Selasa, 8 September 2020 - 23:07 WIB

Pastor Paroki St. Fransiskus Asisi Lakulo Dan DPR Malaka, Tegaskan Surat Uskup Patuhi Protokoler Kesehatan

Malaka – surat edaran dari Uskup Mgr. Dominikus Saku. Pr tertanggal 15 Juli 2020 mengatur prosesi nikah masal yang diikuti 9 pasang mempelai untuk mengikuti protokol kesehatan.

Surat edaran Uskup Mgr. Dominikus Saku.Pr. tertanggal 15 juli 2020, dan diumumkan keuskupan tanggal 14/8/2020, keseluruh umat Katolik wilayah keuskupan Atambua. Keluar surat keuskupan Atambua disampaikan pastor Paroki st. Fransisikus Asisi Lakulo, Rm.Hendrikus Fay pr, pada 9 pasangan Nikah masal, untuk mentaati aturan secara protol kesehatan.

Penegasan surat yang di keluarkan dari keuskupan Atambua ditengah kesibukan pemberian pengakuan sakramen pernikahan terhadap 9 pasangan yang dikukuhkan oleh Rm. Hendrikus Fay. Pr. Pada selasa 8/9/2020.

Acara pernikahan masal ini dihadiri anggota DPRD Komisi I asal partai Golkar, selaku  Saksi pada  pasangan penerimah sakremen pernikahan pada Rabu 9/9/2020 besok.

Pastor paroki Fransiskus Asisi Lakulo, Rm. Hendrikus Fay. Pr. Mengatakan saya selalu mengumumkan berdasarkan surat edaran keuskupan terhadap umat katolik melaksanakan misa umum , termasuk pemberkatan nikah harus mematuhi protokoler kesehatan pandemi Covid-19.

“Didalam surat edaran keuskupan Atambua tersebut yakni: Ketentuan umum pada Disiplin hidup Menggereja, Ketentuan perayaan ekaristi mentaati protokol covid-19, jaga jarak ( sosial distancing) pakai Masker, cuci tangan, test suhu badan, tidak berkumpul dan berkerumun” ujar pastor proki, Rm. Hendrikus Fay Pr.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan kegiatan secara sederhana dalam sakramen pernikahan itu, tidak mengurangi kelengkapan apa yang dikukuhkan oleh pastor pada peserta penerima sakramen pernikahan.

Pada tempat yang sama, anggota DPRD komisi I Kabupaten Malaka, Jemianus Koe, pada deliknews, Selasa 8/9/2020 diproki St. Fransiskus Asisi lakulo mengatakan dirinya mendukung surat edaran dari Keuskupan Atambua, terhadap kegiatan Menggereja mematuhi protokol kesehatan pandemi covid-19.

“Kehadiran diselah 9 pasangan pengauan penerima sakremen pernikahan dan dipercayakan satu pasang sebagai Saksi pemberkatan menerima sakramen perkawinan” ujar Jemianus Koe.

Dari para peserta penerima sakramen pernikahan Yulius Leki dan Maria Yovita Bere, mengucapkan shyukur dan berterimah kasih pada Bapak uskup yang memberikan izin untuk membuka Kursus pernikahan sampai dengan pelaksanaan penerimaan sakramen pernikahan.

“Pelaksanaan kegiatan penerima sakramen pernikahan itu, walaupun secara sederhana, tapi sangat berarti bagi kami sebagai umat Nasrani Katolik” ungkap Yulius Leki. (Dami Atok)

Artikel ini telah dibaca 259 kali

loading...
Baca Lainnya

Ini Kata PLN UID Bali Terkait Kabel Semrawut dan Pekerja Kesetrum di Kuta

Denpasar – Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Made Arya mengatakan, bukan...

Foto: Logo PLN

23 Januari 2021, 19:32 WIB

Stok Langka, Harga Daging Babi Meroket

SINGARAJA — Harga daging babi di pasaran meroket. Melambungnya harga daging babi itu, dipicu oleh...

Keterangan Foto :


Foto: Bibit Babi jenis Landrace yang diternak oleh sejumlah masyarakat di Buleleng. 

23 Januari 2021, 14:57 WIB

Menteri KKP : Harapan Kita Menjadi Produsen Ekspor Lobster Terbesar di Dunia

Bali – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono optimis Indonesia menjadi pengekspor lobster...

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono didampingi Sekjen KKP Antam Novambar, Bupati Buleleng, Ketua GPLI dan Sekjen GPLI saat melihat Lobster hasil panen anggota GPLI di Sumberkima, Bali.

23 Januari 2021, 12:29 WIB

Longsor Pepelah, Warga Minta Direlokasi

Gayo Lues, Delik News– Sebanyak 40 kepala Keluarga,Masyarakat Desa Pepelah kec pining kabupaten Gayo lues...

23 Januari 2021, 08:49 WIB

Siswi Non-muslim Diminta Berjilbab, Kadisdik Sumbar Langsung Tegas Merespon

Padang, – Viralnya pemberitaan siswi non-muslim SMKN 2 Padang diminta pakai jilbab, langsung direspon serius...

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri didampingi Kepala SMKN 2 Padang Rusmadi, saat jumpa pers di Padang, Jumat (22/1/21).

22 Januari 2021, 23:43 WIB

Kondisi Jalan Putus, Ipamatra minta Pemda Galus Perhatikan Akses Jalan Padang-Terangun

Gayo Lues- Meski sudah berulang kali menyampaikan keluhan jalan lintas Padang-Terangun tersebut kepada Pemda Kabupaten...

22 Januari 2021, 22:44 WIB

loading...