Kamis, 8 Oktober 2020 - 14:43 WIB

 Ketua DPRD Pasaman Bustomi memimpin Rapat Paripurna istimewa, Kamis (8/10/20).

Ketua DPRD Pasaman Bustomi memimpin Rapat Paripurna istimewa, Kamis (8/10/20).

DPRD Paripurna Istimewa Hari Jadi Pasaman, Ini yang Dibahas

Pasaman, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman melaksanakan rapat paripurna istimewa ke-24 dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pasaman yang ke-75 di gedung Syamsiar Thaib, Kamis (8/10/20).

Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Pasaman Bustomi didampingi Wakil Ketua DPRD, Danny Ismaya dan Yasri, dihadiri Gubernur Sumatera Barat diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, dan anggota DPRD Pasaman.

Kemudian Forkompimda, Sekda Mara Ondak, Staf Ahli, Asisten, kepala OPD, kepala instansi vertikal, Pimpinan BUMN, BUMD, Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Pasaman, Bamus, KAN, tokoh masyarakat Pasaman, Ninik Mamak, Alim Ulama, Bundo Kandung, Ormas dan awak media.

Menurut Ketua DPRD Pasaman Bustomi pelaksanaan peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasaman merupakan momen ulang tahun seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman.

Bustomi menyebutkan, selama 75 tahun usia Kabupaten Pasaman, banyak sudah pengalaman dan dinamika yang telah dilalui. Berbagai situasi kdihadapi, Alhamdulillah mampu dijalani dan dilaksanakan dengan baik.

“Kita patut berbangga dan bahagia, dalam kurun waktu 75 Tahun, kota mampu membangun dan mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan yang kuat, sehingga keaneka-ragaman suku, bahasa dan budaya serta adat istiadat yang ada di Kabupaten Pasaman, yang terikat kuat dalam pengawasan keutuhan dan persatuan, menjadi sebuah potensi yang dapat didayagunakan secara optimal, sekaligus sebagai modal dasar kita dalam membangun daerah Pasaman,” katanya.

Bustomi mengajak melalui Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pasaman ke-75, semua pihak dapat menjadikan momen HUT Pasaman untuk menggugah kesadaran, sekaligus untuk berintrospeksi, serta merenung tentang apa yang telah dan akan diperbuat untuk Kabupaten Pasaman, dengan menelaah berbagai hambatan dan tantangan yang akan hadapi kedepan.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis dalam sambutannya menyampaikan beberapa capaian kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman selama kepemimpinan beliau dengan Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama.

“Rapat paripurna dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Pasaman ke-75 hari ini sebagai wujud penghargaan dan kepedulian kita untuk Kabupaten Pasaman yang lebih baik. Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasaman tahun 2020 yang kita laksanakan ini adalah terakhir masa kepemimpinan kami Yusuf Lubis – Atos Pratama,” ungkap bupati.

Foto bersama Bupati Pasaman, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, dan Forkopimda usai rapat paripurna di HUT Pasaman, Kamis (8/10/20).

Selama 5 tahun kepemimpinan periode 2016 – 2021 banyak capaian yang telah diraih dalam membangun Kabupaten Pasaman. Sejak dilantik Februari 2016, Yusuf Lubis dan Atos Pratama, langsung merumuskan dan menetapkan RPJMD bersama DPRD melalui Perda Nomor 10 Tahun 2016 dan telah dilakukan revisi atau perubahan dengan ditertibkannya Perda Nomor 13 Tahun 2018.

“Kita ingin terwujudnya masyarakat Pasaman yang sejahtera, agamis dan berbudaya”, katanya.

Pada misi keagamaan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman telah menyelesaikan pembangunan Islamic Centre di Lubuk Sikaping yang akan diresmikan bertepatan dengan Hari Jadi Pasaman, akan digunakan sebagai wadah, sarana dan pusat kegiatan serta kajian agama Islam yang akan terus dimanfaatkan dalam menggemakan syiar Islam di Pasaman.

“Pada bidang kesehatan, mulai tahun 2019 seluruh masyarakat Pasaman telah kita jamin pelayanan kesehatannya melalui BPJS. Seluruh warga Pasaman telah dijamin pelayanan kesehatannya, dan langsung mendapatkan kartu BPJS,” jelas bupati.

