BAHAS OTSUS PAPUA, MENTERI BAPPENAS DAN STAFSUS PRESIDEN KOMIT BANGUN SDM OAP

Staf Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar menghadiri pertemuan dengan Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Manoarfa (13/11/2020). Pertemuan tersebut berlangsung di Hotel Swissbel, Sorong, Provinsi Papua Barat. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Papua Barat.

Tujuan adanya pertemuan tersebut adalah mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan Inpres No. 9 Tahun 2020, terkait percepatan pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat.

Menteri Bappenas, Suharso Manoarfa menekankan pentingnya Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Orang Asli Papua (OAP) untuk mendorong akselerasi pembangunan, khususnya dengan adanya Otonomi Khusus di Papua dan Papua Barat berdasarkan UU No. 21 Tahun 2001.

Hal tersebut tentunya didukung penuh oleh Staf Khusus Presiden Republik Indonesia asal Papua yaitu Billy Mambrasar. Menurutnya, manusia adalah kunci penggerak pembangunan, dan investasi harus diarahkan kesitu.

“Menurut saya, Manusia Papua, khususnya Orang Asli Papua, harus menjadi kunci pembangunan tersebut, sehingga saya mendukung penuh apa yang disampaikan oleh Menteri Bappenas tadi,” ujar Billy Mambrasar, dalam rilis tertulis yang disampaikan.

Seperti diketahui, beberapa pekan lalu, Presiden mengeluarkan Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2020, yang berfokus pada percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat. Dengan adanya Inpres ini, maka Kementerian Bappenas, setelah berkonsultasi dengan berbagai pemangku kepentingan di Papua dan Papua Barat, akan mengeluarkan rencana aksi, untuk mewujud nyatakan Instruksi Presiden tersebut, menjadi pembangunan yang kongkrit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.