Warga Penerima BST Berjubel Memadati Halaman Kantor Kecamatan Weliman

  • Whatsapp

Malaka – Warga dari 14 desa memadati halaman kantor camat yang mau mencairkan Dana Bantuan Sosial Tunai (BST) se kecamatan Weliman, Kabuten Malaka NTT tahap I sebanyak 374 KK di kantor Kecamatan Weliman, Sabtu (30/5)

Warga yang mendapat dana bantuan BST dari 14 desa berdatangan mulai pagi ke kantor kecamatan Weliman.

Pantauan deliknews di lokasi kantor kecamatan Weliman, halaman kantor kecamatan dipadati oleh warga yang mau mengambil bantuan BST di kantor kecamatan.

Petugas Kantor Pos, Naldi saat di konfirmasi di aula kantor kecamatan Weliman, Sabtu 30/5 mengatakan, dari pihak kantor pos di percaya dari Keminterian Sosial, untuk melaksanakan kegiatan pembayaran langsung  pada sasaran warga penerima bantuan BST tahab I.

“Pencarian dana BST tahap I ini, diperketat dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Peduduk (KTP) untuk mengecek Nama dan Nik. KK dan KTP di cocokkan sehingga sesuai dengan daftar nama-nama dari Kementrian Sosial” ujar Naldi.

Lanjutnya, hal ini harus dilakukan untuk pengecekan itu, demi menjaga keamanan dan kenyamanan. Kita menghindari dari hal yang tak terduga, seperti kesalahan teknis, semisalnya perbedaan nama dan NIK bagi warga penerima.

Masih menurutnya, pelaksanan hari ini, dihadiri pendamping PKH, dan aparat desa, untuk memantau warganya. Bila ada anggota penerima bantuan di Program Kasih Harapan (PKH) itu, akan mengingatkan pada pihak petugas Kantor Pos dan Petugas Sosial Kemensos (PSK) dari Dinsos Kabupaten Malaka untuk tidak boleh bayarkan.

Di tempat yang sama salah satu Petugas Kemensos dari Dinsos Malaka, Yanti Bau, mengatakan, bahwa dia tidak bisa melangkahi memberikan keterangan, diluar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Malaka. Kerena, secara etika harus melalui pimpinannya.

“Untuk penerima Dana Bantuan Sosial Tunai se kecamatan Weliman, hari ini, sebanyak, 374 KK pada bulan pertama sebesar Rp.600.000/KK. Dan selebinya silakan ke Kantor Dinsos, untuk ketemu dengan Bapak Kadis” ujar Yanti Bau.

Disela sela menunggu antrian, salah satu warga penerima BST, mama Petronela Seuk dari desa Haliklran, mengucapkan Limpah terima kasih pada Bapak Presiden Jokowi, melalui Kementrian Sosial (Kemensos) disaat pandimik covid-19 namanya juga terdata didalam daftar penerima Bantuan BST.

“Selama ini, dari pergantian kepala desa dari periode ke periode, tidak pernah merasakan bantuan dari pihak pemerintah desa, atau pemerintah Kabupaten Kota/ Propinsi atau Pusat. Oleh karena itu, sekali lagi saya mengucapkan limpah terimah kasih pada Bapak presiden Jokowi atas memperhatikan saya dalam Keluarga yang hidupnya tidak punya apa- apa” ungkap mama Petronela Seuk.

Dengan rasa  gembira, baru pertama kali mendapatkan bantuan dari pihak pemerintah, walaupun hanya sementara waktu, dari Bantuan Dana Bansos Covid-19, pungkasnya. (Dami Atok)

Pos terkait

loading...