Dijelaskan Bupati, telah banyak upaya dilakukan dalam peningkatkan pertumbuhan ekonomi, baik dari sisi investasi, sektor UMKM dan percepatan realisasi APBD sehingga tingkat pertumbuhan ekonomi pasaman kembali membaik pada tahun 2017 dan 2018.

Tidak hanya itu saja, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman dibawah kepemimpinan Yusuf Lubis dan Atos Pratama, juga melakukan peningkatan konektifitas Kabupaten Pasaman ke daerah tetangga, yaitu Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Mandailing Natal, dan Kabupaten 50 Kota.

“Khusus untuk Bonjol – Suliki, pada tahun 2018 lalu telah dilakukan studi kelayakan. Pada prinsipnya tidak ada permasalahan, namun pada ruas jalan di Kabupaten 50 Kota berada pada kawasan cagar alam tentunya membutuhkan proses dan pengkajian yang lebih panjang,” ujarnya.

Menurut Bupati, dengan terbukanya konektivitas akan dapat membantu peningkatan perekonomian masyarakat dalam nilai tukar petani terutama pemasaran komoditi pertanian, perikanan, perkebunan yang lebih bersaing dan biaya operasional yang lebih murah.

Kemudian tahapan penyusunan APBD Kabupaten Pasaman Tahun 2021 meski kondisi pandemi Covid-19, namun tetap berjalan sesuai penjadwalan dan ditargetkan akan dapat dipakati dengan DPRD paling lambat bulan November 2020, sehingga akan mendukung percepatan pelaksanaan program dan kegiatan 2021 mendatang,  terutama pembangunan insfratruktur untuk dapat dilakukan proses lelang pada bulan Desember 2020.

Mengakhiri sambutannya, Yusuf Lubis mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Pasaman ke-75. “Kepada seluruh masyarakat Pasaman, baik yang berdomisili di Pasaman maupun masyarakat kita yang ada di perantauan. Mari kita terus berusaha dan berkarya dalam membangun Pasaman yang kita cintai ini,” pungkas Bupati Pasaman Yusuf Lubis.

Artikel ini telah dibaca 142 kali

loading...
Baca Lainnya

Ini Kejanggalan Kasus Sertifikat Ganda BPD Bali di Jalan Gadung

Denpasar – Sertifikat ganda dalam kasus Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali dalam satu lokasi muncul...

Ilustrasi.

5 Desember 2020, 17:05 WIB

23 Advokat Baru KAI Bali, Lutfi Yazid : Janji Suci Antara Rakyat dan Negara

Denpasar – Sebanyak 23, diangkat menjadi advokat anggota Kongres Advokat Indonesia (KAI) Dewan Pimpinan Daerah...

Prosesi pengangkatan advokat KAI.

5 Desember 2020, 16:38 WIB

Kapolda Aceh Layak Pimpin POLRI

BANDA ACEH-DelikNews Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada, sangat layak pimpin Polri menggantikan Kapolri Idham...

5 Desember 2020, 15:48 WIB

Ketua DPD RI Laporkan 4 Wilayah Layak Dimekarkan Jadi Provinsi, Ala Tak Masuk

DelikNews-Jakarta (04/12/2020)- Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti melakukan rapat konsultasi bersama Wapres Ma’runf...

5 Desember 2020, 15:44 WIB

Dirkrimsus Polda Aceh akan Gelar Perkara Dugaan Kasus Korupsi Makan Minum Karantina Hafizh 2019

(BANDA ACEH)|-DelikNews Terkait perkembangan  Penyelidikan dugaan korupsi Makan minum Karantina Hafizh Tahun Anggaran 2019 yang...

5 Desember 2020, 15:39 WIB

Sidang Lapangan Kasus Anaya Villa & Resort di Pecatu, Pengembang Mangkir

Badung – Sidang lapangan sengketa  Anaya Villa & Resort, gugatan perdata bernomor 18/pdt.g/2020/PN.DPS terhadap I...

Sidang lapangan kasus proyek Vila Anaya Pecatu, dipimpin majelis hakim I Made Pasek SH. MH., (dua kiri), Wayan

5 Desember 2020, 10:05 WIB

loading...