Sabtu, 17 Oktober 2020 - 20:40 WIB

Mendukung Penanganan Covid-19 Demi Indonesia Maju dan Sehat

Oleh: Ricky Subagja (Ketua Forum Pegiat Media Sosial Independen Regional Kabupaten Tangerang)

Pandemi Covid-19 saat ini sedang rumit diperbincangkan dan menimbulkan berbagai macam kekhawatiran sehingga berbagai macam tindakan pun dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut, terlebih penyebarannya begitu cepat. Tahun 2020 ini menjadi tahun yang mengkhawatirkan seluruh negara, tanpa terkecuali Negara Indonesia akibat munculnya pandemi Covid-19 tersebut.

Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk terus menaati protokol kesehatan. Pelonggaran pembatasan yang dilakukan di sejumlah daerah bukan berarti ancaman Covid-19 telah mereda. Sebaliknya, kurva kasus positif terkahir berada dalam tren peningkatan dan beberapa kali mencatatkan angka tertinggi pada Oktober ini.

Pemerintah terus berupaya menekan angka penyebaran virus Covid-19 di Indonesia tetapi tidak mengorbankan kepentingan masyarakat juga. Seperti contohnya, pemerintah melarang penerapan lockdown di daerah. Menurut Presiden Jokowi, lockdown yang dilakukan di wilayah dapat mengorbankan kehidupan masyarakat itu sendiri.

Oleh karena itu, pemerintah berupaya maksimal menangani pandemi Covid-19 dengan mencari titik keseimbangan antara kepentingan kesehatan masyarakat dan kepentingan ekonomi.

Publik jangan beranggapan pemerintah bersikap tidak konsisten terkait penyesuaian kebijakan di tengah pandemi Covid-19, karena pandemi Covid-19 merupakan masalah baru yang terjadi di seluruh negara di dunia. Pemerintah selalu menerapkan peraturan berdasarkan kondisi terkini sehingga hasilnya tidak kontraproduktif.

Pemerintah secara nyata hadir dalam melindungi dan menjamin keselamatan setiap warga dengan sekuat tenaga, seperti penyaluran bantuan sosial yang beragam, bantuan kepada UMKM, dan upaya kesehatan lainnya. Upaya pemerintah tersebut patut mendapat dukungan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Karena hanya dengan bersatu, produktif, dan bersinergi, bangsa Indonesia bisa mengatasi pandemi Covid-19 maupun dampak yang ditimbulkannya.

Sekarang, saatnya masyarakat bersatu padu mendukung kebijakan pemerintah agar berjalan lancar. Dukungan yang bisa diberikan, yaitu dengan melawan hoaks dan konten negatif seputar upaya penanganan pandemi Covid-19. Di sisi lain, meliterasi masyarakat agar tidak terprovokasi oleh oknum-oknum yang memanfaatkan momen pandemi demi kepentingan pribadi.

Artikel ini telah dibaca 116 kali

loading...
Baca Lainnya

Waspada KAMI Membohongi Rakyat

Oleh : Raavi Ramadhan Masyarakat sudah sangat lelah menghadapi KAMI karena tak henti-hentinya menebar sensasi....

31 Oktober 2020, 22:58 WIB

Program Vaksinasi Harapan Baru di Masa Pandemi

Oleh : Zainudin Zidan Program vaksinasi di Indonesia rencana dilaksanakan dalam waktu dekat. Rencana ini...

31 Oktober 2020, 22:25 WIB

UU Cipta Kerja Mempermudah Perizinan Usaha

Oleh : Angga Gumilar DPR baru saja mengesahkan Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) sebagai salah...

31 Oktober 2020, 16:51 WIB

Pilbup Sidoarjo, Bakal Wujudkan Swasembada Pangan, Cabup Bambang Haryo Serius Perhatikan Nasib Petani

Sidoarjo – Calon Bupati Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS) terus melakukan safari politiknya dengan terjun...

31 Oktober 2020, 02:44 WIB

Dukung Otsus untuk Masa Depan Pemuda Papua

Oleh : Abner Wanggai Otonomi khusus akan diperpanjang selama 20 tahun ke depan. Seluruh warga...

30 Oktober 2020, 22:10 WIB

Mewaspadai Klaster Keluarga Selama Libur Panjang

Oleh : Rahmat Siregar Di akhir bulan Oktober, masyarakat Indonesia menikmati libur panjang sejak 28...

30 Oktober 2020, 21:21 WIB

loading...