Selasa, 9 Juni 2020 - 22:16 WIB

Ketika Penggerak Kampung Talas Raih Penghargaan Kapolda

TANGERANG – AKP Subari anggota Satuan Lalu Lintas Polresta Tangerang Kota menjadi sosok dibalik terbentuknya Kampung Tertib Lalu Lintas atau disingkat Talas. Upayanya bersama warga menjadikan asrama Polri di RW 04 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Karawaci sebagai sarana edukasi masyarakat tentang Lalu Lintas.

AKP Subari masih berseragam dinas lengkap saat ditemui di kediamannya. Sore hari itu dia baru saja keliling wilayah terutama terkait kegiatan Kampung siaga Corona.

“Baru saja melakukan imbauan ke warga terkait pencegahan penularan Covid–19,” ujarnya.

Pria yang juga ketua RW 04 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Karawaci ini berkewajiban menjalankan program serta menyampaikan imbauan Pemkot Tangerang terutama saat ini terkait dengan Covid–19.

“Kampung siaga Covid19 di lingkungan kami sudah berjalan dan sesuai dengan imbauan Pemkot, seperti kegiatan lumbung pangan, penggunaan masker sudah terlaksana,” ujarnya.

Pria yang menjabat sebagai Kanit Turjawali ini menjelaskan, pembentukan Kampung Talas bermula dari program PHBS, Kampung Talas saat itu berprestasi dengan mendapatkan penghargaan tingkat Kota. Sejalan dengan program Pemkot dalam pembentukan Kampung tematik maka dirinya bersama warga bermusyawarah menjadikan lingkungannya sebagai Kampung tematik.

“Karena ini asrama Polri yang sebagian besar warganya 60–70 persen berlatar belakang kepolisian, maka kami sepakati kampung tematik yang identik dengan polisi, maka dibentuklah Kampung Talas atau Tertib Lalu Lintas,” kata dia.

Menurutnya pembentukan Kampung Talas tak sekedar mensukseskan program kampung tematik namun juga menyampaikan Undang–Undang Lalu Lintas kepada masyarakat.

“Kalau selama ini edukasi terkait lalu lintas didalam ruangan, maka di kampung Talas, pengunjung dapat mengetahui tertib lalu lintas secara langsung,” ujarnya.Di Kampung Talas yang hijau dan berwarna tersedia alat peraga rambu lalu lintas, mural tentang lalu lintas, perpustakaan, kebun yang dikelola KWT dan lainnya.

Atas dedikasinya mendukung program Pemkot Tangerang dalam penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mengagas pembentukan Kampung Tematik bertemakan tertib lalu lintas, AKP Subari mendapatkan penghargaan dari Kapolda Metro Jaya sebagai anggota kepolisian berprestasi.

Penghargaan yang diberikan bersama 15 anggota lainnya itu diserahkan langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana pada 3 Maret 2020 lalu di Mapolda Metro Jaya Jakarta.

AKP Subari mengatakan, penghargaan yang diterima merupakan apresiasi Kapolda kepada anggota yang telah berprestasi dalam pembinaan dan tugas operasional kepolisian, serta membawa nama baik personel dan institusi Polri.

“Penghargaan ini sebagai inovator dan menggerakan warga dalam membentuk Kampung Talas,” ujar dia.

Dikatakannya, Kampung Talas juga merupakan yang pertama dan satu–satunya di Indonesia yang menjadikan Asrama Polri berubah sebagai kampung edukasi tertib lalu lintas. Upaya ini juga merubah kesan garang masyarakat umum terhadap asrama Polri.

Artikel ini telah dibaca 183 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolda Kalteng Memberangkatkan Tim SAR dan Tim Food Estate

Palangka Raya, Kalteng, deliknews – Setelah apel siaga, Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dedi Prasetyo didampingi...

18 Januari 2021, 21:26 WIB

Lagi, Baharkam Polri ungkap 25 Ton Pottasium Chlorate untuk Bom Ikan

SURABAYA – Puluhan ton bahan peledak untuk bom ikan diamankan polisi dari sebuah gudang di...

18 Januari 2021, 17:49 WIB

Kesaksian Petugas Damkar Dengar Suara Minta tolong Saat Pencarian SJ182

Jakarta – Video petugas Damkar Kepulauan Seribu saat mencari korban jatuhnya Sriwijaya Air mendadak viral...

Petugas gabungan meletakkan serpihan pesawat di Posko Evakuasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - Pontianak di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu, 10 Januari 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

17 Januari 2021, 23:43 WIB

Masyarakat Adat Papua Dukung Vaksinasi Covid-19

Oleh : Abner Wanggai Vaksinasi corona nasional sudah dimulai di Indonesia, termasuk di Provinsi Papua...

17 Januari 2021, 22:02 WIB

Literasi Nilai-Nilai Pancasila di Medsos Cegah Radikalisme

Oleh : Aldia Putra Organisasi radikal terus bergerilya walau statusnya telah dibubarkan. Mereka menggunakan media...

17 Januari 2021, 21:41 WIB

Pemerintah Siapkan Draft Aturan Turunan UU Cipta Kerja

Oleh: Deka Prawira Saat ini, Pemerintah Pusat masih tetap menyerap aspirasi masyarakat dalam menyusun aturan...

17 Januari 2021, 21:13 WIB

loading...