Gagas Polisi Sahabat Santri

TANGERANG – Jajaran Polsek Cisoka Polresta Tangerang Polda Banten menggelar silaturahmi ke Pondok Pesantren Daar...

26 Oktober 2020, 13:40 WIB

Maulid Nabi Muhammad SAW, Jajaran Polres Majalengka Gelar Baksos

MAJALENGKA – Jajaran Polres Majalengka membagikan sembako ke masyarakat terdampak Covid-19 beserta kaum dhuafa di...

26 Oktober 2020, 13:24 WIB

loading...