Rabu, 10 Juni 2020 - 19:29 WIB

Toko Buku Di Kupang Mengeluh Sepi Pembeli Selama Pandemi Covid-19

Kupang – salah satu tokoh buku Suci di kota Kupang mengeluh karena sepi pembeli selama pandemi covid-19 yang melanda Indonesia.

Anak anak sekolah mulai bulan Maret lalu sudah tidak masuk ke sekolah melainkan belajar mandiri di rumah masing-masing karena pandemi covi-19.

Dampak dari anak-anak sekolah, mahasiswa yang belajar di rumah berimbas ke terhadap toko buku di kota Kupang, NTT menjadi sepi pembili.

Salah satu karyawan toko buku Suci, Ibu Tres, saat ditemui media deliknews.com, Rabu (10/06) mengatakan untuk daya beli maupun baca di kalangan masyarakat kota Kupang sekarang ini sangat minim.

“Dalam seminggu ini para pengunjung hanya berkisar belasan orang saja. Situasi di tengah pandemi covid-19 ini pengunjungnya yang datang ke toko kami kurang dari 10 orang per/minggu” ungkap Ibu Tres.

Lanjutnya, kadang dalam satu hari tidak ada yang berkunjung. Kami sebagai karyawan jadi jenuh. Walaupun tidak beli, tapi lihat dan di tanya tentang buku-buku di sini juga sudah bangkitkan gairah pelayanan kami.

Pengunjung yang paling banyak sebelum corona adalah para pelajar, mahasiswa, dan guru-guru. Mereka datang mencari buku referensi baik untuk mengerjakan tugas bagi pelajar dan mahasiswa. Sedangkan guru-guru sebagai sumber mengajar. Sedangkan untuk buku-buku umum sangat jarang sekali diminati oleh mereka yang berkunjung.

Ditempat yang sama salah satu pengunjung, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Oemathonis, Shaves yang kebetulan mencari buku referensi tugas akhirnya, saat ditemui deliknews mengatakan bahwa sedang mencari buku manajemen pemasaran. Sebagai seorang mahasiswa akhir minimal wajib memiliki sumber yang jelas sebagai rujukan pembuatan karya ilmiah.

Lanjutnya, bukan karena tuntutan tapi karena kemauan masing-masing setiap orang sebagai mahasiswa akhir. Lebih baik miliki referensi dari pada hanya sebatas copy paste tanpa mengetahui sumber yang jelas” ujar Shaves.

Harapan saya khususnya untuk mahasiswa Kota Kupang semoga pasca Corona ini, dapat menumbuhkan kreatifitas berpikir lewat cinta terhadap buku. Minimal bisa kunjung ke toko-toko buku yang ada di Kota Kasih ini, pungkasnya.(Ramadhan)

Artikel ini telah dibaca 289 kali

loading...
Baca Lainnya

Jaga Kondusifitas Wilayah, Kapolres Majalengka Sambangi Tokoh Agama

MAJALENGKA- Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso gencar terus melakukan kunjungan ke sejumlah tokoh....

30 November 2020, 22:39 WIB

Polda Aceh Diminta Segera Gelar Perkara Dugaan Kasus Korupsi Makan Minum Karantina Hafiz

BANDA ACEH-M Purba,SH Praktisi Hukum dikabupaten Gayo Lues mengapresiasi penanganan Penyelidikan dugaan korupsi Makan minum...

30 November 2020, 21:50 WIB

Haul di Ponpes Abuya Uci Dipantau Satgas Penanggulangan Covid-19

TANGERANG – Kegiatan Haul Syeh Abdul Qadir Jailani di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Kampung Cilongok, Desa...

30 November 2020, 21:48 WIB

Kapolresta Tangerang Bersama Dandim dan Pemkab Bubarkan Kerumunan Acara Haul

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi bersama Dandim 0510 Tigaraksa Letkol...

30 November 2020, 21:43 WIB

Kapolresta Tangerang dan Dandim Tigaraksa Imbau Jema’ah Haul Tetap Laksanakan Prokes

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi bersama Dandim 0510 Tigaraksa Letkol...

30 November 2020, 21:36 WIB

Polda Aceh Akhirnya Limpahkan Tahap II Perkara Pertambangan Tanpa Izin ke Jaksa

DelikNews(Banda Aceh) Hari ini penyidik telah menyerahkan tugas dan tanggungjawab penyidik kepada Jaksa Penuntut Umum...

30 November 2020, 21:13 WIB

loading...