Selasa, 3 November 2020 - 14:37 WIB

Ir. Ketut Arya Utama, M.Si, Plt Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distanpangan) Provinsi Bali.

Ir. Ketut Arya Utama, M.Si, Plt Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distanpangan) Provinsi Bali.

Sapi Bali Potensi Tersembunyi Saat Pandemi

Denpasar – Tidak dipungkiri ketika hari besar umat muslim, Sapi Bali menjadi idola. Selain ukurannya ideal, dagingnya juga sangat diminati. Bahkan disebut-sebut akan permintaan pasar untuk sapi bali dikatakan sangat tinggi. Sayang, potensi luar biasa ini menjadi tersembunyi. Dikabarkan hanya segelintir pengusaha terjun dalam peternakan sapi skala besar.

Berdasarkan data, populasi sapi Bali baru tercatat hanya 580 ribu ekor. Sehingga kuota pengiriman Sapi Bali potong dibatasi hanya 50 ribu ekor per tahun guna menjaga stabilitas ketersediaan stok.

“Populasi saat ini ada sekitar 580 ribu ekor. Sapi Bali sangat diminati terutama saat hari raya Idul Adha. Permintaan dari Jakarta dan sekitarnya,” terang Ir. Ketut Arya Utama, M.Si, Plt Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distanpangan) Provinsi Bali, Selasa (3/11).

“Pengiriman ke luar darah dibatasi. Tahun ini pengiriman hanya 50 ribu ekor. Sementara untuk bibit hanya 5 ribu ekor diperbolehkan. Dari semua komiditas saat pandemi Covid -19 hanya permintaan Sapi Bali yang tidak ada penurunan,” paparnya.

Saat ini, terang Ketut Arya Utama lebih lanjut, Pemerintah Provinsi dan Pusat telah sedang merealisasi program peningkatan populasi Sapi Bali melalui program SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri). Hingga November 2020 ini telah terealisasi 115 persen inseminasi dari target 60 ribu ekor.

“Sebenarnya target awal kita 65 ribu, namun akibat Covid-19 dirasionalisasi menjadi 60 ribu. Selain bantuan inseminasi (kawin suntik, red) Pemerintah juga memberikan bantuan bibit indukan sebanyak 200 ekor untuk masyarakat tersebar di Buleleng, Bangli, Gianyar, Tabanan, Badung, Karangasem dalam tahun ini,” ujarnya.

Kepala Seksi Pakan Distanpangan Bali, AA Istri Intan Wiradewi menambahkan, produksi Sapi di Bali masih didominasi perternakan rumahan. Pemeliharaan Sapi di Bali katanya masih menjadi usaha sampingan Petani, belum banyak peternakan masyarakat yang dilakukan dalam skala besar.

Pakan Sapi, ungkapnya, relatif sangat mudah didapat. Berbagai jenis hijauan (rerumputan atau tumbuhan rambat) dapat dijadikan pakan. Termasuk jerami kering pun dapat dijadikan pakan setelah difermentasikan. Pakan ini biasanya diberikan saat musim kemarau saat sulit mendapatkan hijauan.

“Normalnya pertumbuhan berat badan (ternak Sapi) 0.8 kg per hari. Peternak kalau ingin beternak low cost (rendah biaya), manfaatkan pakan yang ada dengan pengolahan,” ujarnya.

Saat ini produksi Sapi Bali untuk memenuhi kebutuhan Sapi potong, juga dikirim sejumlah kecil untuk menyuplai kebutuhan bibit untuk daerah lain, salah satunya Kalimantan. Namun Bali sendiri melarang jenis Sapi lain masuk. Hal ini guna melindungi kemurnian Sapi Bali yang khas hasil domestifikasi Banteng Bali.

Untuk pelaku usaha pengiriman Sapi Bali potong, singgung Intan Dewi, pengusaha wajib memiliki izin dari Gubernur Bali melalui Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu. Untuk mendapatkan izin, terangnya, pelaku usaha wajib mendapatkan rekomdasi terknis terlebih dahulu dari Distanpangan Provinsi Bali dan pengeluaran Sapi wajib dalam kondisi sehat dinyatakan oleh dokter hewan yang ditunjuk.

Artikel ini telah dibaca 110 kali

loading...
Baca Lainnya

Ini Kejanggalan Kasus Sertifikat Ganda BPD Bali di Jalan Gadung

Denpasar – Sertifikat ganda dalam kasus Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali dalam satu lokasi muncul...

Ilustrasi.

5 Desember 2020, 17:05 WIB

23 Advokat Baru KAI Bali, Lutfi Yazid : Janji Suci Antara Rakyat dan Negara

Denpasar – Sebanyak 23, diangkat menjadi advokat anggota Kongres Advokat Indonesia (KAI) Dewan Pimpinan Daerah...

Prosesi pengangkatan advokat KAI.

5 Desember 2020, 16:38 WIB

Kapolda Aceh Layak Pimpin POLRI

BANDA ACEH-DelikNews Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada, sangat layak pimpin Polri menggantikan Kapolri Idham...

5 Desember 2020, 15:48 WIB

Ketua DPD RI Laporkan 4 Wilayah Layak Dimekarkan Jadi Provinsi, Ala Tak Masuk

DelikNews-Jakarta (04/12/2020)- Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti melakukan rapat konsultasi bersama Wapres Ma’runf...

5 Desember 2020, 15:44 WIB

Dirkrimsus Polda Aceh akan Gelar Perkara Dugaan Kasus Korupsi Makan Minum Karantina Hafizh 2019

(BANDA ACEH)|-DelikNews Terkait perkembangan  Penyelidikan dugaan korupsi Makan minum Karantina Hafizh Tahun Anggaran 2019 yang...

5 Desember 2020, 15:39 WIB

Sidang Lapangan Kasus Anaya Villa & Resort di Pecatu, Pengembang Mangkir

Badung РSidang lapangan sengketa  Anaya Villa & Resort, gugatan perdata bernomor 18/pdt.g/2020/PN.DPS terhadap I...

Sidang lapangan kasus proyek Vila Anaya Pecatu, dipimpin majelis hakim I Made Pasek SH. MH., (dua kiri), Wayan

5 Desember 2020, 10:05 WIB

loading...