Minggu, 22 November 2020 - 00:12 WIB

KNPI Banyuasin Ajak KWT Dan PPP Mengembangkan Tanaman Hortikultura

Banyuasin – DPD KNPI Banyuasin menggandeng Kelompok Wanita Tani (KWT) dan kelompok Pemuda Pecinta Pertanian (PPP) sebagai Generasi Milenia di desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatra Selatan telah melakukan panen pertama tanaman Hortikultura, Sabtu (21/11/2020).

Ketua DPD KNPI Banyuasin, Ismail Fahmi melalui PK KNPI Banyuasin III, Asrul Syani mengatakan pihaknya tertarik untuk mengembangkan tanaman hortikultura di desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III. Karena melihat adanya potensi yang sangat mendukung untuk pengembangan tanaman tersebut, dengan memberikan pembinaan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) desa Pangkalan Panji.

“Kami melihat di wilayah Desa Pangkalan Panji ini memiliki potensi untuk mengembangkan jenis tanaman hortikultura. Bibit sayuran disini akan tumbuh dengan subur. Seperti halnya tanaman padi dan semangka, yang biasa ditanam oleh para petani di sini” ujar Asrul Syani.

Lanjutnya, lhamdulillah hari ini kita telah melakukan panen pertama, tanaman khortikultura hasil dari tanaman KWT desa Pangkalan Panji.

Masih menurutnya, program ini sejalan dengan program pemerintah. Terutama dalam memperkuat ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. Serta program PKK di desa Pangkalan Panji. Program ini pun mendapat sambutan dari ibu-bu Kelompok Wanita Tani desa setempat.

Saya melihat program DPD KNPI ini mendapat sambutan Ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) dan para pemuda pecinta pertanian di desa Pangkalan Panji. Yang mana memang berkeinginan, menjadikan daerahnya sebagai desa tangguh mandiri, pungkasnya.

Di waktu yang sama Camat Banyuasin III, Yuni Khairani sangat mengapresiasi kegiatan ini yang telah dilakukan oleh DPD KNPI Banyuasin. Kegiatan ini sangat membantu para ibu ibu KWT dalam mengembangakan usaha pertanian, khususnya tanaman hortikultura.

”Kita banga sekarang ibu-ibu KWT sudah terbiasa menanam tanaman sayur sayuran. Kini sudah bisa memetik hasilnya, mereka sekarang bisa memenuhi kebutuhan pangan untuk keluarganya,” ujar Yuni Khairani.

Lanjutnya, budidaya tanaman hortikultura dapat memberikan hasil ekonomis yang signifikan bagi KWT. Selama ini petani kita perekonomiannya bergantung dari hasil tanaman musiman. Namun dia yakin ketika dapat mengolah secara baik, tanaman Hortikultura memiliki potensi lain yang tidak kalah besarnya. Bahkan dapat memberikan pendapatan ekonomi, bagi petani yang signifikan.

Masih menurutnya, kami yakin budidaya tanaman hortikultura dapat memberikan hasil ekonomis yang signifikan bagi petani kita, melihat buktinya di desa Pangkalan Panji ini.

Bila kita mengelolanya dengan tepat dan bijak, potensinya tidak akan habis dan bisa kita manfaatkan secara berkelanjutan. Saya meminta kepada DPD KNPI Banyuasin, untuk dapat terus secara intensif memberikan pembinaan / penyuluhan kepada para KWT hortikultura.

Kita harapkan budi daya komoditas hortikultura di desa Pangkalan Panji dapat terus meningkat dari tahun ke tahun dan dengan hasil panen yang memuaskan. Sehingga dapat turut serta dalam memperkuat ketahanan pangan daerah kita, pungkasnya. (Adi)

Artikel ini telah dibaca 80 kali

loading...
Baca Lainnya

Bupati Dodi Reza Jadikan Sanga Desa Kecamatan Strategis Hingga Prioritas Bangun Pasar Modern

Muba – Bupati Musi Banyuasin Dr. H. Dodi Reza Alex Noerdin memprioritaskan pembangunan pasar tradisional...

26 November 2020, 20:41 WIB

Satuan Sahabat Kebersihan, Lapas Kelas II Banyuasin Mengkaryakan Warga Binaan

Banyuasin – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuasin membentuk Sahabat Kebersihan dengan memperdayakan potensi warga binaan....

26 November 2020, 00:45 WIB

AKP Betty Purwanti Resmi Jabat Kasatlantas Polres Muba

Muba – AKP Betty Purwanti, Sik resmi menjabat Kasatlantas Polres Musi Banyuasin menggantikan AKP Candra...

16 November 2020, 18:01 WIB

LPPNU Sumsel Bersama Koperasi Agro Bintang 9 Nahdatul Ulama Bakal Rakor di Muba

Muba – Bupati Musi Banyuasin Dr.H.Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin...

13 November 2020, 08:25 WIB

Diduga Asal Jadi, Belum 1 Bulan Pekerjaan Parit Udits Sudah Ambrol

Banyuasin – pekerjaan pembangunan parit Udits yang berlokasi di jalan Palembang – Betung KM 17,...

10 November 2020, 20:57 WIB

Bandar Narkoba Tewas Dilumpuhkan dengan Timah Panas Satnarkoba Polres Muba

Muba – Petualangan bandar narkoba, Andi (35), warga Dusun III, Desa Tanjung Agung Utara, Kecamatan...

9 November 2020, 21:50 WIB

loading...