Kamis, 27 Agustus 2020 - 15:06 WIB

KPU Nisel Gelar Sosialisasi PKPPU No. 6 Tahun 2020

Nias Selatan, Deliknews.con – KPU Kabupaten Nias Selatan menggelar sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 6 Tahun 2020 dan Keputusan KPU Kabupaten Nias Selatan nomor 252/PL.02.2-KOT/1214/KPU.KAB/VIII/2020 pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupaiti Nias Selatan Tahun 2020, Kamis (26/08/2020) di Hall Defnas Jalan Pramuka Kecamatan Teluk Dalam.

Turut hadir : mewakili Bupati Nias Selatan oleh Asisten I, Gayus Duha, anggota KPU RI Ilham Saputra, S.IP, Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, Herdensi, anggota KPU Provinsi Sumatera Utara, Mulia Banurea, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Nias Selatan, Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, Herdensi, Anggota KPU Provinsi Sumatera Mulia Banurea, Ketua dan seluruh anggota KPU Se-Kepulauan Nias.

Selain itu, Mewakil Dandim Nias oleh Danramil Teluk Dalam, Mayor Inf. Hatiyanus Zega, mewakil Kapolres Nias Selatan oleh Kabag Ren Polres Nias Selatan, Kompol TR. Gea, mewakili Danlanal Nias, PPK dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Nias Selatan yang diwakili oleh Asisten I, Gayus Duha mengharapkan kepada seluruh penyelenggara agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan, Dimana pada pelaksanaan Pemilihan Umum serentak Tahun 2020 ini, kita berada dalam situasi pandemi Covid-19. Dia juga mengajak agar mengikuti bersama pelaksanaan sosialisasi ini yang akan disampaikan oleh Nara sumber.

Dalam pemaparan materi PKPU nomor : 6 Tahun 2020 yang disampaikan Anggota KPU Republik Indonesia, Ilham Saputra, S.IP Mengatakan bahwa pemilihan serentak dilanjutkan, dilaksanakan dengan : protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona virus Diese 2019 (covid-19, mengutamakan prinsip kesetaraan dan keselamatan. Dan Memperhatikan kesehatan dan keselamatan penyelenggara Pemilihan, peserta pemilihan, pemilih dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan.

Dalam hal terdapat anggota PPK, PPS, KPPS, Sekretariat PPK, Sekretariat PPS, PPDP, dan petugas ketertiban TPS yang sakit atau meninggal dunia karena melaksanakan tuga, diberikan santunan sesuai ketentuan peraturan Perundang-undangan.

Sementara terkait Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Selatan Nomor : 252/PL.02.2-Kpt/1214/KPU-Kab/VIII/2020 tentang penetapan persyaratan pencalonan untuk Partai Politik atau gabungan Partai Politik dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Tahun 2020 yang disampaikan oleh anggota KPU Kabupaten Nias Selatan, Mei Danariang Hulu menyampaikan bahwa,

Jumlah kursi paling sedikit 20% dari jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nias Selatan hasil Pemilu Tahun 2019 sebanyak 35 kursi x 20% = 7 tujuh) kursi. Jumlah perolehan suara sah paling sedikit 25% dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan Tahun 2019 sebanyak 133.975 suara X 25% = 33.493.8 dibulatkan keatas menjadi 33.494 suara.

Partai Politik atau gabungan Partai Politik yang memenuhi syarat untuk mencalonkan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Tahun 2020, yakni : Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, Partai PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Gerakan Perubahan Indonesia, Partai Berkarya, Partai Persatuan Indonesia, PSI, PAN, Partai Demokrat dan PKP Indonesia. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 161 kali

loading...
Baca Lainnya

Menteri KKP Lepas Ekspor Perdana Lobster Budidaya GPLI di Bali

Bali – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono melihat langsung panen lobster hasil...

Foto: Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono bersama Ketua Umum GPLI, Gunawan Suherman (kanan).

20 Januari 2021, 14:13 WIB

Mulai Terkuak NIK Siluman Dan Databes, Pembuktian  Fakta Otentik Tertinggi KPUD Malaka Ke MK

Malaka, NTT – deliknews – NIK siluman jadikan delik aduan pemilihan kepala Daerah Kabupaten Malaka...

20 Januari 2021, 11:06 WIB

Kades Dilaporkan Warganya, Tak Kunjung Bayarkan Hasil Plasma Kebun Sawit

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Merasa tak dapat penjelasan dengan pasti dari Kepala Desa atas...

19 Januari 2021, 19:53 WIB

DPRD Malaka Akan Panggil Kadis Dukcapil Terkait Keluhan Masyarakat

Malaka, NTT, deliknews – Warga Desa Kereana Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka NTT mengeluhkan atas...

19 Januari 2021, 19:42 WIB

Satlantas Polres Bartim Launching Bis Khusus Pelayanan Perpanjangan SIM

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Satlantas Polres Barito Timur (Bartim) Polda Kalimantan Tengah, menggelar Launching...

19 Januari 2021, 18:48 WIB

13 Desa di Kecamatan Rikit Gaib Cairkan BLT Dana Desa

Salah satu Kabupaten yang pertama di Prov.Aceh,13 Desa di Kecamatan Rikit Gaib mencairkan bantuan langsung...

19 Januari 2021, 18:03 WIB

loading...