Selasa, 8 September 2020 - 23:07 WIB

Pastor Paroki St. Fransiskus Asisi Lakulo Dan DPR Malaka, Tegaskan Surat Uskup Patuhi Protokoler Kesehatan

Malaka – surat edaran dari Uskup Mgr. Dominikus Saku. Pr tertanggal 15 Juli 2020 mengatur prosesi nikah masal yang diikuti 9 pasang mempelai untuk mengikuti protokol kesehatan.

Surat edaran Uskup Mgr. Dominikus Saku.Pr. tertanggal 15 juli 2020, dan diumumkan keuskupan tanggal 14/8/2020, keseluruh umat Katolik wilayah keuskupan Atambua. Keluar surat keuskupan Atambua disampaikan pastor Paroki st. Fransisikus Asisi Lakulo, Rm.Hendrikus Fay pr, pada 9 pasangan Nikah masal, untuk mentaati aturan secara protol kesehatan.

Penegasan surat yang di keluarkan dari keuskupan Atambua ditengah kesibukan pemberian pengakuan sakramen pernikahan terhadap 9 pasangan yang dikukuhkan oleh Rm. Hendrikus Fay. Pr. Pada selasa 8/9/2020.

Acara pernikahan masal ini dihadiri anggota DPRD Komisi I asal partai Golkar, selaku  Saksi pada  pasangan penerimah sakremen pernikahan pada Rabu 9/9/2020 besok.

Pastor paroki Fransiskus Asisi Lakulo, Rm. Hendrikus Fay. Pr. Mengatakan saya selalu mengumumkan berdasarkan surat edaran keuskupan terhadap umat katolik melaksanakan misa umum , termasuk pemberkatan nikah harus mematuhi protokoler kesehatan pandemi Covid-19.

“Didalam surat edaran keuskupan Atambua tersebut yakni: Ketentuan umum pada Disiplin hidup Menggereja, Ketentuan perayaan ekaristi mentaati protokol covid-19, jaga jarak ( sosial distancing) pakai Masker, cuci tangan, test suhu badan, tidak berkumpul dan berkerumun” ujar pastor proki, Rm. Hendrikus Fay Pr.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan kegiatan secara sederhana dalam sakramen pernikahan itu, tidak mengurangi kelengkapan apa yang dikukuhkan oleh pastor pada peserta penerima sakramen pernikahan.

Pada tempat yang sama, anggota DPRD komisi I Kabupaten Malaka, Jemianus Koe, pada deliknews, Selasa 8/9/2020 diproki St. Fransiskus Asisi lakulo mengatakan dirinya mendukung surat edaran dari Keuskupan Atambua, terhadap kegiatan Menggereja mematuhi protokol kesehatan pandemi covid-19.

“Kehadiran diselah 9 pasangan pengauan penerima sakremen pernikahan dan dipercayakan satu pasang sebagai Saksi pemberkatan menerima sakramen perkawinan” ujar Jemianus Koe.

Dari para peserta penerima sakramen pernikahan Yulius Leki dan Maria Yovita Bere, mengucapkan shyukur dan berterimah kasih pada Bapak uskup yang memberikan izin untuk membuka Kursus pernikahan sampai dengan pelaksanaan penerimaan sakramen pernikahan.

“Pelaksanaan kegiatan penerima sakramen pernikahan itu, walaupun secara sederhana, tapi sangat berarti bagi kami sebagai umat Nasrani Katolik” ungkap Yulius Leki. (Dami Atok)

Artikel ini telah dibaca 162 kali

loading...
Baca Lainnya

Jumlah Pasien Covid-19 Meningkat, Kapolres Kembali Tinjau Kesiapan RSUDMAK

Gayo Lues-Menindak lanjuti Instruksi Kapolda Aceh untuk melihat kondisi  RS dalam penanganan Pasien Covid-19 dan...

28 September 2020, 23:07 WIB

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Anggota Polres dan Polsek Jajaran

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan 1000 botol madu kepada...

28 September 2020, 21:23 WIB

Diduga Manipulasi Anggaran Mamin, Program 1000 hafizd Gayo Lues Terancam Gagal

Jakarta – mencuatnya dugaan manipulasi anggaran untuk makan minum 1000 santri kabupaten Gayo Lues selama...

28 September 2020, 20:54 WIB

Sertifikat Ganda Lahan Diklaim BPD Bali, Ini Penjelasan BPN Denpasar

Denpasar – Sengketa lahan sertifikat ganda yang berbuntut penguasaan lahan seluas 3,85 are dilakukan Bank...

Ruang Penyimpanan Warkah BPN Denpasar.

28 September 2020, 20:24 WIB

Operasi Yustisi, Puluhan Masyarakat Tidak Bermasker Disanksi Polsek Balaraja

TANGERANG – Upaya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan terkait COVID-19 gencar dilakukan jajaran Polsek...

27 September 2020, 20:33 WIB

Cerita Polsek Balaraja Sanksi 33 Pengendara Tidak Kenakan Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polres Kota Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan kegiatan pendisiplinan masyarakat...

27 September 2020, 20:28 WIB

loading...