Jumat, 19 Juni 2020 - 20:08 WIB

KPU Nisel Gelar Sosialisasi KPU No. 5 Tahun 2020 Pendaftaran Pasangan Calon, Tgl : 04 – 06 September 2020

Nias Selatan, Deliknews.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Selatan menggelar sosialisasi perubahan Surat Keputusan KPU Nias Selatan, Rabu (19/06/2020) di Wisma Yonnas, jalan Pasir Putih Pasar Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan.

Sosialisasi tersebut tentang perubahan Surat Keputusan KPU Nias Selatan Nomor : 135/PP.01.2-KPT/1214/VI/2020 tentang perubahan ketiga atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Selatan Nomor : 173/PP.01.2-KPT/1214/KPU-KAB/IX/2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Tahun 2020.

Turut hadir : Mewakili Bupati Nias Selatan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM, mewakili Kapolres Nias Selatan oleh Kabag OPS Polres Nias Selatan, J. H. Situmorang, Danramil Teluk Dalam Mayor Inf. Hatiyanus Zega, mewakili Danlanal Nias, mewakili Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Selatan oleh Filipus F. Sarumaha, Anggota Bawaslu Kabupaten Nias Selatan, Harapan Bawaulu, SE., MM.

Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Nias Selatan, Rindu Hati Halawa,Ketua DPK PKP Indonesia Kabupaten Nias Selatan, Yohana Dua, SH dan sejumlah Pimpinan Partai lainnya, Lembaga Pemerhati Pemilu JaDi (Jaringan Demokrasi), Mahasiswa/i, Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten Nias Selatan, dan sejumlah ormas lainnya.

Mewakili Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Selatan, Filipus F. Sarumaha menyambut baik pelaksanaan sosialisasi tahapan Pilkada ini setelah tertunda beberapa bulan. Pada penyelengaraan Pemilihan Kepala Daera tanggal : 09 Desember 20, Bawaslu memberikan catatan bahwa semua pihak akan menghadapi tantangan yang cukup berat.

Yang pertama tantangan kesehatan, ditengah pandemi covid-19 ini, penyelenggara Pemilu, masyarakat dan para peserta Pilkada akan menghadapi tantangan. Selain mensukseskan Pilkada ini, kita akan berdampingan dengan Covid-19.

Tantangan yang kedua, dengan adanya Covid-19 ini makin berat tugas penyelenggara Pemilu. Karena akan berpotensi pelanggaran Pemilu dan pelanggaran kampanye. Bawaslu menegaskan ditengah pandemi Covid-19 ini, tidak akan mengabaikan kwalitas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) itu sendiri, ucapnya.

Mewakili Bupati Nias Selatan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM menyampaikan bahwa terkait pandemik covid-19, berharap agar rasa kecemasan dan kekhwatiran tidak berlebihan di tengah – tengah masyarakat. “Berharap kita semu dapat memberikan ketenangan kepada masyarakat”.

Dia menyampaikan terima kasih kepada Komisioner KPU Kabupaten Nias Selatan yang telah melakukan sosialisasi Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020, mudah – mudahan ini menjadi acuan. “Jangan menjadi kecut semangat kita dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Nias Selatan, karena covid-19”, ucapnya.

Dalam sambutan Ketua KPU Kabupaten Nias Selatan, Repa Duha, S.Pd mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di 270 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, salah satunya Kabupaten Nias Selatan yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah pada tanggal : 9 Desember 2020. tahapan Pemilihan Kepala Daerah telah diundur sekitar 2 bulan lalu akibat pandemik covid-19.

Dia mengatakan juga bahwa suksesnya pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan bukan hanya ditangan KPU, namun berada ditangan kita bersama, baik itu Pemerintah Daerah maupun seluruh lapisan masyarakat.

Dan sesuai Surat KPU RI Nomor 441 terkait pengaktifan kembali badan adhok, tahapan yang akan dimulai termasuk perekrutan Petugas Pemutakhiran Data (PPDP) pada tanggal : 24 Juni 2020 dan pada tanggal : 28 Agustus 2020 pengumuman pendaftaran pasangan calon, ungkap Repa Duha.

Dari penjabaran Sosialisasi yang disampaikan oleh Anggota KPU Kabupaten Nias Selatan Divsi Perencanaan dan Data, Edward Duha menyampaikan bahwa pengumuman pendaftaran pasangan calon mulai tanggal : 28 Agustus sampai dengan tanggal : 03 September 2020, dan pendaftaran pasangan calon mulai tanggal: 04 September hingga tanggal : 06 September 2020.

Selanjutnya, verifikasi syarat pencalonan, tanggal : 04 – 06 September 2020, pengumuman dokumen pasangan calon dan dokumen calon di laman KPU untuk memperoleh tanggapan dan masukan masyarakat. Pemeriksaan kesehatan tanggal : 04-11 September 2020. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 192 kali

loading...
Baca Lainnya

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah...

16 Januari 2021, 23:56 WIB

Laksanakan Operasi Yustisi, Polsek Kresek dan Muspika Tegur 7 Pelanggar

TANGERANG – Jajaran Polsek Kresek Polresta Tangerang Polda Banten bersama Muspika Kecamatan Kresek kembali melaksanakan...

16 Januari 2021, 22:39 WIB

Laksanakan Operasi Yustisi, Polsek Kresek dan Muspika Bagikan Masker ke Warga

TANGERANG – Polsek Kresek Polresta Tangerang Polda Banten bersama jajaran Kecamatan Kresek dan Koramil Kresek...

16 Januari 2021, 22:23 WIB

Polsek Cisoka Edukasi Komunitas Jaro Soal Protokol Kesehatan

TANGERANG – Jajaran Polsek Cisoka Polresta Tangerang Polda Banten menggelar kegiatan pembinaan dan penyuluhan (binluh)...

16 Januari 2021, 22:17 WIB

Tim Tindak PPKM gabungan Tiga Pilar Polresta Tangerang Laksanakan Patroli Hunting

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten bersama Kodim 0510 Tigaraksa, dan Satpol PP Kabupaten...

16 Januari 2021, 22:00 WIB

Kasus Tanah ! Warga vs BPD Bali, Tak Puas Laporan Polisi di SP3

Denpasar – Sengketa tanah antara warga dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali terus bergulir. Warga...

Ilustrasi.

16 Januari 2021, 16:39 WIB

loading...