Minggu, 8 November 2020 - 18:46 WIB

Billy Mambrasar Puji Prestasi Komunitas Mambruk Papua di Kendari

Dalam lawatan ke kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara pada 3-5 November 2020, Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar bangga terhadap Komunitas Mambruk Papua (KOMAPA) atas inisiatif mereka melaksanakan usaha-usaha ekonomi demi kelangsungan operasional komitas, berbaur dengan masyarakat setempat serta melakukan proyeksi lingkungan sebagai bentuk kontribusi mahasiswa Papua selama menempuh studi di kota Kendari.

‘’Saya bangga terhadap adik-adik, di sela-sela kesibukan kalian belajar untuk menggapai cita-cita dan membahagiakan orang tua sebagai seorang sarjana, kalian mau menyisihkan waktu untuk berfikir apa kontribusi kalian untuk kota tempat kalian belajar, kalian mampu beradaptasi dengan masyarakat sekitar bahkan melakukan proyeksi lingkungan dengan menanam bakau dan bakti sosial.

Billy mengatakan, kegiatan-kegiatan sosial dan lingkungan yang telah di lakukan KOMAPA di Kendari, Sulawesi Tenggara ini membuktikan dimanapun anak Papua berada mereka mampu berbaur dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Ketua KOMAPA, Salomina Wambrau dalam kesempatan itu menyatakan KOMAPA terbentuk atas keinginan para mahasiswa/i Papua yang berada di semester akhir banguku kuliah dengan tujuan mengembang diri di empat bidang : ekonomi kewirausaaan, sosial lingkungan, kesehatan dan pendidikan. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan diantaranya : seminar kesehatan, pembuatan masker & hand sanitizer, clean up day (bersih-bersih sampah di kota Kendari) dan pembuatan bibit mangrove di kabupaten Morowali, Sulawesi Tenggara. Sementara itu, untuk memperkenalkan budaya Papua pada semua mahasiswa di kota studi Kendari, KOMAPA juga melaksanakan seminar pengenalan tujuh wilayah adat Papua dan pengaruh perubahan iklim di Pasisfik. Salomina menambahkan dalam menjalankan kegitan-kegitan tersebut kami bekerja sama dengan pihak stakeholuder seperti: dosen, Himpunan Mahasiswa Jurusan, Komunitas Pecinta Alam, PEMKOT Kendari dan PEMDA Kabuaten Morowali, provinsi Sulawesi Tenggara.

Selain itu, Koordinator bidang Pendidikan KOMAPA, Benyamin Wompere pernah mengikuti program Inspirasi “Indonesia Young Leaders Programme” di Selandai Baru selama enam bulan di tahun 2019. Benyamin berharap semua yang didapat di Selandia Baru dapat di aktualisasikan di Indonesia khususnya di Papua.

Mendengar apa yang telah dilakukan oleh ratusan mahasiswa Papua yang tergabung dalam KOMAPA, Staf Khusus Presiden RI dan juga merupakan Duta SDG’s Indonesia, Billy Mambrasar berharap KOMAPA akan menjadi percontohan bagi komunitas anak-anak Papua di Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 147 kali

Baca Lainnya

Masyarakat Indonesia Optimis Lewati Pandemi Covid-19

Oleh : Raavi Ramadhan Pandemi telah kita lewati selama setahun. Badai corona memang sempat memporak-porandakan...

28 Februari 2021, 18:04 WIB

Otsus Berkah bagi Papua

Oleh : Moses Waker Anggaran Otonomi Khusus (Otsus) Papua merupakan berkah bagi provinsi yang berada...

28 Februari 2021, 09:13 WIB

Mendukung Vaksinasi untuk Guru

Oleh : Dodik Prasetyo Para guru akan menjadi sasaran vaksinasi tahap 2. Mereka mendpat giliran...

28 Februari 2021, 08:27 WIB

Rizieq Shihab Harus Mengembalikan Tanah PTPN

Oleh : Zakaria Rizieq Shihab dan FPI seenaknya mencaplok tanah dan mendirikan bangunan di atasnya....

27 Februari 2021, 16:38 WIB

UU Cipta Kerja Cegah Korupsi di Pengadaan Barang dan Jasa

Oleh : Lisa Pamungkas Aturan turunan UU Cipta Kerja telah disahkan, dan UMKM bisa ikut...

27 Februari 2021, 14:06 WIB

Gunakan PAI sebagai Instrumen Diseminasi Moderasi Beragama

Kementerian Agama tengah menggalakkan penguatan moderasi beragama di segala layanan keagamaan, termasuk pendidikan. Wakil Menteri...

27 Februari 2021, 00:56 WIB

loading...