Kamis, 25 Juni 2020 - 23:13 WIB

Kapus Weliman Dukung Program Kades Wederok Sosialisasi Pengadaan Jamban

Malaka – Kepala desa Wederok mengadakan sosialisasi ke warganya betapa pentingnya keberadaan jamban bagi suatu keluarga, mengingat warga di desa Wederok, masih praktik Buang Air Besar (BAB)  sembarangan.

Kesadaran dan pemahaman  warga desa Wedorok kabupaten Malaka tentang kesehatan khusunya kebiasaan BAB (Buang Air Besar) masih minim. Kebiasaan warganya yang BAB di sembarang tempat sudah turun temurun.

Kebiasaan warganya yang sudah turun temurun ini menjadi perhatian Kepala desa Wederok untuk melakukan sosialisasi pentingnya keberadaan jamban buat suatu keluarga. Kepala desa melakukan sosialisasi ini ke warganya dari pintu ke pintu.

Dirumah Kepala desa Wederok, Virgilius Tahu Nahak, S.Pd saat dikunjungi Kepala Puskesmas (Kapus) Weliman, Kamis, (25/6). Kepala desa Wederok, Virgilius Tahu Nahak, S.Pd mengatakan kita sudah ada kerja sama dengan Kepala Puskesmas Weliman pak Stanis Klau Seran, dan masyarakat. Selain itu kita juga melibatkan Lembaga Pijar Timur untuk melawan warga yang BAB sembarangan dengan cara pemberdayaan membuat jamban.

“Saya dan pak Kepala Puskesmas sudah melakukan sosialisasi di 8 dusun dan ada 3 dusun yang akan dibuat jamban terlebih dahulu. Pelaksanaannya akan diatur dalam bentuk 3 kelompok, dengan cara swadaya, sebagai contoh pada dusun yang lainnya” ungkap Virgilius Tahu Nahak, S. Pd.

Lanjutnya, setiap rapat dikantor desa, selalu saya sampaikan pada warga, untuk membuat jamban. Akan tapi dari warga sendiri tidak mau membuatnya. Hal ketidak sadarnya warga, sehingga saya dengan upaya lain, menyampaikan kepihak Dinas Kesehatan.

Masih menurutnya, tujuan menyempaian kepihak kesehatan khususnya di Puskesmas Weliman itu, agar dari pihak kesehatan dapat memberikan pemahaman lebih luas kepada warga, atas akses pemanfaatan jamban tersebut.

Kepala desa mengucapkan terimakasih kepada Kapala Puskesmas (Kapus) Weliman, atas perhatian dan kepedulian dengan kesehatan warga yang begitu luar biasa. Dengan lapang dada pak Stanis Klau Seran turun langsung ke lokasi untuk memonitoring, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Weliman,  Stanis Klau Seran. A.Mdk mengatakan yang pertama memberikan edukasi pada warga, dalam akses pemanfaatan jamban. Sebagaimana, selaku warga yang sehat ? Selaku warga yang sehat tidak boleh Buang Air Besar (BAB) di sembarangan tempat. Dari tidak melakukan praktik BAB, di sembarang tempat, sudah tentu warga terhindari dari segala bentuk penyakit terutama, kolera, diare dan Demam Berdarah( DBD).

“Dengan memiliki jamban maka warga terbebes dari pencemaran lingkungan hidup. Sebab lingkungan itu sehat tentu saja warga hidup sehat dan tentram. Agar setiap rumah harus memiliki jamban. Walaupan jamban tidak sebaik seperti sanitasi. Akan tetapi fungsi pemanfaatan sama” ujar Stanis Klau Seran. A.Mdk. (Dami Atok).

Artikel ini telah dibaca 210 kali

loading...
Baca Lainnya

Kurang Dari 24 Jam Polsek Bukit Batu Ungkap Identitas Mayat Mr X

Palangka Raya – Kepolisian Sektor Bukit Batu berhasil mengungkap identitas mayat Mr. X yang ditemukan...

22 September 2020, 00:31 WIB

Sertifikat Ganda ! BPD Bali Bantah Serobot Tanah Tapi Tidak Tahu Muasal

Denpasar – Sebidang tanah luas 3,85 are di Jalan Gadung, Desa Dangin Puri Kangin, Kec....

Kepala Divisi Umum dan Kesekretariatan BPD Bali, IB Gede Ary Wijaya Guntur.

21 September 2020, 21:05 WIB

Polsek Balaraja Gencarkan Operasi Yustisi, Beri Efek Jera Kepada Masyarakat

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan Operasi Yustisi Pendisiplinan dan...

21 September 2020, 16:11 WIB

Polsek Balaraja Tindak Puluhan Pengendara yang Langgar Protokol Kesehatan

TANGERANG – Setidaknya 51 orang pengendara disanksi lantaran mengabaikan Protokol Kesehatan saat beraktivitas di luar...

21 September 2020, 15:58 WIB

Gandeng Komunitas di Balaraja, Polresta Tangerang Himbau Patuhi Prokes

TANGERANG – Polresta Tangerang Polda Banten menggandeng Komunitas sepeda, vespa, ojek online,dan GMDM dalam rangka...

21 September 2020, 15:49 WIB

Polresta Tangerang, Pemkab, dan Kodim Tigaraksa Gelar Operasi Yustisi di Pasir Jaya Cikupa

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten memaksimalkan operasi yustisi pendisiplinan dan penegakan hukum Protokol...

21 September 2020, 15:40 WIB

loading...