Kamis, 27 Agustus 2020 - 14:39 WIB

UKM Amplang Batubara Anugra di Sangatta Sudah Menumbus Jakarta

Sangatta – UKM camilan Amplang rasa original dan Amplang Batubara yang di rintis oleh Ana Maryam sudah menembus di berbagai kota Kaltim dan Sulawesi bahkan kota besar Jakarta dan Surabaya.

UKM Amplang yang dirintis oleh Ana Maryam tahun 2007 lalu yang membuat 1 kilo ikan Tengiri. Banyak waktu luang saat itu bisa digunakan untuk membuat camilan Amplang di rumahnya Jl. Mulawarman Gg. Perkebunan RT. 31 kel. Singa Geweh Sangatta Kalimantan Timur.

Dengan usaha membuat camilan amplang original dan amplang Batubara yang di rintis dari tahun ke tahun mengalami peningkatan produksi nya. Sehingga membuat toko di rumahnya untuk memajang hasil produksinya dan ada beberapa produk titipan dari orang lain.

Seiring tahun berjalan dan ingin berkembang Ana Maryam mendatangi kontor Dinas Deperindag Sangatta minta saran sampai mengurus perijinan produk Amplang, Abon, bawang goreng yang di tekuni.

Di rumah promosi dipajangkan hasil produksi dari “Anugrah” antara lain Amplang original, Amplang Batubara rasa cumi-cumi, abon sapi, bawang goreng.

Di dinding nampak berjajar sertifikat pelatihan UKM di Sangatta. Ada juga sertifakat “Peserta terbaik UKM tanggu 2” Bulan Februari 2020 di Sangatta.

Ana Maryam saat di temui deliknews, Kamis, 27/8/2020 mengatakan saya mulai usaha Amplang ini di mulai tahun 2007 lalu dengan modal 1 kilo gram ikan tengiri. Dengan modal kecil itu lambat laun ada perkembangan.

“Alhamdulillah usaha yang saya rintis membuat Amplang ada kemajuan dari tahun ke tahun. Bahkan produk Amplang saya bisa menembus di beberapa kota di Kaltim bahkan sampai ke Jakarta dan Surabaya” ujar Ana Maryam

Lanjutnya, dengan usaha Amplang ini saya beberapa kali mengikuti pelatihan oleh Dinas terkait dan perusahaan swasta. Dengan di bekali pelatihan bisa meningkatkan rasa Amplang maupun pengemasan.

Lanjutnya, dengan adanya pandemi covid-19 ini sangat terasa berdampak terhadap usaha saya. Karena kami mengirim ke luar pulau terhambat di pengiriman tidak bisa masuk. Pernah saya mengirim Amplang ke Pare-pare gak bisa masuk. Akhir nya di jual banting dari pada di kembalikan.

Saya beberapa kali dilibatkan menjadi Nara sumber di kegiatan UKM yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan maupun perusahaan besar baru bara KPC yang ada di Sangatta. Bahkan kegiatan UKM di Balikpapan yang di hadiri oleh bu Susi mentri Kelautan saat itu, pungkasnya. (jat)

Artikel ini telah dibaca 150 kali

loading...
Baca Lainnya

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Polsek Balaraja Kembali Lakukan Ini

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten kembali mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait...

1 Oktober 2020, 21:55 WIB

Ciptakan Situasi Kondusif, Kapolresta Tangerang Kumpulkan Elemen Buruh dan Pelaku Usaha

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengumpulkan elemen buruh dan pelaku...

1 Oktober 2020, 21:49 WIB

Saat Berkinerja Baik, Anggota Polresta Tangerang Dapat Tiket Umroh

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten kembali memberikan penghargaan kepada personelnya. Untuk peridoe September...

1 Oktober 2020, 21:43 WIB

Jajaran Polresta Tangerang Upacara Virtual Hari Kesaktian Pancasila

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020...

1 Oktober 2020, 21:37 WIB

Kapolresta Tangerang Pimpin Sertijab Kepala Bagian Operasi

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indari memimpin Upacara Serah Terima Jabatan...

1 Oktober 2020, 21:29 WIB

Polres Gayo Lues Laksanakan Oprasi Yustisi Penindakan Warga yang Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Gayo Lues-Pelaksanaan Operasi Yustisi dalam rangka penindakan terhadap warga yang tidak mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan...

1 Oktober 2020, 18:16 WIB

loading...