Rabu, 16 September 2020 - 01:47 WIB

Kesadaran Melaksanakan Protokol Kesehatan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Oleh: Anwar Zahid (Ketua Gerakan Literasi Terbit Regional kota Surabaya)

Peran generasi muda dinilai memiliki peran sentra dalam mengubah perilaku adaptasi kebiasaan baru yang sesuai dengan anjuran protokol kesehatan agar dapat memutuskan rantai penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Saat ini di tengah pandemi virus corona yang masih terjadi penularannya kampanye perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta segala anjuran protokol kesehatan perlu terus digalakkan.

Yang belum dilakukan, bagaimana cara melakukan penguatan daya tahan tubuh, dari dalam jiwa-raga per-individu. Di situ protokol kesadaran berkait strategi gerakan perlawanan bersama-sama

yang paling penting menumbuhkan kesadaran diri-sendiri. Menjaga kesehatan tubuh dengan perilaku dan makanan bermutu. Tak harus mahal, malah jauh lebih murah dan mudah. Menjaga produktivitas daya imun, berolahraga, bersosialisasi, bergotong-royong, berkesenian, bergembira, jangan lupa bahagia.

Jadi, jangan salahkan adaptasi kebiasaan baru-nya, namun lakukan evaluasi. Sudahkah Anda memakai masker kain yang bersih ketika berada di luar rumah? Bawa juga masker cadangan karena masa pakainya maksimal hanya 4 jam. Selalu jaga kebersihan tangan dengan memakai hand sanitizer atau cuci tangan di bawah air mengalir dan sabun antiseptik. Karena dengan penerapan protokol kesehatan dengan baik merupakan cara efektif cegah penularan Covid-19.

Anda tentu tidak mau hal ini terjadi, oleh karena itu selalu taati protokol kesehatan. Selain harus rajin menjaga higienitas, ikutilah swap test yang sering diadakan oleh pemerintah. Karena jika memang hasilnya positif, akan lebih cepat diobati, sebelum semuanya terlambat dan malah kehilangan nyawa karena Covid-19.

Karena virus covid-19 masih ada, jadi jangan teledor dan meremehkannya. Di era adaptasi kebiasaan baru ini justru kita wajib meningkatkan kewaspadaan dan tetap jaga kebersihan. Mari Berjuang bersama lawan penyebaran Covid-19 dengan menyukseskan Era Adaptasi Kebiasaan Baru.

Baca Lainnya

Aturan Turunan UU Cipta Kerja Memperbanyak Lapangan Kerja Baru

Oleh : Yasin Aturan turunan UU Cipta kerja yang baru akan membuka lapangan kerja baru....

8 Maret 2021, 02:07 WIB

Masyarakat Merespons Positif Vaksinasi Mandiri

Oleh : Deka Prawira Pemerintah telah menerbitkan aturan mengenai pelaksanaan program vaksin Covid-19 secara mandiri...

8 Maret 2021, 01:48 WIB

PON XX 2021 di Papua Memperkuat Persatuan Indonesia

Oleh: Siska Amelia (Warganet Kota Tangerang) Pertandingan ataupun perlombaan cabang olahraga merupakan salah satu cara...

7 Maret 2021, 20:56 WIB

Ketum BPI KPNPA, Rahmad Sukendar, Berpotensi Jabat Dewas KPK

Jakarta – Ketua Umum Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia...

Ketum (BPI-KPNPA) Rahmad Sukendar, SH

7 Maret 2021, 18:30 WIB

Disiplin Prokes dan Vaksinasi Solusi Ampuh Hadapi Varian Baru Virus Corona

Oleh : Zainudin Zidan Mutasi Virus Corona baru B117 asal Inggris telah masuk ke Indonesia....

7 Maret 2021, 08:46 WIB

UU Cipta Kerja Mudahkan Pelayanan Publik

Oleh : Putu Raditya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) berupaya untuk...

6 Maret 2021, 18:36 WIB

loading...