Selasa, 18 Agustus 2020 - 11:11 WIB

4 Permainan Tradisional Paling Populer

Dengan majunya teknologi dan zaman membuat permainan anak tradisional ini lambat laun semakin hilang peminatnya. Karena untuk sekarang anak lebih tertarik dengan memainkan permainan yang ada pada smartphonenya. Padahal jika si anak terlalu sering bermain game yang ada di hape kalian, dari segi kesehatan juga kurang baik. Lalu akan jarang untuk berintraksi langsung bersama temannya. Sedangkan bermain permainan tradisional memiliki nilai positif yaitu melatih kekompakan, kebersamaan, dan saling menghargai. Nah jika kalian ingin tahu apa saja permainan tradisional yu simak.

  1. Lompat Tali

Lompat tali merupakan permainan tradisional Indonesia yang umumnya sering di mainkan oleh anak perempuan. Nah biasanya permainan lompat tari ini dimainkan minimal oleh empat orang. Di mana dua orang pemain membentangkan dan memegang tali, sementara pemain lain harus melewati atau melompati tanpa mengenai tali tersebut. Untuk aturan dalam permainan ini yaitu dua orang pemegang tali akan mengatur tinggi awalnya setinggi lutut, nah lalu pemain lain harus melewati tali tersebut. Jika pelompat berhasil melewatinya, maka tinggi tali akan di naikkan menjadi seperut, lalu jika berhasil lagi akan di naikkan menjadi sedada dan terus hingga ke atas kepala. Namun jika pelompat tali gagal melewati, maka dia harus berganti yang memegang talinya, dan memulai kembali dari awal.

  1. Petak Umpet

Untuk sebagian daerah memang permainan ini masih sering dimainkan oleh anak-anak. Karena permainan tradisional ini sangat seru sekali, permainan ini harus di mainkan lebih dari empat orang, jika kurang dari itu rasanya tidak seru. Untuk cara mainnya sangat mudah cukup tentukan satu orang untuk menjaga dan yang lain bersembunyi. Nah untuk menentukan siapa penjaganya biasanya dilakukan dulu gambreng atau hompimpa agar dapat menentukan secara adil. Selain itu agar tidak sulit untuk mencari kalian tentukan dulu batas wilayah untuk bermainnya. Keseruannya terjadi ketika yang bersembunyi ketahuan, saat itu terjadi anak yang berjaga dan yang bersembunyi akan berlari ke pos penjagaan untuk menandai bahwa dia sampai duluan. Nah jika yang kalah duluan sampai di situlah yang berikutnya harus menjadi penjaga.

  1. Bentengan

Bentengan adalah salah satu permainan tradisional yang sudah ada pada zaman paska kemerdekaan. Tidak sekedar untuk bersenang-senang, permainan ini di buat dengan bercermin pada perjuangan bangsa Indonesia saat melawan penjajah. Layaknya berada dalam peperangan beneran, permainan ini memiliki dua kelompok yang saling berlawanan. Untuk permainan ini minimal enam orang agar dapat mudah untuk menjadikan dua kelompoknya. Cara mainnya masing-masing kelompok yang terdiri tiga orang, dan tugas pemain yaitu menyentuh atau merebut benda yang ada di benteng atau markas kelompok lain.

  1. Engklek

Salah satu permainan tradisional yang populer pada masanya yaitu engklek. Engklek adalah permainan anak tradisional yang sangat terkenal di Indonesia, khusunya masyarakat pedesaan. Bermain engklik memang cukup mudah serta peraturannya tidak sulit. Pemainan ini bisa dimainkan dengan jumal minimal dua orang. Nah untuk sebelum permainan di mulai, harus membuat denah petak di butuhkan sebagai media bermainnya. Petak dibuat dalam bentuk persegi yang dibagi menjadi beberapa bagian. Pemain di minta menggunakan kakinya untuk menapak pada setiap petak yang telah dibuat serta menyesuaikan bentuk petaknya. Dan ada saatnya pemain harus menggunakan satu kakinya ketika menapak pada petak tersebut.

Artikel ini telah dibaca 266 kali

loading...
Baca Lainnya

Indonesia Mengalami Kemajuan Dalam Menangani Covid-19

Oleh : Derry Pranandia Corona masih belum hilang dari Indonesia namun sudah ada kemajuan dalam...

24 November 2020, 02:53 WIB

Harga Pipa PVC Wavin Terbaru November 2020

Pipa PVC atau Polyvinyl Chloride merupakan pipa yang biasanya digunakan sebagai saluran pembuangan air kotor...

24 November 2020, 02:03 WIB

UU Cipta Kerja Berantas Praktik Korupsi

Oleh : Dodik Prasetyo UU Cipta Kerja merupakan sebuah terobosan dalam meringkas persoalan regulasi yang...

23 November 2020, 22:35 WIB

KKSB Lukai Warga Papua

Oleh : Timoty Kayame Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali melakukan aksi saat turun gunung....

23 November 2020, 21:03 WIB

Masyarakat Mendukung Penertiban Baliho Habib Rizieq

Oleh : Raavi Ramadhan Beberapa waktu belakangan ini, Aparat Penegak hukum gencar menurunkan baliho raksasa...

23 November 2020, 20:31 WIB

Kejaksaan Agung Diminta Usut Tuntas Kasus Dugaan Korupsi Bupati Kepulauan Bintan Apri Sujadi

Puluhan pendemo yang tergabung dalam Forum Peduli Pilkada Jurdil (FPPJ) mendatangi Kantor Kejaksaan Agung di...

23 November 2020, 12:47 WIB

loading...