Jumat, 29 Mei 2020 - 21:07 WIB

Mantan Bendahara Disdik Nisel Divonis 2 Tahun 10 Bulan, Kejari Nisel Sedang Lakukan Pengembangan

Nias Selatan, Deliknews.com – Pada agenda pembacaan putusan Hakim Tipikor yang digelar, Kamis (28/05/2020) di Kantor Pengadilan Negeri Medan, mantan Bendahara Dinas Pendidikan Kabupaten Nias, berinisial Piterson Zamili divonis bersalah melakukan tindak pidana korupsi pada kasus program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) USBM Medan di Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2012-2013.

Hal ini disampaikan Kajari Nias Selatan melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus), Solidaritas Telaumbanua, SH kepada sejumlah wartawan, saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (29/05/2020) jalan Diponegoro Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan.

Dia menyampaikan bahwa, mantan Bendahara Dinas Pendidikan Kabupaten Nias, Piterson Zamili dijatuhkan pidana penjara selama 2 tahun 10 bulan, denda Rp. 50.000.000.- subsider 3 bulan dan Juga dibebankan uang pengganti kerugian Negara, sebesar Rp. 745.954.718.-.

Menyikapi putusan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) pikir – pikir, dan begitu juga terdakwa melalui kuasa hukumnya masih pikir – pikir, untuk diterima/banding, ucapnya.

Dari penyidikan Kejaksaan Negeri Nias Selatan terkait kasus korupsi program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) USBM Medan di Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2012-2013, masih ada pihak lain yang harus bertanggungjawab.

“Dari penyidikan kami, masih ada pihak lain yang harus bertangjawab, dan sampai saat ini belum ada pengembalian kerugian Negara sebesar Rp. 5,8 milyar terkait kasus program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Universitas Setia Budi Mandiri (USBM) di Kabupaten Nias Selatan, tegasnya.

Saat ditanya terkait MoU yang ditandatangani oleh mantan Bupati Nias Selatan, berinisial”ID”, Kasi. Pidsus Kejari Nias Selatan, Solidaritas Telaumbanua, SH mengatakan bahwa MoU tersebut sudah disita penyidik menjadi barang bukti dan sudah diperlihatkan di Persidangan.

“Kalau MoU sudah disita penyidik menjadi barang bukti dan sudah diperlihatkan dipersidangan. pihak yang menandatangani MoU tersebut (ID), sudah dihadirkan dipersidangan untuk memberikan keterangan dan begitu juga dari pihak USBM sudah dihadirkan dipersidangan, ucapnya.

Dia menambahkan bahwa, dari fakta di Persidangan, masih ada pihak -pihak lain yang berperan yang harus bertanggungjawab dalam Kasus Progaram Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Universitas Setia Budi Mandiri (USBM) dengan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, ujarnya.

“Saksi yang sedang menjalani pidana penjara dalam kasus program Pendidikan Jarak Jauh PJJ Universitas Setia Budi Mandiri USBM di Kabupaten Nias Selatan, menguatkan pembuktian kita untuk mengembangkan ke pihak – pihak lain”, cetusnya.

Saat Ditanya apakah dalam waktu dekat ada penetapan tersangka baru, Solidaritas Telaumbanua mengatakan bahwa masih menunggu petunjuk Pimpinan, dimana saat ini masih suasana pendemo covid-19 ini, pungkasnya. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 343 kali

loading...
Baca Lainnya

Jumlah Pasien Covid-19 Meningkat, Kapolres Kembali Tinjau Kesiapan RSUDMAK

Gayo Lues-Menindak lanjuti Instruksi Kapolda Aceh untuk melihat kondisi  RS dalam penanganan Pasien Covid-19 dan...

28 September 2020, 23:07 WIB

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Anggota Polres dan Polsek Jajaran

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan 1000 botol madu kepada...

28 September 2020, 21:23 WIB

Diduga Manipulasi Anggaran Mamin, Program 1000 hafizd Gayo Lues Terancam Gagal

Jakarta – mencuatnya dugaan manipulasi anggaran untuk makan minum 1000 santri kabupaten Gayo Lues selama...

28 September 2020, 20:54 WIB

Sertifikat Ganda Lahan Diklaim BPD Bali, Ini Penjelasan BPN Denpasar

Denpasar – Sengketa lahan sertifikat ganda yang berbuntut penguasaan lahan seluas 3,85 are dilakukan Bank...

Ruang Penyimpanan Warkah BPN Denpasar.

28 September 2020, 20:24 WIB

Operasi Yustisi, Puluhan Masyarakat Tidak Bermasker Disanksi Polsek Balaraja

TANGERANG – Upaya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan terkait COVID-19 gencar dilakukan jajaran Polsek...

27 September 2020, 20:33 WIB

Cerita Polsek Balaraja Sanksi 33 Pengendara Tidak Kenakan Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polres Kota Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan kegiatan pendisiplinan masyarakat...

27 September 2020, 20:28 WIB

loading...