Selasa, 19 Mei 2020 - 14:09 WIB

Tim Gugus Tugas Covid-19 Nisel Gelar Simulasi

Nias Selatan, Deliknews.com – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nias Selatan menggelar sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 dan simulasi penangan pasien Covid-19, Selasa (19/05/2020) di Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan.

Pada kesempatan ini, turut hadir: Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH., MH , Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, SE., M.Tr.Hanla, Wakil Bupati Nias Selatan, Sozanolo Ndruru, Wakapolres Nias Selatan, Kompol Marthin Luther Dachi, S.Sos, Asisten II Bidang Martinus Halawa, Staf Ahli Bupati.

Sejumlah Kepala Dinas lingkolup Pemkab Nias Selatan, diantaranya : Kepala Dinas Kesehatan Dr. Henny Kurniawan Duha, Kadis Kominfo, Kadis Ketahanan Pangan Ermanjaya Buulolo, S.ST, Kadis Lingkungan Hidup, Hartawan Halawa, S.Pd, Kalaksa BPBD, Idealis Dachi, Camat Fanayama, Arifman Wau, Camat Onolalu, Darnis Harita, ST.

Kepala Puskesmas Teluk Dalam, Toma, Fanayama dan Onolalu , Kepala Desa Bawomataluo Teruna wau, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat, sejumlah petugas medis dari 4 (emat) Kecamatan dan ratusan masyarakat yang ikut menyaksikan simulasi dan pencegahan covid-19.

Camat Fanayama, Arifman Wau dalam sambutannya bahwa kegiatan ini simulasi penanganan civid-19 sekaligus sosialisasi pencegahan virus Corona Yang dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nias.

Simulasi dan sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, di ikuti 4 (empat) Kecamatan, yakni : Kecamatan Fanayama, Kecamatan Teluk Dalam, Kecamatan Onolalu dan Kecamatan Toma, ungkap Arifman Wau.

Dalam arahan Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH., MH mengatakan bahwa Covid-19 sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya. Oleh karena itu, perlu diantisipasi penyebaran virus tersebut dan melalui gerakan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, jaga jarak dan hindari keramaian, ujarnya.

“Kita perlu mengantisipasi dan mencegah penyebaran covid-19 itu melalui cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, pakai masker, jaga jarak dan menghindari keramaian”, katanya.

Dia berharap agar pelaksanaan simulasi tentang tata cara pencegahan dan penanganan pasien Covid-19 yang dilakukan oleh para petugas medis, dapat diikut dengan seksama, harapnya.

Pada kesempatan itu, dia menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat Desa Bawomataluo atas kesediaan dan ijin dapat menggunakan kendaraan di halaman Desa untuk melakukan simulasi penanganan civid-19. Dimana di halaman Desa tersebut dilarang berkendara.

“Saya berterima kasih kepada Kepala Desa, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat Desa Bawomataluo atas ijin menggunakan kendaraan di halaman Desa dalam rangka melakukan simulasi penanganan civid-19”, ungkap Hilarius Duha.

Selanjutnya, para petugas medis melakukan simulasi cara penanganan orang dalam pemantauan (ODP), penanganan pasien dalam pemantauan (PDP), penanganan mayat Covid-19 sampai pada penguburan mayat corban Covid-19 dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Usai acara simulasi dan sosialisasi pencegahan tersebut, Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH, MH besama rombongan lainnya menyempatkan diri untuk membagikan masker kepada masyarakat Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 128 kali

loading...
Baca Lainnya

Warga 5 Desa Mencairkan Dana Bansos BST Tahab I Di Kantor Camat Malaka Barat

Malaka – Pengambilan dana bansos BST tahab I bagi warga miskin di 5 Desa di...

29 Mei 2020, 17:48 WIB

Kejari Badung Siap Kawal dan Amankan Dana Corona

Badung – Anggaran penanggulangan dampak Covid-19 di Kabupaten Badung menuai sorotan publik. Pasalnya, dana Rp...

Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Badung, I Made Gde Bamaxs Wira Wibowo, SH., MH. (Foto: istimewa)

29 Mei 2020, 14:47 WIB

Dinkes Akui Adanya Keterlambatan Pembayaran Honor Petugas Gugus Covid-19

Gayo Lues-Menaggapi keluhan sejumlah tim gugus tugas Covid-19 di Kabupaten Gayo Lues. Kepala Dinas Kesehatan...

29 Mei 2020, 14:39 WIB

Masih Menggantung, 2,2 M DBH-CT Dialihkan Untuk Covit-19

Gayo Lues-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues, Purnama Abdi, menjelaskan soal Silva Anggaran DBH-CT tahun...

29 Mei 2020, 14:34 WIB

Ombudsman: DPRD Badung Harus Berani Kritisi Kebijakan Bupati

Denpasar – Kepala Ombudsman RI (ORI) perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab meminta kepada Anggota Perwakilan...

Aktivis LSM Manikaya Kauci, I Nyoman Mardika. (Foto: istimewa)

29 Mei 2020, 13:08 WIB

Cerita Dua Pembobol ATM di Citra Raya Diringkus Polsek Panongan

TANGERANG –  Sat Reskrim Polsek Panongan Polresta Tangerang Polda Banten meringkus dua orang pelaku pencurian...

28 Mei 2020, 21:36 WIB

loading...