Senin, 19 Oktober 2020 - 11:43 WIB

Pentingnya Kesadaran Kaum Muda Mendukung Suksesnya Penanganan Covid-19

Oleh: Sidiq Permana (Ketua Forum Pegiat Media Sosial Independen Regional Kota Sidoarjo)

Generasi muda adalah masa yang paling optimal untuk menciptakan sebuah perubahan, karena mereka mempunyai energi yang paling besar, kesempatan yang banyak, serta visi idealisme tentang perubahan yang tinggi. Maka wajar, jika para pemuda yang menjadi agen penggerak di hampir setiap perubahan besar di dunia ini.

Jika kita mengingat perkataan Bung Karno tentang hakikat generasi muda, “beri saya 10 pemuda, maka aku akan guncangkan dunia”, telah meneguhkan kembali akan peran besar pemuda di setiap masanya. Dari era revolusi kemerdekaan menuju reformasi hingga era milenial yang saat ini telah memasuki kehidupan Adaptasi Kebiasaan Baru, maka peran penting pemuda dalam mengusung perubahan sebagai garda terdepan dalam mengampanyekan gerakan penanggulangan pandemi Covid-19 senantiasa ditunggu oleh segenap jiwa manusia dimanapun dibelahan dunia ini.

Kini wajah dunia memang sudah mulai berubah, di kehidupan Adaptasi Kebiasaan Baru saat ini, pemuda yang kerap disebut sebagai generasi milenial sebenarnya sangat mudah menggerakkan opini tentang kesehatan, mereka dapat dengan mudah menyebarluaskan info tentang protokol kesehatan melaui kanal-kanal media sosial yang ada.

Maka dari itu, posisi pemuda dengan perannya sebagai social control saat ini sangat dibutuhkan kehadirannya, dengan berbagai macam ide gerakan dan inovasi kegiatan terkait pencegahan atau kampanye promosi kesehatan akan sangat bermanfaat guna menghalau terjadinya ledakan kasus Covid-19.

Generasi milenial punya cara tersendiri yang dinilai lebih efektif untuk memberikan sebuah informasi. Selain itu, milenial dinilai dapat berpikir kritis dalam segala situasi, dalam hal ini pemuda dapat bersosialisasi dengan baik dan benar di tengah situasi genting seperti sekarang. Mereka dapat memberikan edukasi dengan cara yang menarik kepada masyarakat.

Dengan semangat juang para generasi milenial, ayo sukseskan berbagai program penanggulangan Covid-19 nasional melalui langkah literasi dan edukasi guna mendukung keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 tersebut. Selain itu, dengan suksesnya Adaptasi Kebiasaan Baru dapat mewujudkan optimisme dan produktivitas masyarakat di tengah kondisi pandemi.

Artikel ini telah dibaca 126 kali

loading...
Baca Lainnya

Masyarakat Apresiasi Pembangunan Jalan Trans Papua

Oleh : Rebecca Marian Pembangunan di Papua sangat diapresiasi oleh masyarakat. Mereka merasa lebih maju...

25 November 2020, 20:04 WIB

Masyarakat Menolak Safari Habib Rizieq di Daerah

Oleh : Abdul Rahman Terjadi banyak penolakan terhadap safari ceramah yang akan dihadiri oleh Habib...

25 November 2020, 15:09 WIB

Hoax UU Cipta Kerja Hambat Pemulihan Ekonomi

Oleh : Alfisyah Dianasari UU Cipta Kerja lahir dengan banyak penolakan dari buruh dan masyarakat...

25 November 2020, 14:57 WIB

Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 Halal

Oleh : Edi Jatmiko Sebentar lagi vaksin covid-19 akan diluncurkan di indonesia. Masyarakat tak perlu...

25 November 2020, 14:43 WIB

UU Cipta Kerja Bantu Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi

Oleh : Alfisyah Dianasari Pemulihan ekonomi menjadi fokus pemerintah di masa pandemi. Memang tak hanya...

24 November 2020, 23:25 WIB

PT LIB Bertemu Kabaharkam Polri, Liga 1 dan 2 Siap Digelar Februari 2021

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, menerima audiensi dari...

24 November 2020, 22:42 WIB

loading...