Selasa, 9 Juni 2020 - 22:16 WIB

Ketika Penggerak Kampung Talas Raih Penghargaan Kapolda

TANGERANG – AKP Subari anggota Satuan Lalu Lintas Polresta Tangerang Kota menjadi sosok dibalik terbentuknya Kampung Tertib Lalu Lintas atau disingkat Talas. Upayanya bersama warga menjadikan asrama Polri di RW 04 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Karawaci sebagai sarana edukasi masyarakat tentang Lalu Lintas.

AKP Subari masih berseragam dinas lengkap saat ditemui di kediamannya. Sore hari itu dia baru saja keliling wilayah terutama terkait kegiatan Kampung siaga Corona.

“Baru saja melakukan imbauan ke warga terkait pencegahan penularan Covid–19,” ujarnya.

Pria yang juga ketua RW 04 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Karawaci ini berkewajiban menjalankan program serta menyampaikan imbauan Pemkot Tangerang terutama saat ini terkait dengan Covid–19.

“Kampung siaga Covid19 di lingkungan kami sudah berjalan dan sesuai dengan imbauan Pemkot, seperti kegiatan lumbung pangan, penggunaan masker sudah terlaksana,” ujarnya.

Pria yang menjabat sebagai Kanit Turjawali ini menjelaskan, pembentukan Kampung Talas bermula dari program PHBS, Kampung Talas saat itu berprestasi dengan mendapatkan penghargaan tingkat Kota. Sejalan dengan program Pemkot dalam pembentukan Kampung tematik maka dirinya bersama warga bermusyawarah menjadikan lingkungannya sebagai Kampung tematik.

“Karena ini asrama Polri yang sebagian besar warganya 60–70 persen berlatar belakang kepolisian, maka kami sepakati kampung tematik yang identik dengan polisi, maka dibentuklah Kampung Talas atau Tertib Lalu Lintas,” kata dia.

Menurutnya pembentukan Kampung Talas tak sekedar mensukseskan program kampung tematik namun juga menyampaikan Undang–Undang Lalu Lintas kepada masyarakat.

“Kalau selama ini edukasi terkait lalu lintas didalam ruangan, maka di kampung Talas, pengunjung dapat mengetahui tertib lalu lintas secara langsung,” ujarnya.Di Kampung Talas yang hijau dan berwarna tersedia alat peraga rambu lalu lintas, mural tentang lalu lintas, perpustakaan, kebun yang dikelola KWT dan lainnya.

Atas dedikasinya mendukung program Pemkot Tangerang dalam penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mengagas pembentukan Kampung Tematik bertemakan tertib lalu lintas, AKP Subari mendapatkan penghargaan dari Kapolda Metro Jaya sebagai anggota kepolisian berprestasi.

Penghargaan yang diberikan bersama 15 anggota lainnya itu diserahkan langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana pada 3 Maret 2020 lalu di Mapolda Metro Jaya Jakarta.

AKP Subari mengatakan, penghargaan yang diterima merupakan apresiasi Kapolda kepada anggota yang telah berprestasi dalam pembinaan dan tugas operasional kepolisian, serta membawa nama baik personel dan institusi Polri.

“Penghargaan ini sebagai inovator dan menggerakan warga dalam membentuk Kampung Talas,” ujar dia.

Dikatakannya, Kampung Talas juga merupakan yang pertama dan satu–satunya di Indonesia yang menjadikan Asrama Polri berubah sebagai kampung edukasi tertib lalu lintas. Upaya ini juga merubah kesan garang masyarakat umum terhadap asrama Polri.

Artikel ini telah dibaca 149 kali

loading...
Baca Lainnya

Menengok Harta Kekayaan Cabup Sidoarjo, Ternyata Cabup Ini Paling Terkaya

Sidoarjo – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah umumkan laporan harta kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) para...

29 September 2020, 21:33 WIB

Mewaspadai Manuver KAMI Bermuatan Politis

Oleh : Ahmad Bustomi Masyarakat dipusingkan dengan ulah anggota KAMI yang mejeng di berita TV...

29 September 2020, 03:55 WIB

Masyarakat Papua Mendukung Keberlanjutan Otsus

Oleh : Abner Wanggai Pemerintah memberikan sinyalemen untuk melanjutkan Otsus Papua. Otsus tersebut dianggap membawa...

29 September 2020, 03:48 WIB

Lihat, Ketum BPI KPNPA Sebut KPK Lamban

Jakarta – Pernyataan Wakil Ketua DPD RI, Sultan Bahtiar Najamudin, menyebut dan mengapresiasi atas kinerja...

Ketua BPI KPNPA RI TB Rahmad Sukendar, Rabu (4/3)

28 September 2020, 17:52 WIB

Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan

Oleh : Ade Istianah Angka penambahan pasien positif Covid-19 masih terus terjadi yang menandakan masih...

28 September 2020, 17:00 WIB

Tak Ada Penambahan Jam Kerja dan Lembur Pada RUU Cipta Kerja

Oleh : Abdul Razak Omnibus Law RUU Cipta Kerja menjadi undang-undang sapu jagat yang akan...

28 September 2020, 13:43 WIB

loading...