Rabu, 1 Juli 2020 - 19:29 WIB

Dana Jakat, Infak dan Sedekah Baitul Mal Capai 4 Miliar Dalam Setahun

Gayo Lues-Dana Jakat, Infak, dan Sedekah di Baitul Mal Kabupaten Gayo Lues, Aceh, mencapai 4 miliar lebih dalam setahun. Data ini disampaikan oleh sekreris Baitul Mal, Ramadan SE, pada media ini, di kantornya, Rabu (01/07/2020).

“Berdasarkan yang saya perhatikan rata-rata pertahun sekitar 4 miliar,” katanya.

Dana tersebut terkumpul, baik dari ASN, maupun yang sumbernya dari dana pribadi orang yang menyerahkan ke badan keuangan daerah dalam rekening Jakat maupun infak.

Sementara dalam penyaluran dana tersebut Baitul Mal menyalurkan sesui dengan program yang sudah dibuat berdasarkan musyawarah dengan Badan Pengawas Baitul Mal setempat.

Adapun program yang sudah dilaksanakan dan bersumber dari dana jakat. Disalurkan sesui dengan Surat At-Taubah ayat 60 dimana ayat tersebut mengatur terkait penyaluran zakat tersebut.

“Ada delapan keriteria penerima bantuan ini, yakni, orang berhutang, hamba sahaya, pakir, miskin, Amil, fisabilillah, ibnu sabil dan mualaf,” kata beliau.

Namun untuk tahun 2020 ini, anggaran yang di program untuk orang yang berhutang dan hamba sahaya, sudah distop, hal ini mungkin dikarenakan adanya permasalahan untuk pengembalian, karena bantuan untuk orang yang berhutang tersebut bersipat pengembalian.

Sementara, program yang bersumber dari dana infak, dan sedekah, beriupa kedalam bentuk ekonomi kreatif, yang saat ini terdapat di 3 titik, yakni Pajak Pagi, Pajak Terpadu dan Pajak Kute Panjang, yang juga sipatnya pengembalian perhari serta tanpa dipungut bunga sama sekali.

“Ini kita sesuaikan dengan keadaan pedagang, apakah pedagang ikan, sayuran dan pedagang lainnya, tentu jumlahnya tidak sama, tapi kalau untuk pengembalian Rp.10.000 perhari,” jelasnya.

Disamping program ekonomi kreatif Baitul Mal juga memberikan bantuan becak sebanyak 10 unit, dimana 4 unit saat ini sudah menjadi milik warga penerima, sedangkan 6 lainnya masih dalam proses pengembalian sebesar Rp. 30.000 rupiah per hari.

Selain itu, bantuan yang berasal dari Baitul Mal lainnya, berupa bantuan bencana alam, musafir, orang sakit dan rehab rumah bagi keriteria penerima bantuan tersebut.

Baitul Mal juga memberikan bantuan Hafis non Boarding, dengan mengacu kepada peraturan bupati.

“Lalu untuk bantuannya, sebesar Rp.150.000 dengan penjabaran Rp.50.000 untuk para santri dan Rp.100.000 untuk guru,” ucapnya.

Penyaluran bantuan ini sendiri dilakukan langsung kepada guru yang sudah ditunjuk oleh pesantren maupun yayasan.

Sedangkan untuk bantuan mualaf pada tahun 2020, walaupun data ini merupakan dari data tahun 2019 yakni sebanyak 10 orang dengan masing-masing mendapatkan 5 juta rupiah.

Baitul Mal juga memberikan bantuan kepada mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir dengan jumlah 14 orang maha siswa dengan biaya senilai 1 juta rupiah per bulan dan untuk saat ini sudah disalurkan selama 3 bulan, yakni dari Januari hingga Maret tahun ini.

Sementara untuk penentuan penerima bantuan pakir dan miskin yang ada di desa-desa, ini disesuaikan dengan kuota bantuan yang diberikan Baitul Mal yang mana data awal diperoleh dari Pengulu desa dan kemudian diferevikasi kembali kelapangan oleh Baitul Mal. Meskipun kata dia, terkadang sering ada warga yang mengeluhkan, karena tidak masuk dalam penerima bantuan tersebut walaupun sebenarnya mereka juga sesuai dengan penetima bantuan, namum, kepala desa harus bijak dalam mentukan, karena memang kuotanya tidak memadai.

“Kita berharap, dari sekian banyak yang sudah mendapatkan bantuan, mudah-mudahan ditahun 2021 sudah terlepas dari kemiskinan. Dan kalau menurut data yang kita lihat sudah 500 orang yang sudah dapat dikeluarkan dari penerima bantuan ini,” katanya.(Ali Sadikin)

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 384 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolresta Tangerang Bina Komunitas Jadi Pelopor Pelaksanaan Protokol Kesehatan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membina komunitas masyarakat untuk menjadi...

22 September 2020, 14:36 WIB

Rencana Aksi Unras Dibatalkan, Polsek Balaraja Gelar Apel Konsolidasi

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten menggelar apel konsolidasi pengamanan penyampaian pendapat...

22 September 2020, 14:31 WIB

Polsek Tigaraksa Semprot Disinfektan dan Bagi Ratusan Masker ke Ponpes Al Falah

TANGERANG – Guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, jajaran Polsek Tigaraksa Polresta Tangerang...

22 September 2020, 14:26 WIB

Cegah Covid-19, Personel Polresta Tangerang Diberi Extra Fooding

TANGERANG – Berbagai upaya dilakukan oleh jajaran Polresta Tangerang Polda Banten dalam menjaga stamina para...

22 September 2020, 13:50 WIB

Kurang Dari 24 Jam Polsek Bukit Batu Ungkap Identitas Mayat Mr X

Palangka Raya – Kepolisian Sektor Bukit Batu berhasil mengungkap identitas mayat Mr. X yang ditemukan...

22 September 2020, 00:31 WIB

Sertifikat Ganda ! BPD Bali Bantah Serobot Tanah Tapi Tidak Tahu Muasal

Denpasar – Sebidang tanah luas 3,85 are di Jalan Gadung, Desa Dangin Puri Kangin, Kec....

Kepala Divisi Umum dan Kesekretariatan BPD Bali, IB Gede Ary Wijaya Guntur.

21 September 2020, 21:05 WIB

loading...