Kamis, 18 Juni 2020 - 13:21 WIB

Kepala Desa Guha Memohon Bupati Aceh Singkil Untuk Mengirim Petugas Medis

Aceh Singkil – Kepala desa Guha kecamatan Simpang Kanan kabupaten Aceh Singkil mengeluhkan dengan kondisi beberapa bangunan milik Pemkab Aceh Singkil mangkrak belum bisa di gunakan untuk melayani warga desa Guha.

Keberadaan desa Guha kecamatan Simpang Kanan kabupaten Aceh Singkil salah satu desa tertua yang ada di Provinsi Aceh dan sudah ada sejak zaman Belanda.

Sampai saat ini keberadaan desa Guha masih terisolir. Bangunan yang ada di desa Guna hanya milik Pemerintah Kabupaten seperti kantor Desa, Postu dan TK/PAUD.

Dari pantauan deliknews dilokasi nampak rumput liar di halaman kantor Postu dan bangunan TK/PUD meski baru dibangun. Selain itu gedung tersebut masih kosong belum diisi mebelernya kelengkapan kantor .

Kepala desa Guha, Markus Manik yg di dampingi perangkat desa dan BPG saat di temui deliknews di kantornya, Senin (15/6) mengatakan inilah desa kami masih tertinggal kalau di tinjau dari aspeak pembangunan hanya ada tiga bangunan saja antara lain kantor Desa, Postu dan TK/PAUD.

“Sangat menyedihkan lagi akses jalan yang sulit dilalui oleh warga masyarakat desa Guha untuk bepergian ke kota. Karena sarana penerangan yang hanya memakai lampu tenaga sinar surya bukan PLN. Sedangkan untuk sarana pendidikan (sekolah) yang masih menumpang ke desa tetangga desa Lae Gambir dan  begitu juga dengan sarana kesehatan” ujar Markus Manik.

Lanjutnya, sampai sekarang ini tidak pernah tersentuh dari bantuan pemerintah kabupaten yang hanya ada dana desa. Untuk pembangunan tidak mungkin dapat terkafer dari semua aspek yang di butuhkan Desa ini. Saya sangat berharap perhatian dari Pemerintah daerah agar dapat bangkit dari ketertinggalan.

Ketertinggalan ini yang membuat kegagalan dari semua nya anak warga kami kalau bersekolah harus pergi ke desa Lae Gambir yang desa tetangga. Sedangkan akses jalan yang sulit untuk  mengeluarkan hasil panen dari para petani desa Guha untuk menjual hasil panennya ke kota.

Masih menurutnya, keberadaan kantor Postu yang masih belum siap seutuh nya dan belum serah terima dengan kepala Desa Guha ditambah tidak ada petugas medis yang di tugaskan untuk pelayanan kesehatan masyarakat di desa Guha. Demikian juga dengan penerangan yang kurang maksimal dan tidak mendukung hanya memakai batray cas sinar surya saja sebagai penerangan lampu listrik (PLN) belum di fasilitasi oleh pemerintah.

Saya selaku kepala desa Guha sangat mengharapkan perhatian dan uluran tangan dari pemerintah kabupaten Aceh Singkil maupun Provinsi Aceh agar dapat merasakan seperti desa desa yang lainya yg sudah merdedeka, pungkasnya. (Khairul Amry)

Artikel ini telah dibaca 362 kali

loading...
Baca Lainnya

Diduga Dibunuh, Enam Bulan Kematian Putu Sekar Belum Terungkap

Buleleng – Penyidikan kasus dugaan seorang janda Putu Sekar (50) dibunuh di Banjar Dauh Pura, Desa Depeha,...

Foto: Kasubbag Humas Polres Buleleng, Iptu Gede Sumarjaya.

25 Januari 2021, 16:23 WIB

1 Buah Rumah Warga Hangus Terbakar di Desa Sumber Garunggung

Barito Timur, Kalteng, Deliknews – Quick Respon Team dari Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) bersama...

25 Januari 2021, 16:11 WIB

Melanggar PPKM, Polsek Cisoka Bubarkan Pengunjung Cafe di Solear

TANGERANG – Jajaran Polsek Cisoka Polresta Tangerang bersama anggota Koramil 13 Cisoka membubarkan puluhan pengunjung...

25 Januari 2021, 14:26 WIB

Kedepankan Prokes, 3 Pilar Kerja Bakti Cor Masjid Al-Mujahidin

TANGERANG – Bhabinkamtibmas Polsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten bersama unsur Babinsa Koramil Tigaraksa dan...

25 Januari 2021, 14:19 WIB

Disiplin Protokol Kesehatan Brimob Bersama TNI, Polres, dan Satpol PP Rutin Laksanakan Operasi Yustisi

Satbrimob Polda Aceh, Senin(25/01/2021) Personel Kompi 4 Batalyon C Pelopor bersama TNI Koramil 03 Blangkejeren...

25 Januari 2021, 13:36 WIB

Warga Desa Swadaya Memperbaiki Jalan, Kades Malungai Raya Keluhkan Jalan Rusak Parah

Barsel, Kalteng, deliknews – Setiap musim hujan tiba warga desa Desa Malungai Raya Kecamatan Gunung...

25 Januari 2021, 11:31 WIB

loading...