Rabu, 1 Juli 2020 - 19:29 WIB

Dana Jakat, Infak dan Sedekah Baitul Mal Capai 4 Miliar Dalam Setahun

Gayo Lues-Dana Jakat, Infak, dan Sedekah di Baitul Mal Kabupaten Gayo Lues, Aceh, mencapai 4 miliar lebih dalam setahun. Data ini disampaikan oleh sekreris Baitul Mal, Ramadan SE, pada media ini, di kantornya, Rabu (01/07/2020).

“Berdasarkan yang saya perhatikan rata-rata pertahun sekitar 4 miliar,” katanya.

Dana tersebut terkumpul, baik dari ASN, maupun yang sumbernya dari dana pribadi orang yang menyerahkan ke badan keuangan daerah dalam rekening Jakat maupun infak.

Sementara dalam penyaluran dana tersebut Baitul Mal menyalurkan sesui dengan program yang sudah dibuat berdasarkan musyawarah dengan Badan Pengawas Baitul Mal setempat.

Adapun program yang sudah dilaksanakan dan bersumber dari dana jakat. Disalurkan sesui dengan Surat At-Taubah ayat 60 dimana ayat tersebut mengatur terkait penyaluran zakat tersebut.

“Ada delapan keriteria penerima bantuan ini, yakni, orang berhutang, hamba sahaya, pakir, miskin, Amil, fisabilillah, ibnu sabil dan mualaf,” kata beliau.

Namun untuk tahun 2020 ini, anggaran yang di program untuk orang yang berhutang dan hamba sahaya, sudah distop, hal ini mungkin dikarenakan adanya permasalahan untuk pengembalian, karena bantuan untuk orang yang berhutang tersebut bersipat pengembalian.

Sementara, program yang bersumber dari dana infak, dan sedekah, beriupa kedalam bentuk ekonomi kreatif, yang saat ini terdapat di 3 titik, yakni Pajak Pagi, Pajak Terpadu dan Pajak Kute Panjang, yang juga sipatnya pengembalian perhari serta tanpa dipungut bunga sama sekali.

“Ini kita sesuaikan dengan keadaan pedagang, apakah pedagang ikan, sayuran dan pedagang lainnya, tentu jumlahnya tidak sama, tapi kalau untuk pengembalian Rp.10.000 perhari,” jelasnya.

Disamping program ekonomi kreatif Baitul Mal juga memberikan bantuan becak sebanyak 10 unit, dimana 4 unit saat ini sudah menjadi milik warga penerima, sedangkan 6 lainnya masih dalam proses pengembalian sebesar Rp. 30.000 rupiah per hari.

Selain itu, bantuan yang berasal dari Baitul Mal lainnya, berupa bantuan bencana alam, musafir, orang sakit dan rehab rumah bagi keriteria penerima bantuan tersebut.

Baitul Mal juga memberikan bantuan Hafis non Boarding, dengan mengacu kepada peraturan bupati.

“Lalu untuk bantuannya, sebesar Rp.150.000 dengan penjabaran Rp.50.000 untuk para santri dan Rp.100.000 untuk guru,” ucapnya.

Penyaluran bantuan ini sendiri dilakukan langsung kepada guru yang sudah ditunjuk oleh pesantren maupun yayasan.

Sedangkan untuk bantuan mualaf pada tahun 2020, walaupun data ini merupakan dari data tahun 2019 yakni sebanyak 10 orang dengan masing-masing mendapatkan 5 juta rupiah.

Baitul Mal juga memberikan bantuan kepada mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir dengan jumlah 14 orang maha siswa dengan biaya senilai 1 juta rupiah per bulan dan untuk saat ini sudah disalurkan selama 3 bulan, yakni dari Januari hingga Maret tahun ini.

Sementara untuk penentuan penerima bantuan pakir dan miskin yang ada di desa-desa, ini disesuaikan dengan kuota bantuan yang diberikan Baitul Mal yang mana data awal diperoleh dari Pengulu desa dan kemudian diferevikasi kembali kelapangan oleh Baitul Mal. Meskipun kata dia, terkadang sering ada warga yang mengeluhkan, karena tidak masuk dalam penerima bantuan tersebut walaupun sebenarnya mereka juga sesuai dengan penetima bantuan, namum, kepala desa harus bijak dalam mentukan, karena memang kuotanya tidak memadai.

“Kita berharap, dari sekian banyak yang sudah mendapatkan bantuan, mudah-mudahan ditahun 2021 sudah terlepas dari kemiskinan. Dan kalau menurut data yang kita lihat sudah 500 orang yang sudah dapat dikeluarkan dari penerima bantuan ini,” katanya.(Ali Sadikin)

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 406 kali

loading...
Baca Lainnya

BPP Pastikan Pembagian Kartu Tani di Pasaman Sumbar Ada Kerumunan

Sumbar, – Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Panti, Ade Candra memastikan bahwa pembagian Kartu...

Kerumunan masyarakat penerima Kartu Tani di BPP Panti tanpa protokol kesehatan Covid-19, Rabu (25/11/20).

28 November 2020, 20:02 WIB

Penata Usahaan Persediaan Obat-Obatan di RSUD Gayo Lues Jadi Temuan BPK-RI

Gayo Lues-Penatausahaan persediaan obat-obatan tahun 2019 menjadi temuan BPK-RI. Hal ini diketahui berdasarkan hasil uji...

28 November 2020, 18:51 WIB

Polres Gayo Lues Gelar Bansos di Kampung Cempa

BLANGKEJEREN, tepatnya Jum’at tanggal 27 November 2020 pukul 09.00 WIB hingga selesai, Polres Gayo Lues...

28 November 2020, 18:31 WIB

Kapolresta Tangerang Cek Persiapan Prokes Haul Virtual di Ponpes Abuya Uci

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memimpin pengecekan persiapan pelaksanaan Haul...

27 November 2020, 23:23 WIB

Jum’at Berkah, Polsek Cigasong Bagikan Sembako ke Warga Tidak Mampu

MAJALENGKA –  Polsek Cigasong Polres Majalengka Jumat Berkah setiap Seminggu sekali menggelar kegiatan “Program Polsek...

27 November 2020, 22:53 WIB

Polres Galus Gelar Rapid Test Gratis kepada Masyarakat

Deliknews-Blangkejeren- Pada Jumat Tanggal 27 November 2020, pukul 09.00 sampai dgn 11.00 wib. Bertempat  di...

27 November 2020, 20:53 WIB

loading...