Kamis, 9 Juli 2020 - 20:25 WIB

Puji Tuhan, Kantor Balai Desa Fafoe Kecamatan Malaka Barat Akan Dibangun

Malaka – Pemberitaan di salah satu media online lokal Malaka tentang desa Fafoe berjudul 15 tahun menjabat dan Desa Motaain, ditilap 118 juta Dana Bumdes itu, tidak benar adanya. Ketidak benaran informasi saat kepala desa Fafoe dan kepala desa Motaain diklarifikasi oleh camat Malaka dikantor kecamatan Malaka Barat, Rabu (7/7)

Kepala desa Fafoe, Yosef Nahak. S.Sos dan Kepala desa Motaain Selomon Leki mengklarifikasi berita yang dimuat oleh media online lokal Malaka Berjudul 15 tahun jabat desa Fafoe dan 118 juta ditilap Kades Motaain. Klarifikasi pada Rabu (7/7) dikantor Camat Malaka Barat Kabupaten Malaka. NTT.

Kepala desa fafoe, Yosef Nahak. S.Sos, angkat bicara bahwa pada periode pertama anggaran dana desa, sekitar 15 juta. Kemudian pada tahun 2000, Kecamatan Malaka Barat dilanda banjir kali Benenai yang dasyat, akibatnya didalam kantor desa tertimbun sedimen. Penimbunan sedimen pada kantor desa. Tetapi diluar juga  penimbunan dari pondasi ketembok sekitar 0.5 meter.

Walaupun kantor desa Fafoe selalu tertimbun oleh sedimen setiap banjir dari kali Benenai, tetapi tetap dilakukan rehap ringan. Untuk melakukan rehap ringan kantor desa sudah 3 kali. Rehabilitasi kantor  desa fafoe yang ke 3 pada tahun 2017 lalu. Setelah direnofasi kantor desa ditimpah lagi pohon asam.

“Untuk pembangunan kantor desa harus menelan anggaran ratusan juta, lalu didalam juknis dan juklak tidak ada pos anggaran dalam pembangunan gedung kantor desa baru. Dalam juknis Pos anggaran hanya rehabilitasi. Itupun, dananya hanya 10 – 15 juta” ujar Yosef Nahak. S.Sos.

Lanjutnya, untuk pelayanan adminisrtrasi di alihkan ke Poskedes, sambil menanti pekerjaan pembangunan gedung serba guna, untuk digunakan dalam pelayanan masyarakat.

Semenjak tahun 2000 silam  terus menimpah kantor desa Fafoe terendam banjir sampai pada tahun 2016. Setiap tahun Kantor desa Fafoe selalu ditimpah banjir dari kali Benenai, pungkasnya.

Sementara itu, camat Malaka Barat, Efraem Bria Seran. S.fil. MPA menyikapi pemberitaan di media online lokal Malaka mengatakan untuk pekerjaan balai serbaguna dengan cepat untuk diselesaikan dan hal percepatan kerja perlu adanya rapat dengan masyarakat diwilayah desa untuk memberikan pemahaman atas kegiatan yang ada didesa.

“Untuk gedung balai serbaguna dari APIP sudah melakukan pemeriksaan dan juga sudah membuat pernyataan untuk menyesaikan dalam beberapa bulan ini” ujar Efraem Bria Seran. S.fil. MPA.

Lanjutnya, untuk desa Fafoe sudah tidak ada persoalan lagi. Yang pertama terkait dengan kantor desa itu, semenjak Tahun 2000 ada timbun sedimen banjir kali Benenai. Karena kantor desa lokasinya sangat rendah. Oleh karena itu saya sampaikan pada kepala desa agar melakukan rapat dengan aparat desa untuk bekerja sama merabilitasi kantor desa sambil menanti pembagunan gedung serbaguna.

Pembanguna gedung serbaguna sudah membuat pernyataan dengan APIP, agar pekerjaan diselesaikan dalam beberapa bulan ini, pungkasnya. (Dami Atok)

Artikel ini telah dibaca 896 kali

loading...
Baca Lainnya

BPP Pastikan Pembagian Kartu Tani di Pasaman Sumbar Ada Kerumunan

Sumbar, – Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Panti, Ade Candra memastikan bahwa pembagian Kartu...

Kerumunan masyarakat penerima Kartu Tani di BPP Panti tanpa protokol kesehatan Covid-19, Rabu (25/11/20).

28 November 2020, 20:02 WIB

Penata Usahaan Persediaan Obat-Obatan di RSUD Gayo Lues Jadi Temuan BPK-RI

Gayo Lues-Penatausahaan persediaan obat-obatan tahun 2019 menjadi temuan BPK-RI. Hal ini diketahui berdasarkan hasil uji...

28 November 2020, 18:51 WIB

Polres Gayo Lues Gelar Bansos di Kampung Cempa

BLANGKEJEREN, tepatnya Jum’at tanggal 27 November 2020 pukul 09.00 WIB hingga selesai, Polres Gayo Lues...

28 November 2020, 18:31 WIB

Kapolresta Tangerang Cek Persiapan Prokes Haul Virtual di Ponpes Abuya Uci

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memimpin pengecekan persiapan pelaksanaan Haul...

27 November 2020, 23:23 WIB

Jum’at Berkah, Polsek Cigasong Bagikan Sembako ke Warga Tidak Mampu

MAJALENGKA –  Polsek Cigasong Polres Majalengka Jumat Berkah setiap Seminggu sekali menggelar kegiatan “Program Polsek...

27 November 2020, 22:53 WIB

Polres Galus Gelar Rapid Test Gratis kepada Masyarakat

Deliknews-Blangkejeren- Pada Jumat Tanggal 27 November 2020, pukul 09.00 sampai dgn 11.00 wib. Bertempat  di...

27 November 2020, 20:53 WIB

loading...