Sabtu, 17 Oktober 2020 - 20:40 WIB

Mendukung Penanganan Covid-19 Demi Indonesia Maju dan Sehat

Oleh: Ricky Subagja (Ketua Forum Pegiat Media Sosial Independen Regional Kabupaten Tangerang)

Pandemi Covid-19 saat ini sedang rumit diperbincangkan dan menimbulkan berbagai macam kekhawatiran sehingga berbagai macam tindakan pun dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut, terlebih penyebarannya begitu cepat. Tahun 2020 ini menjadi tahun yang mengkhawatirkan seluruh negara, tanpa terkecuali Negara Indonesia akibat munculnya pandemi Covid-19 tersebut.

Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk terus menaati protokol kesehatan. Pelonggaran pembatasan yang dilakukan di sejumlah daerah bukan berarti ancaman Covid-19 telah mereda. Sebaliknya, kurva kasus positif terkahir berada dalam tren peningkatan dan beberapa kali mencatatkan angka tertinggi pada Oktober ini.

Pemerintah terus berupaya menekan angka penyebaran virus Covid-19 di Indonesia tetapi tidak mengorbankan kepentingan masyarakat juga. Seperti contohnya, pemerintah melarang penerapan lockdown di daerah. Menurut Presiden Jokowi, lockdown yang dilakukan di wilayah dapat mengorbankan kehidupan masyarakat itu sendiri.

Oleh karena itu, pemerintah berupaya maksimal menangani pandemi Covid-19 dengan mencari titik keseimbangan antara kepentingan kesehatan masyarakat dan kepentingan ekonomi.

Publik jangan beranggapan pemerintah bersikap tidak konsisten terkait penyesuaian kebijakan di tengah pandemi Covid-19, karena pandemi Covid-19 merupakan masalah baru yang terjadi di seluruh negara di dunia. Pemerintah selalu menerapkan peraturan berdasarkan kondisi terkini sehingga hasilnya tidak kontraproduktif.

Pemerintah secara nyata hadir dalam melindungi dan menjamin keselamatan setiap warga dengan sekuat tenaga, seperti penyaluran bantuan sosial yang beragam, bantuan kepada UMKM, dan upaya kesehatan lainnya. Upaya pemerintah tersebut patut mendapat dukungan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Karena hanya dengan bersatu, produktif, dan bersinergi, bangsa Indonesia bisa mengatasi pandemi Covid-19 maupun dampak yang ditimbulkannya.

Sekarang, saatnya masyarakat bersatu padu mendukung kebijakan pemerintah agar berjalan lancar. Dukungan yang bisa diberikan, yaitu dengan melawan hoaks dan konten negatif seputar upaya penanganan pandemi Covid-19. Di sisi lain, meliterasi masyarakat agar tidak terprovokasi oleh oknum-oknum yang memanfaatkan momen pandemi demi kepentingan pribadi.

Artikel ini telah dibaca 133 kali

Baca Lainnya

Rizieq Shihab Harus Mengembalikan Tanah PTPN

Oleh : Zakaria Rizieq Shihab dan FPI seenaknya mencaplok tanah dan mendirikan bangunan di atasnya....

27 Februari 2021, 16:38 WIB

UU Cipta Kerja Cegah Korupsi di Pengadaan Barang dan Jasa

Oleh : Lisa Pamungkas Aturan turunan UU Cipta Kerja telah disahkan, dan UMKM bisa ikut...

27 Februari 2021, 14:06 WIB

Gunakan PAI sebagai Instrumen Diseminasi Moderasi Beragama

Kementerian Agama tengah menggalakkan penguatan moderasi beragama di segala layanan keagamaan, termasuk pendidikan. Wakil Menteri...

27 Februari 2021, 00:56 WIB

PPKM Mikro Efektif Mengendalikan Covid-19

Oleh : Alfisyah Dianasari Pemerintah terus berupaya untuk menurunkan angka kasus positif demi mengendalikan pandemi...

27 Februari 2021, 00:49 WIB

19 Tahun Menunggu Lahan Usaha II, Warga Transmigran Sumber Rejo Minta BPN Bartim Berikan Jawaban

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Warga transmigran Desa Sumber Rejo Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito...

26 Februari 2021, 18:23 WIB

Mengapresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Oleh : Sindi khairudin Presiden Jokowi baru saja meresmikan Bendungan Napun Gette di NTT. Selain...

24 Februari 2021, 22:41 WIB

loading...