Selasa, 10 November 2020 - 14:27 WIB

Pilbup Sidoarjo, Gelar Aksi, LSM Tuntut Tangkap Aktor Intelektual Kampanye SARA

Sidoarjo – Lembawa Swadaya Masyarakat (LSM) Masyarakat Peduli keadilan, kesejahteraan dan transpransi (Mapekat) Sidoarjo, Selasa (10/11) mendatangi kantor Bawaslu Sidoarjo.

Kedatangan puluhan massa di kantor Bawaslu itu, meminta Bawaslu segera mengeluarkan rekomendasi dugaan pidana pemilu yang dilakukan salah satu tim Paslon Pilbup Sidoarjo di kecamatan Tanggulangin.

Dalam orasinya, mereka mengatakan Bawaslu harus bersikap netral dan menjaga integritas dengan menghormati etika kampanye damai dan bersih yang telah disepakati bersama.

“Kami minta segera Bawaslu mengeluarkan rekomendasi bahwa ini adalah pidana pelanggaran pemilu dan atau dalam rekomendasi tersebut, Bawaslu menyatakan unsur dugaan ujaran kebencian, fitnah, SARA serta intoleransi dalam kehidupan beragama”Ucap Setiyo, orator Aksi.

Dilanjutkan dia, dalam internal Bawaslu selain ada komisioner juga ada penyidik Polri serta penuntut dari kejaksaan.Ucapnya.

Dia mengatakan dalam orasinya, aktor intelektual dibalik kampanye SARA itu harus ditangkap dan diseret ke meja hijau sehingga memberikan effek jera bagi para perusak demokrasi.

“Kami minta, para pihak terkait untuk segera tangkap aktor intelektual yang menciderai demokrasi, dan tidak menghormati toleransi serta hak asasi manusia, karena jika tidak diberikan hukuman, maka Pemilukada yang diharapkan bersih bisa tercoreng”Ucapnya.

Sementara itu, Agung Nugraha SH, komisioner Bawaslu Sidoarjo yang menerima massa aksi mengatakan bahwa ini sifatnya pengaduan pada Panwascam, Bawaslu masih memerlukan kajian lagi dalam waktu 2 hari untuk menemukan adanya unsur pidana fitnah, ujaran kebencian maupun SARA.

“Jika itu didapat maka Bawaslu akan mengeluarkan rekomendasi kepada Kapolres Sidoarjo untuk mengambil tindakan lebih lanjut, mohon bersabar” Ucap Agung, Komisioner Bawaslu Sidoarjo.

Artikel ini telah dibaca 168 kali

Baca Lainnya

Rizieq Shihab Harus Mengembalikan Tanah PTPN

Oleh : Zakaria Rizieq Shihab dan FPI seenaknya mencaplok tanah dan mendirikan bangunan di atasnya....

27 Februari 2021, 16:38 WIB

UU Cipta Kerja Cegah Korupsi di Pengadaan Barang dan Jasa

Oleh : Lisa Pamungkas Aturan turunan UU Cipta Kerja telah disahkan, dan UMKM bisa ikut...

27 Februari 2021, 14:06 WIB

Gunakan PAI sebagai Instrumen Diseminasi Moderasi Beragama

Kementerian Agama tengah menggalakkan penguatan moderasi beragama di segala layanan keagamaan, termasuk pendidikan. Wakil Menteri...

27 Februari 2021, 00:56 WIB

PPKM Mikro Efektif Mengendalikan Covid-19

Oleh : Alfisyah Dianasari Pemerintah terus berupaya untuk menurunkan angka kasus positif demi mengendalikan pandemi...

27 Februari 2021, 00:49 WIB

19 Tahun Menunggu Lahan Usaha II, Warga Transmigran Sumber Rejo Minta BPN Bartim Berikan Jawaban

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Warga transmigran Desa Sumber Rejo Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito...

26 Februari 2021, 18:23 WIB

Mengapresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Oleh : Sindi khairudin Presiden Jokowi baru saja meresmikan Bendungan Napun Gette di NTT. Selain...

24 Februari 2021, 22:41 WIB

loading...