Jumat, 6 November 2020 - 14:54 WIB

Bupati Majalengka Pimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana Alam

MAJALENGKA – Bupati Majalengka Dr.H. Karna Sobahi didampingi Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso dan Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf. Andik Siswanto, Dan Lanud S. Sukani Letkol Pnb.Ricky Helman memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana 2020 di Lapangan Tenis Pendopo Kabupaten Majalengka, Jumat (6/11/2020).

Apel kesiapsiagaan bencana diikuti jajaran TNI, Polri, BPD, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan relawan kebencanaan, apel kesiapsiagaan bencana ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi di Kabupaten Majalengka, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

Adapun tujuannya,  yaitu untuk meningkatkan koordinasi para stakeholder penanggulangan bencana dalam menghadapi bencana alam di musim hujan ini. S

elain itu, untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi puncak musim hujan, serta untuk memberikan pemahaman penanganan bencana kepada para pemangku kepentingan dan relawan.

Sementara itu, Bupati Majalengka Dr.H.Karna Sobahi dalam sambutannya mengatakan, bahwa Kabupaten Majalengka merupakan daerah memiliki banyak potensi.

Namun, di balik itu dari komposisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis, Kabupaten Majalengka menyimpan potensi bencana yang diakibatkan faktor alam maupun nonalam.

Karena itu, lanjutnya, untuk antisipasi terjadi bencana diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran baik pemerintah, swasta, relawan, maupun masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana.

“Seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat, harus tanggap terhadap ancaman bencana. Bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana, tetapi juga pada pra bencana dan pascabencana,” ujarnya.

Menurut Bupati Majalengka, penanggulangan bencana tidak lagi hanya dititikberatkan pada kedaruratan saja, namun upaya pengurangan risiko bencana yang menuntut adanya kesiapsiagaan seluruh pihak.

Untuk itu, melalui kegiatan apel siaga bencana, seluruh pihak diimbau untuk dapat mengoptimalkan upaya mitigasi bencana.

“Kami berharap dengan kegiatan apel kesiapsiagaan menghadapi bencana ini dapat menyadarkan semua komponen masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan dan tetap penanganan terapkan protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19,” paparnya.

“Sehingga dapat mewujudkan Majalengka semakin keren, bersih, hijau, dan bebas banjir,” tutupnya.

Mengakhiri sambutannya Bupati Majalengka mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta apel dan memberikan himbauan kepada Masyarakat Kabupaten Majalengka tetap Patuhi Protokol Kesehatan.

Selanjutnya Bupati Majalengka beserta Pejabat Forkopimda mengecek satu persatu peralatan penanggulangan bencana alam yang digelarkan oleh Polres Majalengka dan BPBD Kabupaten Majalengka.

Artikel ini telah dibaca 125 kali

loading...
Baca Lainnya

Masih Penyidikan Laporan Polisi 2015, Dugaan BPD Bali Palsukan Surat Otentik

Denpasar – Masih proses penyidikan, bisa disampaikan pihak kepolisian terkait pelaporan warga dari tahun 2015...

Ilustrasi

30 November 2020, 11:33 WIB

Cek Kesiapan Haul Virtual, Wakapolda Banten Bagikan Masker ke Jemaah

TANGERANG – Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatary mengecek persiapan pelaksanaan Haul Syeh Abdul Qadir...

29 November 2020, 14:59 WIB

Abuya Uci: Haul Tuan Syekh Digelar Secara Virtual, Masyarakat Saksikan dari Rumah

TANGERANG – Pimpinan Pondok Pesanten Al- Istiqlaiyyah KH Uci Turtusi membatalkan mengundang jamaah dengan memutuskan...

29 November 2020, 14:45 WIB

Kapolresta Tangerang Pimpin apel Kesiapan Pam Haul Syekh Abdul Qadir Jailani

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi melakukan Apel Pengamanan dan Kesiapan...

29 November 2020, 13:45 WIB

Saat Sosialisasi 3M, Polsek Jatitujuh Salurkan Bansos Ke Anak Yatim Piatu

MAJALENGKA – Jajaran Polsek Polres Majalengka bergerak menyalurkan bantuan sembako berupa beras kepada warga yang...

29 November 2020, 13:01 WIB

Polisi Diminta Tindak Bank Mandiri Pembuat Kerumunan

Sumbar, – Masyarakat Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, meminta agar pihak kepolisian menindak tegas dan proses...

29 November 2020, 09:15 WIB

loading...