Senin, 25 Mei 2020 - 23:59 WIB

Desa Oan Mane Tergenang Air Hujan, Warga Menjebol Jalan Aspal

Malaka – Hujan lebat mengguyur kabupaten Malaka dalam seminggu ini mengakibatkan menggenangi rumah warga di desa Oan Mane setinggi 50 cm. Untuk mengurangi genanangan air di pemukiman warga akirnya warga menjebol jalan raya.

Tinggi nya instesitas hujan di kabupaten Malaka dalam sepekan terakir membuat puluhan rumah warga di desa Oan Mane kecamatan Malaka Barat tergenang air hujan.

Pantau deliknews di desa Oan Mane paskah hujan semalam banyak rumah warga yang tergenang oleh air hujan. Selin itu ada alat berat di tepi jalan raya sedang membuat saluran air dengan cara memotong jalan raya.

Kepala Desa Oan Mane, Lukas Leky, saat di temui deliknews dilokasi pengerukan saluran air, Senin (25/5), mengatakan terjadinya penjebolan jalan aspal hanya karena air hujan tidak bisa mengalir ke hilir. Oleh karena itu, dengan terpaksa menjebolkan aspal jalan untuk air bisah dapat mengalir dengan bebas.

“Tindakan warga atas penjebolan aspal itu, demi menyelamatkan diri dari genangan air hujan yang terpalang dengan jalan aspal. Dengan penjebolan tersebut sudah dilaporkan ke saya pada sabtu dini hari kemaren sekitar pukul 02.00 wita dan saat itu juga saya menyetujui” ujar Lukas Leky.

Lanjudnya, dirinya tidak berpikir panjang terhadap resiko dalam aturan pengrusakan, tetapi hanya untuk menyelamatkan warga dari genangan air hujan yang sudah masuk kedalam rumah dengan ketinggian saat itu berkisar 50- 60.cm. Itu pun hanya air hujan, bukan luapan banjir dari Kali Benenai.

Kejadian penjebolan jalan aspal ini sudah  dilaporkan ke Camat Malaka Barat, Efraem Bria.S.fil. Mpa. Dengan penjebolan jalan untuk mengalirkan air genangan, hari ini, Senin.25/5 ditinjau oleh pihak teknis PUPR, Kabupaten Malaka, pungkasnya.

Sementara itu salah satu warga desa Oan Mana, mengatakan rumah warga digenang air hujan itu, kerena akibat dari pekerjaan jalan yang tidak disertai dengan Draenase yang baik berupa Saluran dan Deker (gorong-gorong) pada jalan.

“Untuk jebolan jalan aspal ini, pada titik pasangan pipa 2 batang berukuran 2 dim, oleh pihak pekerja jalan. Dan terpasangnya pipa itu, terletak pada pelimpas sebelumnya peningkat jalan perkerasan  menjadi aspal” ujar salah satu warga yg enggan nama nya ditulis.

Lanjutnya, bahwa titik yang dijebol itu, sebelumnya sudah ada pelimpas jalan. Oleh sebab itu, kenapa pada saat pekejaan peningkatan jalan dari perkerasan menjadi Aspal,  tidak langsung dengan buat deker saja ?.

Sementara Kepala BINAMARGA PUPR Kabupaten Malaka, Lorens Haba saat di lokasi pengerikan aliran air mengatakan, setelah mendapatkan laporan terhadap penjebolan jalan aspal, saya merespon langsung turun kelokasi untuk melihat langsung kejadiannya. Sebab: kesalahan ini, sangat fatal sekali.

“Jalan merupakan akses utama penghubung kebutuhan yang dibutuhkan Masyarakat. Dengan demikian, setelah saya mendapat laporan, atas penjebolan jalan aspal di desa Oan Mane, langsung saya mengambil sikap dan tindakan secara cepat” ujar Lorens

Lanjudnya, sikap dan tidakan Binamarga PUPR Malaka, menggali tambah jalan aspal yang dijebol dengan Eksa, untuk membuat Deker. Hal pembuatan Deker setelah air hujan mengurang.

Kalau masih tergenang rumah warga, setelah dibuatkan Deker, warga masih tetap tergenangi air disaat hujan maka akan membuat saluran air,  pungkasnya. ( Dami Atok)

Artikel ini telah dibaca 223 kali

loading...
Baca Lainnya

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Kapolresta Tangerang Pimpin Operasi Yustisi

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali memimpin Operasi Yustisi bersama...

30 September 2020, 21:46 WIB

Bawaslu Pasaman Akan Bubarkan Kampanye Jika Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Pasaman, – Bawaslu Kabupaten Pasaman akan membubarkan kampanye pasangan calon gubernur/wakil gubernur dan calon bupati/wakil...

 Bawaslu Pasaman rapat koordinasi dengan Forkopimda dan stakeholder, di Lubuk Sikaping, Rabu (30/9/20).

30 September 2020, 13:10 WIB

Bawaslu Pasaman Akan Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Pasaman, – Bawaslu Kabupaten Pasaman bersama tim atau unsur terkait akan menertibkan Alat Peraga Kampanye...

 Ketua Bawaslu Pasaman Rini Juita (jilbab merah) saat rapat koordinasi dengan Forkopimda dan stakeholder, di Lubuk Sikaping, Rabu (30/9/20).

30 September 2020, 12:02 WIB

Mahasiswa PSDKU unsiyah Kampus Blangnangka Orasi Damai Ke DPRK Gayo Lues.

Sebanyak 20 Orang Perwakilan  Mahasiswa PSDKU Universitas Siyah Kuala Kampus Belang Nangka Kabupaten Gayo Lues...

30 September 2020, 02:10 WIB

Kapolresta Tangerang Pimpin Operasi Yustisi, 72 Pelanggar Disanksi Masuk Ambulan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memimpin Operasi Yustisi bersama Pemkab...

29 September 2020, 23:21 WIB

Kapolresta Tangerang Bina Komunitas Jadi Pelopor Pelaksanaan Protokol Kesehatan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali melaksanakan pembinaan komunitas untuk...

29 September 2020, 23:14 WIB

loading...