Senin, 29 Juni 2020 - 18:34 WIB

Desa Persiapan yang Belum Terima BLT, Ali Husin: Kita Akan Jemput Bola

Gayo Lues-menanggapi adanya sejumlah desa persiapan yang hingga kini belum mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), salah satunya di Desa Persiapan Pungke Jaya, Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Ketua DPRK Gayo Lues, Ali Husin, mengatakan akan melakukan jemput bola, untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“Kita akan selesaikan dan tidak menutup mata terhadap persoalan masyarakat,” kata beliau saat dikonfirmasi wartawan di ruangannya, Senin (29/06/2020)

Dijelaskan beliau, sesui hasil rapat Muspidaplus, bahwa desa persiapan yang tidak memiliki anggaran untuk BLT harus dibantu oleh desa induk. Namun, terkait apakah hingga saat ini sudah dibantu, secara teknis itu bukanlagi tupoksi DPR.

“Jadi, untuk sampai saat ini saya juga tidak tau seperti apa teknisnya, tetapi waktu kita rapat di kecamatan, itu sudah kita sampaikan, cuma untuk tindak lanjutnya hingga saat ini belum mengetahui bagaimana,” jelasnya.

Untuk desa-desa yang tidak cukup anggaran, maka masyarakat desa melalui pengulu membuat data dan diusulkan ke bupati, supaya Pemda dapat membantu bagi desa yang anggaran BLT-nya tidak memadai.

Jika permasalahan BLT ini juga tidak kunjung selesai, Ali Husin menyampaikan akan membentuk tim serta menanyakan langsung kepada pemerintah, mengapa belum dilaksanakan hasil rapat tersebut.

“Kita adalah lembaga perwakilan rakyat, dan memiliki tupoksi masing-masing. Kalau permasalahan ini tidak selesai, kita akan adakan rapat komisi, insya Allah secepatnya akan kita selesaikan,” ucapnya.

Sementara, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Gayo Lues, mengatakan, sesui dengan tupoksi mereka, sehubungan dengan terbitnya Permendes Nomor.11 Tahun 2019, tentang penggunaan prioritas Dana Desa yang kemudian akibat terjadinya Covid-19 maka Permendes tersebut direvisi menjadi Nomor. 6 Tahun 2020.

Terkait hal ini, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan kepala desa baik di kabupaten dan juga sudah mendatangi kecamatan-kecamatan dengan dihadiri pengulu maupun perwakilan desa.

Serta menyampaikan ringkasan beberapa hal, terutama soal BLT.

Hampir senada dengan Kedua DPRK Gayo Lues, menyoal BLT desa persiapan, masih menjadi tanggung jawab desa Induk, serta jika dana mereka tidak mencukupi maka desa persiapan harus membuat data dan disampaikan ke kecamatan yang kemudian diteruskan kepada Bupati.

“Masyarakat di desa persiapan memiliki hak yang sama, untuk mendapatkan BLT, sesui dengan keriteria yang ditetapkan,” ucapnya.(Ali Sadikin)

Artikel ini telah dibaca 358 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolresta Tangerang Gelar Apel Penyekatan Aksi Damai Buruh

TANGERANG – Demi untuk menjaga kondusifitas wilayah, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indardi...

20 Oktober 2020, 17:14 WIB

Kapolres Majalengka Bersama Forkopimda Silaturrahmi Aliansi Mahasiswa

MAJALENGKA – Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso bersama Forkopimda Kabupaten Majalengka melakukan silahturahmi...

20 Oktober 2020, 16:29 WIB

Alat Bukti Cukup, Polres Malaka Akan Memproses Pelaku Pengeroyokan Wartawan

Malaka – Kasus Pengeroyokan Terhadap Wartawan Media online Garda Malaka, sudah cukup sebagai alat bukti...

20 Oktober 2020, 12:34 WIB

Sejumlah Pengurus Partai Golkar Sampai Dukungan Kepada Pasangan Nomor Urut 1 HD-FIRMAN

Nias Selatan, Deliknews.com – Sejumlah Pengurus dan Kader DPD Partai Golongan Karya Kabupaten Nias Selatan...

19 Oktober 2020, 18:56 WIB

Ketika Pimpin Operasi Yustisi, Kapolresta Tangerang Sosialisasikan 4M

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memimpin Operasi Yustisi bersama Pemkab...

19 Oktober 2020, 18:32 WIB

Kapolres Majalengka Rapat Koordinasi HIV/ Aids Kabupaten Majalengka

MAJALENGKA – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Majalengka menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pengurus KPA dan...

19 Oktober 2020, 18:13 WIB

loading...