Senin, 15 Juni 2020 - 16:49 WIB

Terkait Penanganan Covid dan Serapan 9,5 Miliar, Tim Tujuh DPRK Galus Sarankan Pansus

Gayo Lues-Terkait penanganan Covid-19 dan aliran dana senilai 9,5 miliar di Kabupaten Gayo Lues Tim Tujuh Dewan Perwakilan Rakyat (DPRK) Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh menyarankan untuk dilakukan Pansus. Pun adanya saran ini juga harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan agar tidak menyalahi aturan.

Agenda ini, mencuat usai Tim Tujuh melakukan penelusuran berbagi permasalahan administrasi, terutama menyangkut permasalahan penangan Copid-19 di kabupaten itu.

Berdasarkan surat tugas dan memenuhi keputusan bersama Menteri Keuangan serta Menteri Dalam Negeri yang intinya memerintahkan agar pemerintah, Provinsi, Kabupaten dan Kota melakukan refokusing anggaran.

“Refokusing artinya, merubah anggaran yang ada untuk penanganan Covid-19 sekian persen dari anggaran tersebut,” kata Ketua Tim Tujuh DPRK Gayo Lues, Abdul Karim Kemala Darna, Senin (15/06/2020) di Gedung DPR setempat.

Namun, sampai dengan Tim Tujuh melakukan pemeriksaan ternyata belum dilakukan refokusing anggaran, sehingga dana DAU Bulan Mei harus ditunda sebesar 35 persen.

Terkait hal ini, mereka melakukan audiensi dengan wakil bupati beserta instansi terkait lainnya.

“Dari sinilah kami melakukan pengawasan, seperti apa kegiatannya,” katanya, didampingi wakil II Tim Tujuh, Muhammad El Amin yang juga merupakan ketua Komisi D.

Abdul Karim menyebutkan, hasil penelusuran sudah mereka serahkan kepada pimpinan, tindakan apapun yang akan DPR lakukan baik juga mengenai pansus harus berdasarkan persetujuan pimpinan DPR.

Namun dikarenakan waktu tugas mereka hanya 4 hari, sehingga belum dapat melakukan penelusuran lebih mendalam terkait penggunaan anggaran Covid-19, itu sebabnya mereka mengusulkan pansus, agar semuanya jelas.

“Ini bukan pekerjaan main-main, ini serius dan dapat bertentangan dengan hukum,” ucapnya.

Sejauh Tim Tujuh turun kelapangan, ada beberapa hal yang menjadi temuan mereka, Adanya hal-hal yang kurang pas menyangkut pengelolaan administrasi yang seharusnya mengacu pada RPJMK.

“Dan kami melihat, adanya tarik menarik serta ego sektoral. Dana Covid-19 yang dialokasikan harus objektif disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan nanti dikarenakan ada kepentingan lain, ini harus dibengkakkan,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Wakil II Tim Tujuh, M.El Amin, menambahkan, dalam penelusuran yang mereka lakukan ditemukan banyak aliran Covid-19, baik kepada SKPK, bahkan juga ke setiap kecamatan sebesar 50 juta. Sedangkan, kata dia, hingga saat ini, masih banyak tenaga kesehatan, maupun petugas gugus yang belum menerima gaji.

Sejauh ini, ucapnya, dari data yang mereka miliki, anggaran yang ditransfer ke SKPK dan beberapa lembaga lainnya hanya lebih kurang 3 miliar. Sedangkan, 6 miliar diduga dikelola BPBD.

“Sampai sekarang ini kita belum melakukan investigasi mendalam,” katanya.

Sementara, Ketua Harin Gugus Tugas Gayo Lues yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Suhaidi, dikonfirmasi terkait rincian anggaran Covid-19 yang di kelola BPBD, menyampaiakan belum bisa merincikan, dikarenakan Covid-19 belum berakhir.(Munandar, SP)

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 268 kali

loading...
Baca Lainnya

Jajaran Polri Siap Dukung Simulasi Protokol Keamanan dan Keselamatan

JAKARTA  – Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyatakan siap mendukung pelaksanaan simulasi protokol kesehatan...

28 Oktober 2020, 01:18 WIB

Polresta Palangkaraya Berhasil Mengungkap Jaringan Narkoba Lapas Palangkaraya

Palangka Raya – Polresta Palangka Raya berhasil pengungkapan kasus narkotika dengan 8 tersangka dari jaringan...

26 Oktober 2020, 19:46 WIB

Tim Futsal Binaan Bhabinkantibmas Desa Sikakap Terima Bantuan dari Kapolsek

Kepulauan Mentawai, – Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH memberikan bantuan bola untuk anak-anak Tim...

Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH memberikan bantuan bola kepada anak-anak Tim Futsal Desa Sikakap.

26 Oktober 2020, 16:05 WIB

Laksanakan Operasi Yustisi, Polsek Balaraja dan Tiga Pilar Tegur 45 Pelanggar

TANGERANG – Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten bersama unsur Muspika Kecamatan Balaraja dan Kecamatan...

26 Oktober 2020, 13:47 WIB

Peringati Hari Santri, Polsek Cisoka Gagas Polisi Sahabat Santri

TANGERANG – Jajaran Polsek Cisoka Polresta Tangerang Polda Banten menggelar silaturahmi ke Pondok Pesantren Daar...

26 Oktober 2020, 13:40 WIB

Maulid Nabi Muhammad SAW, Jajaran Polres Majalengka Gelar Baksos

MAJALENGKA – Jajaran Polres Majalengka membagikan sembako ke masyarakat terdampak Covid-19 beserta kaum dhuafa di...

26 Oktober 2020, 13:24 WIB

loading...