SMPN 2 Bonjol Juara Terbaik Peduli Lingkungan dan Karya Kreatif

SMPN 2 Bonjol menerima penghargaan peduli lingkungan dan pengelolaan barang bekas dari Camat Bonjol

Pasaman, – Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Pemerintah Kecamatan Bonjol dibawah pimpinan Afnita melaksanakan lomba peduli lingkungan dan pengelolaan barang bekas tingkat Kecamatan Bonjol.

Lemba diikuti oleh sekolah tingkat SLTP se Kecamatan Bonjol. Akhirnya SMPN 2 Bonjol berhasil meraih juara satu peduli lingkungan dan pemanfaatan barang bekas.

Keterbatasan dana dan lahan tidak menjadi penghalang bagi SMPN 2 Bonjol untuk menjadi yang terbaik. Kali ini sekolah itu mengolah pagar sekolah dengan melakukan pengecatan.

“Dari hasil musyawarah kami sepakat untuk mengikuti lomba peduli lingkungan mengolah dinding pagar. Akhirnya berkat ilmu yang dimiliki oleh guru Seni Budaya dan bekerja sama dengan siswa kreatif melukis lahirlah sebuah perubahan dan inovasi di lingkungan SMP N 2 Bonjol, dan memperoleh juara 1 untuk peduli lingkungan dan pengelolaan barang bekas,” kata Kepala SMPN 2 Bonjol Eli Putriana, Kamis (22/10/20).

Baca juga: SMPN 2 Bonjol Berbagi Kepada Siswa Kurang Mampu

Hebat, SMPN 2 Bonjol Terbitkan Buku Senandung Literasi

Eli Putriana bangga akan hasil yang diperoleh dengan keterbatasan yang ada, namun berkat kekompakan maka terbangun inovasi yang menggeliat.

“Awalnya kita akan menyerah tidak ikut karena keterbatasan lahan untuk diolah, namun dengan musyawarah akhirnya lahirlah sebuah kerjasama yang luar biasa untuk maju bersama dan bekerja bersama,” ujarnya.

Dikatakannya, pandemi ini tidak mengurangi semangat untuk berbuat membawa sekolah  mengukir prestasi.

“Usaha tidak akan menghianati hasil, berusaha dengan ikhlas itu buahnya manis. Semoga kedepan bisa saling bersinergi untuk berinovasi. Kita juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan dan Ibu Camat yang telah mensukseskan lomba tersebut,” tukasnya.

Sementara menurut Camat Bonjol Afnita, SMPN 2 Bonjol cukup aktif mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Bonjol.

“Cukup banyak peserta yang ikut dari SMPN 2 Bonjol. Hasil penilaian tim penilai dari Dinas DLHPRKP Pasaman, Dinas Pendidikan Pasaman dan Camat Bonjol, aksi Peduli Lingkungan oleh siswa SMPN 2 Bonjol cukup menarik,” katanya.

Afnita juga mengakui bahwa SMPN 2 Bonjol dengan kondisi lingkungan terbatas, namun bisa merubah didinding sekolah sebelumnya biasa saja menjadi lebih atraktif dan menarik. Demikian juga hasil karya pemanfaatan barang bekas, ternyata sekolah itu telah membiasakan siswa-siswi nya untuk terus berkarya memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang kembali bermanfaat.

“Tujuan pelaksanaan lomba sebagai upaya pelestarian lingkungan dengan mengajak generasi muda yakni anak sekolah dari TK, SD sampai SLTA untuk bisa lebih peduli terhadap lingkungannya,” ujar Afnita.

Afnita berharap kegiatan itu dapat terus dikembangkan dalam mengatasi kerusakan-kerusakan lingkungan akibat perilaku manusia. “Melalui siswa-siswi kita harapkan mereka bisa memulainya di sekolah dan menularkannya kepada masyarakat untuk bisa lebih peduli dengan lingkungan dan terus menjaga lingkungan agar tetap lestari,” harap Camat Bonjol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.