Kamis, 25 Juni 2020 - 23:13 WIB

Kapus Weliman Dukung Program Kades Wederok Sosialisasi Pengadaan Jamban

Malaka – Kepala desa Wederok mengadakan sosialisasi ke warganya betapa pentingnya keberadaan jamban bagi suatu keluarga, mengingat warga di desa Wederok, masih praktik Buang Air Besar (BAB)  sembarangan.

Kesadaran dan pemahaman  warga desa Wedorok kabupaten Malaka tentang kesehatan khusunya kebiasaan BAB (Buang Air Besar) masih minim. Kebiasaan warganya yang BAB di sembarang tempat sudah turun temurun.

Kebiasaan warganya yang sudah turun temurun ini menjadi perhatian Kepala desa Wederok untuk melakukan sosialisasi pentingnya keberadaan jamban buat suatu keluarga. Kepala desa melakukan sosialisasi ini ke warganya dari pintu ke pintu.

Dirumah Kepala desa Wederok, Virgilius Tahu Nahak, S.Pd saat dikunjungi Kepala Puskesmas (Kapus) Weliman, Kamis, (25/6). Kepala desa Wederok, Virgilius Tahu Nahak, S.Pd mengatakan kita sudah ada kerja sama dengan Kepala Puskesmas Weliman pak Stanis Klau Seran, dan masyarakat. Selain itu kita juga melibatkan Lembaga Pijar Timur untuk melawan warga yang BAB sembarangan dengan cara pemberdayaan membuat jamban.

“Saya dan pak Kepala Puskesmas sudah melakukan sosialisasi di 8 dusun dan ada 3 dusun yang akan dibuat jamban terlebih dahulu. Pelaksanaannya akan diatur dalam bentuk 3 kelompok, dengan cara swadaya, sebagai contoh pada dusun yang lainnya” ungkap Virgilius Tahu Nahak, S. Pd.

Lanjutnya, setiap rapat dikantor desa, selalu saya sampaikan pada warga, untuk membuat jamban. Akan tapi dari warga sendiri tidak mau membuatnya. Hal ketidak sadarnya warga, sehingga saya dengan upaya lain, menyampaikan kepihak Dinas Kesehatan.

Masih menurutnya, tujuan menyempaian kepihak kesehatan khususnya di Puskesmas Weliman itu, agar dari pihak kesehatan dapat memberikan pemahaman lebih luas kepada warga, atas akses pemanfaatan jamban tersebut.

Kepala desa mengucapkan terimakasih kepada Kapala Puskesmas (Kapus) Weliman, atas perhatian dan kepedulian dengan kesehatan warga yang begitu luar biasa. Dengan lapang dada pak Stanis Klau Seran turun langsung ke lokasi untuk memonitoring, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Weliman,  Stanis Klau Seran. A.Mdk mengatakan yang pertama memberikan edukasi pada warga, dalam akses pemanfaatan jamban. Sebagaimana, selaku warga yang sehat ? Selaku warga yang sehat tidak boleh Buang Air Besar (BAB) di sembarangan tempat. Dari tidak melakukan praktik BAB, di sembarang tempat, sudah tentu warga terhindari dari segala bentuk penyakit terutama, kolera, diare dan Demam Berdarah( DBD).

“Dengan memiliki jamban maka warga terbebes dari pencemaran lingkungan hidup. Sebab lingkungan itu sehat tentu saja warga hidup sehat dan tentram. Agar setiap rumah harus memiliki jamban. Walaupan jamban tidak sebaik seperti sanitasi. Akan tetapi fungsi pemanfaatan sama” ujar Stanis Klau Seran. A.Mdk. (Dami Atok).

Artikel ini telah dibaca 223 kali

loading...
Baca Lainnya

BPP Pastikan Pembagian Kartu Tani di Pasaman Sumbar Ada Kerumunan

Sumbar, – Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Panti, Ade Candra memastikan bahwa pembagian Kartu...

Kerumunan masyarakat penerima Kartu Tani di BPP Panti tanpa protokol kesehatan Covid-19, Rabu (25/11/20).

28 November 2020, 20:02 WIB

Penata Usahaan Persediaan Obat-Obatan di RSUD Gayo Lues Jadi Temuan BPK-RI

Gayo Lues-Penatausahaan persediaan obat-obatan tahun 2019 menjadi temuan BPK-RI. Hal ini diketahui berdasarkan hasil uji...

28 November 2020, 18:51 WIB

Polres Gayo Lues Gelar Bansos di Kampung Cempa

BLANGKEJEREN, tepatnya Jum’at tanggal 27 November 2020 pukul 09.00 WIB hingga selesai, Polres Gayo Lues...

28 November 2020, 18:31 WIB

Kapolresta Tangerang Cek Persiapan Prokes Haul Virtual di Ponpes Abuya Uci

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memimpin pengecekan persiapan pelaksanaan Haul...

27 November 2020, 23:23 WIB

Jum’at Berkah, Polsek Cigasong Bagikan Sembako ke Warga Tidak Mampu

MAJALENGKA –  Polsek Cigasong Polres Majalengka Jumat Berkah setiap Seminggu sekali menggelar kegiatan “Program Polsek...

27 November 2020, 22:53 WIB

Polres Galus Gelar Rapid Test Gratis kepada Masyarakat

Deliknews-Blangkejeren- Pada Jumat Tanggal 27 November 2020, pukul 09.00 sampai dgn 11.00 wib. Bertempat  di...

27 November 2020, 20:53 WIB

loading...