Senin, 6 Juli 2020 - 23:04 WIB

Sekda Tuban Buka Studi Amdal Pembangunan Kilang Minyak Di Tuban

Tuban – Kegiatan Konsultasi Publik yang ke-2 terkait Studi Amdal Pembangunan dan Pengoperasian kilang minyak Pertamina Grassroot Refinery (GRR) Jenu di buka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si di ruang Ronggolawe Setda Tuban, Senin (06/07/2020).

Konsultasi Publik yang ke-2 terkait Studi Amdal Pembangunan dan Pengoperasian kilang minyak Pertamina Grassroot Refinery (GRR) Jenu diikuti dari perwakilan Pertamina, Camat dan Forkopimka Jenu, Kepala Desa dan tokoh masyarakat dari desa Wadung, Kaliuntu, Sumurgeneng, Mentoso, dan Desa Rawasan.

Sekda Tuban dalam sambutannya, konsultasi publik menjadi salah satu tahapan pembangunan kilang minyak GRR. Konsultasi publik memegang peranan yang cukup besar. Sekaligus menjadi wahana bagi stakeholder yang  terkait untuk menyampaikan saran dan masukan kaitannya dengan pembangunan kilang minyak Jenu.

“Disusunnya dokumen Amdal guna mengidentifikasi dampak lintas sektor dari pembangunan kilang, dari tahapan pembangunan produksi hingga pasca proyek selesai. Dokumen yang tersusun juga sebagai acuan penyusun, pengelolaan dan pemantauan atas sejumlah dampak yang teridentifikasi” ujar Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si.

Lebih lanjut, Sekda menyampaikan bahwa pembangunan kilang minyak perlu dukungan dan sinergi dari semua pihak, pemerintah daerah, Pertamina, maupun masyarakat.

“Karenanya diperlukan manajemen yang baik agar berjalan sesuai rencana,” ungkapnya. Operasional kilang akan membawa pertumbuhan ekonomi siginifikan di Kabupaten Tuban, utamanya bagi warga sekitar kilang. Pembangunan kilang minyak juga mampu menciptakan multiplayer efek, mulai dari munculnya industri baru, wirausaha serta menyerap tenaga kerja lokal” ujarnya.

Sejumlah dampak positif tersebut mendukung upaya Pemkab Tuban dalam mengurangi angka kemiskinan.

Disampaikan juga, sebelumnya Pertamina telah memiliki ijiin Amdal tahun 2017. Namun, pada prosesnya terjadi sejumlah perubahan yang mengharuskan pembaharuan ijin Amdal untuk memenuhi sejumlah aspek. Bupati dan Wakil Bupati Tuban menekankan agar dokumen yang telah tersusun harus dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Budi Wiyana menekankan bahwa perwakilan maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terlibat dalam konsultasi publik menjadi representasi masyarakat terdampak, bukan atas personal masing-masing. Karenanya, harus melakukan komunikasi lanjutan kepada stakeholder untuk meminimalisir kesalah pahaman.

Sementara itu, Project Coordinator GRR Tuban dari Pertamina, Kadek Ambara Jaya mengatakan penyusunan dokumen Amdal sebagai cikal bakal pembangunan kilang minyak Jenu. Pembangunan kilang minyak ini menjadi proyek strategis Nasional dalam mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi, serta meningkatkan produksi BBM dan non-BBM.

“Selain berorientasi pada kemandirian energi, proyek kilang minyak akan melahirkan sejumlah industri hilir dan usaha pendukung lainnya di Kabupaten Tuban, khususnya di kecamatan Jenu. Pembangunan kilang minyak ini akan menyerap kurang lebih 27.000 tenaga kerja pada saat kontruksi proyek dan 2.500 tenaga kerja ketika proyek beroperasi” ujar  Kadek Ambara Jaya.

Lanjutnya, kilang minyak yang ditargetkan beroperasi pada 2024 memiliki luas mencapai 1.050 hektar dengan rincian 821 hektar lahan darat, sedangkan sisanya lahan reklamasi laut.

Saat ini proses pembayaran pembebasan terus dilakukan, dukungan dari semua stakeholder akan mempercepat proses pembangunannya, pungkasnya.

Perwakilan warga ring I yang hadir dalam acara stady Amdal memberikan masukan kepada pihak Pertamina dan Pemkab Tuban yang dimoderatori Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Bambang Irawan. (jat)

Artikel ini telah dibaca 744 kali

loading...
Baca Lainnya

Perwakilan P3 KKo/Marimir Jatim Berkunjung ke Prajurit KKo/Marinir Pengangkat Jenazah Pahlawan Revolusi

Banyuwangi – Paguyuban Putra-Putri (P3) KKo/Marinir perwakilan Jatim membesuk salah satu prajurit KKo/Marinir yang mengangkat...

8 Agustus 2020, 14:17 WIB

Melihat Keceriahan Komunitas Layang Layang di Alon Alon Tuban

Tuban – Langit cerah dan angin yang kencang di manfaatkan oleh komunitas layang layang kota...

4 Agustus 2020, 12:39 WIB

Mbak Khozanah Melalui MMA Mensinergikan Dengan Stakeholder

Tuban – Pilbup Kabupaten Tuban yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, membuat...

3 Agustus 2020, 21:45 WIB

HUT BNI Ke 74, BNI Tuban Berbagi 600 Paket Sembako Dan Masker Ke Warga

Tuban – Kegiatan bakti sosial untuk memperingati HUT BNI ke 74, BNI Tuban membagikan 600...

31 Juli 2020, 21:23 WIB

PT. Semen Indonesia Pabrik Tuban Salurkan 31 Ekor Sapi Ke Pemkab Tuban 

Tuban – Kepala Biro Humas dan CSR PT. Semen Indonesia (SI) Tbk Pabrik Tuban, Setiawan...

30 Juli 2020, 22:48 WIB

Komandan Puslatpurmar 9 Animha Tuban Bantu Evakuasi Warga Korban Gelombang Tinggi Di Bancar

Tuban – Dampak gelombang tinggi di perairan laut Jawa mengakibatkan beberapa rumah nelayan di daerah...

12 Juli 2020, 13:16 WIB

loading...