Senin, 23 November 2020 - 18:11 WIB

Sanksi Pembatalan Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Bagi Yang Terlambat Menyampaikan LPPDK

Sanksi Pembatalan Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Nias Selatan yang terlambat menyampaikan

Nias Selatan, deliknews.com – Sesuai PKPU nomor 5 Tahun 2017 pasal 54 tentang dana kampanye peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Wali Kota, Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang terlambat menyampaikan LPPDK kepada KPU Kabupaten Nias Selatan Sesuai jadwal dan tahapan yang ditentukan, dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai pasangan calon.

Hal ini disampaikan Anggota KPU Kabupaten Nias Selatan Divisi Hukum dan Pengawasan Internal, Eksodi Makarius Dakhi saat berlangsungnya Bimbingan Teknis (Bimtek) persiapan penyusunan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK), Senin (23/11/2020) di Kantor KPU Kabupaten Nias Selatan, jalan Pelita/Pasir Putih Kelurahan Pasar Teluk Dalam.

Dia menyampaikan bahwa, Penyampaian Laporan Penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) sesuai dengan tahapan kegiatan/jadwal yang telah diatur dalam Keputusan KPU RI Nomor : 454/HK.03-Kpt/03/KPU/IX/2020 tentang pedoman teknis Laporan dana Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota. Dimana, batas waktu penyampaian LPPDK di KPU Kabupaten Nias Selatan tanggal : 06 Desember 2020 pukul 18.00 Wib, ujarnya.

Pasangan calon yang terlambat menyampaikan LPPDK kepada KPU Kabupaten Nias Selatan Sesuai jadwal dan tahapan yang ditentukan, maka dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai pasangan calon, yang telah diatur dalam PKPU nomor 5 Tahun 2017 pasal 54 tentang dana kampanye peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Wali Kota, tegas Eksodi Dakhi.

Dia juga berharap agar hal – hal yang terkait dengan penyusunan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) ini, yang kurang dipahami oleh pasangan calon, KPU Kabupaten Nias Selatan telah membentuk tim helpdesk untuk memberikan penjelasan untuk menghindari kesalahan dalam pengimputan data dan memastikan Paslon tidak terlambat menyampaikan LPPDK, harapnya.

Bimtek tersebut dipimpin oleh anggota Komisioner KPU Kabupaten Nias Selatan Divisi Hukum dan Pengawasan Internal, Eksodi Dakhi dan dihadiri Anggota KPU Kabupaten Nias Selatan Divisi SDM dan Parmas, Yulianus Gulo, Kasubbag Hukum KPU Kabupaten Nias Selatan, LO dan operator masing-masing pasangan calon nomor urut 1 dan nomor urut 2 serta Staf Sekretariat KPU Kabupaten Nias Selatan.

Sementara sebagai pemateri dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) persiapan penyusunan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Peserta Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Nias Selatan Tahun 2020 ini disampaikan oleh Kasubbag Hukum KPU Kabupaten Nias Selatan, John Hitler Saragih, SH., M.IP. (Sabar Duha)

Artikel ini telah dibaca 162 kali

loading...
Baca Lainnya

Intensitas Hujan Mulai Meningkat, BPBD Bartim imbau Masyarakat Waspadai Banjir

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Timur, Ir....

22 Januari 2021, 16:07 WIB

Semrawut, Sukarda Hampir Mati, Anggaran Perawatan Kabel PLN Dipertanyakan

Denpasar – Warga bernama I Gede Sukarda (46) beruntung selamat dengan luka bakar dipunggung setelah...

Foto: korban terkapar setelah tersengat listrik.

22 Januari 2021, 15:55 WIB

KPUD Malaka Membuka Kotak Suara Untuk Mengambil Dokumen Pembuktian ke MK

Malaka, NTT, deliknews – Pembukaan 395 kota disaksikan oleh pihak Kepolisian dan Bawaslu secara terbuka...

22 Januari 2021, 15:18 WIB

Teknisi Telkom Malaka Bantah Persoalan Jaringan Terganggu di Disdukcapil

Malaka, NTT, deliknews – Teknisi Telkom Malaka membantah, tidak benar yang dipersoalkan oleh Dinas Kependudukan...

21 Januari 2021, 17:23 WIB

Kadis Kominfo Pasaman Tuding Kabag Hukum Tak Tahu Teknologi

Pasaman, – Kadis Kominfo Pasaman angkat bicara terkait pernyataan Kabag Hukum Pemkab Pasaman menyebutkan bahwa...

Kadis Kominfo Pasaman William Hutabarat

21 Januari 2021, 17:02 WIB

Sasaran Sekolah, Brimob dan TNI Laksanakan Penyemprotan Disinfektan

Satbrimob Polda Aceh, Kamis(21/01/2021) Kompi 4 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Aceh yang dipimpin oleh...

21 Januari 2021, 13:29 WIB

loading...