Momentum Hari Pahlawan, Mahasiswa Papua Unjuk Rasa di Bundaran HI

Puluhan mahasiswa asal Papua dari sejumlah perguruan tinggi di Jakarta, melakukan aksi unjuk rasa di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu siang (11/11/2020).

Dalam aksinya, mereka membawa sejumlah poster dengan gambar pahlawan nasional asal Tanah Papua, yaitu Frans Kaisiepo dan JA Dimara. Para pengunjuk rasa melakukan aksi simpatik dengan membagi-bagikan bunga kepada pengguna jalan di sekitar Bundaran HI, baik kepada para pejalan kaki maupun penggendara kendaraan bermotor yang melintas.

Aksi yang dikoordinir Ujang Rahmat Mokan itu sekaligus menjadi ajang para generasi muda Papua itu untuk menyatakan sikapnya kepada Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin agar Otonomi Khusus (Otsus) tetap dilanjutkan di Tanah Papua.

Aspirasi mereka jelas terpampang dalam spanduk yang dibentangkan di sisi Timur Bundaran HI. “Selamat Hari Pahlawan Nasional, Otsus Jilid II adalah Solusi Masa Depan Pembangunan Papua,” begitu bunyi tulisan pada spanduk itu.

“Kami selaku pemuda Papua, generasi penerus Papua, kami mendukung Otsus Jilid-II karena selama ini Otsus sudah berperan nyata dalam membangun dan meningkatkan sumber daya manusi OAP (Orang Asli Papua-Red),” tutur koordinator aksi, Ujang Rahmat Mokan kepada wartawan.

Menurut Mokan, mendukung keberlanjutan Otsus di Tanah Papua memiliki relevansi dengan perjuangan para Pahlawan Nasional asal Papua. Karena dengan adanya Otsus, tujuan kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan di masa lalu di Tanah Papua menjadi kenyataan.

“Buktinya, kami adalah bagian dari ribuan generasi muda Papua yang mendapatkan kemudahan belajar di berbagai universitas dengan dukungan beasiswa dari dana Otsus,” tegas Mokan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.