Selasa, 10 November 2020 - 14:27 WIB

Pilbup Sidoarjo, Gelar Aksi, LSM Tuntut Tangkap Aktor Intelektual Kampanye SARA

Sidoarjo – Lembawa Swadaya Masyarakat (LSM) Masyarakat Peduli keadilan, kesejahteraan dan transpransi (Mapekat) Sidoarjo, Selasa (10/11) mendatangi kantor Bawaslu Sidoarjo.

Kedatangan puluhan massa di kantor Bawaslu itu, meminta Bawaslu segera mengeluarkan rekomendasi dugaan pidana pemilu yang dilakukan salah satu tim Paslon Pilbup Sidoarjo di kecamatan Tanggulangin.

Dalam orasinya, mereka mengatakan Bawaslu harus bersikap netral dan menjaga integritas dengan menghormati etika kampanye damai dan bersih yang telah disepakati bersama.

“Kami minta segera Bawaslu mengeluarkan rekomendasi bahwa ini adalah pidana pelanggaran pemilu dan atau dalam rekomendasi tersebut, Bawaslu menyatakan unsur dugaan ujaran kebencian, fitnah, SARA serta intoleransi dalam kehidupan beragama”Ucap Setiyo, orator Aksi.

Dilanjutkan dia, dalam internal Bawaslu selain ada komisioner juga ada penyidik Polri serta penuntut dari kejaksaan.Ucapnya.

Dia mengatakan dalam orasinya, aktor intelektual dibalik kampanye SARA itu harus ditangkap dan diseret ke meja hijau sehingga memberikan effek jera bagi para perusak demokrasi.

“Kami minta, para pihak terkait untuk segera tangkap aktor intelektual yang menciderai demokrasi, dan tidak menghormati toleransi serta hak asasi manusia, karena jika tidak diberikan hukuman, maka Pemilukada yang diharapkan bersih bisa tercoreng”Ucapnya.

Sementara itu, Agung Nugraha SH, komisioner Bawaslu Sidoarjo yang menerima massa aksi mengatakan bahwa ini sifatnya pengaduan pada Panwascam, Bawaslu masih memerlukan kajian lagi dalam waktu 2 hari untuk menemukan adanya unsur pidana fitnah, ujaran kebencian maupun SARA.

“Jika itu didapat maka Bawaslu akan mengeluarkan rekomendasi kepada Kapolres Sidoarjo untuk mengambil tindakan lebih lanjut, mohon bersabar” Ucap Agung, Komisioner Bawaslu Sidoarjo.

Artikel ini telah dibaca 123 kali

loading...
Baca Lainnya

Masyarakat Mengecam Demo Rusuh Papua Merdeka

Oleh : Rebecca Marian Demo yang rusuh di Sorong dan Manokwari menggegerkan wilayah Bumi Cendrawasih...

2 Desember 2020, 11:28 WIB

Vaksin Sinovac Memenuhi Aspek Kehalalan

Oleh : Tasya Camila Vaksin corona sudah dinanti-nanti oleh masyarakat agar pandemi lekas berakhir. Mereka...

1 Desember 2020, 23:09 WIB

Masyarakat Tidak Simpati Ceramah Rizieq Tebar Kebencian

Oleh : Aditya Rahman Di dunia maya sedang viral video ceramah Rizieq Shihab yang mengejutkan....

1 Desember 2020, 20:59 WIB

Eka Putra-Richi Aprian Diminta Tetap Fokus Sampaikan Program Prioritas

Pasangan Eka Putra-Richi Aprian diminta tetap bekerja keras menyampaikan program-programnya ke masyarakat untuk memenangkan Pilkada...

1 Desember 2020, 18:08 WIB

Lihat, Sikap Resmi Sahabat Polisi Indonesia Soal Propaganda OPM

Jakarta – Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Sahabat Polisi Indonesia melalui Ketua OKK menghimbau kepada seluruh...

1 Desember 2020, 08:49 WIB

Rizieq Shihab Harus Ikuti Protokol Kesehatan

Oleh : Zakaria Rizieq Shihab dikabarkan pernah dirawat di sebuah RS swasta di Bogor. Desas-desus...

1 Desember 2020, 00:58 WIB

loading...