Sabtu, 19 September 2020 - 17:47 WIB

KPU Pasaman Bakal Uji Publik Tingkat Kejorongan

Pasaman, –  KPU Kabupaten Pasaman melaksanakan diskusi uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) dalam Pemilihan serentak 2020  hingga tingkat Kejorongan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Pasaman Rodi Andermi saat Konferensi Pers dan uji publik dengan awak media di Media Center KPU Pasaman, Sabtu, (19/9/20).

“Substansi uji publik paling besar ini memang di tingkat kejorongan. Kami bakal terjun ke lapangan untuk memastikan uji publik ini sukses dan sesuai target,” kata Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi didampingi Eria Candra dan Taufiq serta Kasubag Program dan Data, Rosihan Anwar.

Data pemilih dalam DPS saat ini berdasarkan alamat di dalam KTP elektroniknya. Hal ini sesuai dengan PKPU Nomor 19 tahun 2019.

KPU Pasaman melaunching pengumuman dan diskusi uji publik DPS Pemilihan serentak 9 Desember 2020 yang telah diplenokan sebelumnya, DPS Pasaman tercatat 192.639 pemilih.

Uji publik langsung dilakukan bersama awak media Pasaman. Satu per satu awak media dicek keabsahan datanya. Apakah terdaftar dalam DPS atau ada data yang salah untuk diperbaiki.

“Kita juga bakal menayangkan kepada umum berkas-berkas DPS ini, apakah itu per TPS atau jorong yang direncanakan. Target kita dimanapun ada akses publik yang bisa diakses maka disitu bakal ditayangkan DPS,” tambah Rodi Andermi.

Komisioner Taufiq juga menambahkan, sebelum ditetapkan sebagai DPT, DPS melewati lima tahapan. Mulai dari launching DPS, pengumuman, uji publik, sosialisasi hingga tanggapan masyarakat atas DPS ini.

Perihal DPS, merupakan tanggungjawab semua lini dan stakeholder serta segenap lapisan masyarakat. Tidak saja KPU, melainkan juga pihak terkait seperti pasangan calon, tim sukses hingga pemerintah.

Bahkan, KPU Pasaman bakal memberikan reward kepada jajarannya, relawan demokrasi untuk yang bisa meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melihat dan mengecek keabsahan DPS melalui cara-cara yang menarik.

“Jadi, kita meminta relawan demokrasi untuk memunculkan ide kreatif mereka agar DPS ini ‘dilirik’ masyarakat. Selain itu, kami juga meminta awak media bisa melakukan hal serupa dengan cara tersendiri,” terang Taufiq.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

loading...
Baca Lainnya

Kabaharkam Polri Beri Pembekalan di Apel Kasatwil 2020, Ini yang Disampaikan

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memberikan pembekalan kepada...

25 November 2020, 22:12 WIB

Laksanakan Apel, Polsek Balaraja dan Muspika Siap Gencarkan Operasi Yustisi

TANGERANG – Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel persiapan pelaksanaan Operasi Yustisi, Rabu...

25 November 2020, 21:39 WIB

Camat dan Kapolsek Tigaraksa Serahkan Bantuan Sembako untuk Warga

TANGERANG – Kapolsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten Kompol Sumaedi mendampingi Camat Tigaraksa Rahyuni menyerahkan...

25 November 2020, 21:30 WIB

Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Cikupa Apel Operasi Yustisi

TANGERANG – Jajaran Polsek Cikupa Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel Operasi Yustisi, Selasa (24/11/2020)....

25 November 2020, 21:22 WIB

Kapolresta Tangerang Ikuti Apel Kasatwil Secara Virtual, Siap Tegakkan Prokes

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengikuti Apel Kepala Satuan Wilayah...

25 November 2020, 18:10 WIB

Kapolres Majalengka Terima Silaturahmi dan Penghargaan Angkatan Muda Muhammadiyah

MAJALENGKA – Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso didampingi KBO Sat Intelkam IPDA Adeng Menerima...

25 November 2020, 17:48 WIB

loading...