KPP Pratama Tuban Kunjungi Tax Center Unirow

Tuban – Kunjungan ini sebagai bentuk apresiasi atas sinergi yang telah dilakukan kerja sama selama ini antara KKP Pratama Tuban dengan Unirow. KPP Pratama Tuban mengunjungi Tax Center di Kampus Unirow Tuban, Kamis (26/11).

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa KPP Pratama Tuban telah melakukan kerja sama dengan Universitas PGRI Rongolawe Tuban (Unirow) terkait dengan Tax Center dan juga inklusi di perkuliahan.

Tax Center sendiri adalah pusat informasi, pendidikan dan pelatihan perpajakan yang mempunyai peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat yang mengerti hak dan kewajiban perpajakannya sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan kemandirian masyarakat. Oleh karenanya dalam Tax Center Unirow yang beralamatkan di Jalan Manunggal 61 Tuban ini mempunyai fungsi dalam peningkatan kepatuhan perpajakan terutama untuk masyarakat sekitar kampus. Civitas akademika dan masyarakat sekitar bisa mendapatkan pelayanan perpajakan yang dibutuhkan di Tax Center Unirow.

Seluruh bentuk kerja sama tersebut juga dilakukan karena adanya peran Duta Pajak yang aktif dan kreatif. Duta Pajak ini sendiri adalah mahasiswa dan mahasiswi aktif Unirow dari berbagai jurusan perkuliahan. Kebanyakan dari mereka bukanlah dari latar belakang jurusan perpajakan. Ada dari jurusan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, teknik informatika, ilmu komunikasi, bahkan biologi. Walaupun demikian semangat dan antusias para duta pajak untuk mempelajari ilmu dasar perpajakan sangatlah patut diacungi jempol. Pun mengingat mereka juga adalah calon wajib pajak masa depan yang akan berkontribusi kepada negara.

Di tahun 2020 ini ada beberapa kerja sama yang telah dilakukan antara Tax Center Unirow dan KPP Pratama Tuban. Diantaranya adalah asistensi pengisian SPT Tahunan di KPP Pratama Tuban selama Bulan Januari sampai pertengahan Bulan Maret, partisipasi dalam Pojok Pajak dalam acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh OP di Pendopo Krido Manunggal Kabupaten Tuban pada tanggal 6 Maret, dan beberapa pegawai KPP Pratama Tuban juga memberikan pelayanan perpajakan di Tax Center Unirow tersebut.

Penerapan Inklusi Kesadaran Pajak sebagai materi kesadaran pajak hidden curriculum juga ada dalam Mata Kuliah Dasar Umum. Karena kesadaran pajak dalam proses pembelajaran dan kegiatan kemahasiswaan adalah sebagai bagian dari pengembangan general education, bela negara dan pendidikan karakter.

“Kami mungkin yang paling beruntung karena mendapat fasilitas Tax Center ini dan masih satu-satunya dari seluruh kampus di Kabupaten Tuban. Semoga memberikan pengaruh baik untuk seluruh masyarakat terutama dalam memenuhi kewajiban perpajakannya”, pungkas Rektor Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes.

Kerja sama yang telah dilakukan ini juga sebagai bentuk dalam mendorong dan menyediakan wadah dalam penyelenggaraan kegiatan pelatihan dan sosialisasi perpajakan di lingkungan perguruan tinggi, mewujudkan perilaku yang sadar tentang kewajiban untuk membayar pajak di kalangan civitas akademika, dan menciptakan keharmonisan antara Perguruan Tinggi dengan Direktorat Jenderal Pajak.

“Kami sangat berterima kasih sekali atas kesediannya Universitas Ronggolawe atas kegiatan kerja sama ini. Kedepannya saya pribadi berharap kerja sama ini akan terus berlanjut sehingga bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Termasuk di dalamnya civitas akademika, para mahasiswa, dan juga masyarakat demi peningkatan kualitas pemenuhan kepatuhan perpajakan di Kabupaten Tuban“, tutup Kepala KPP Pratama Tuban Arif Puji Susilo. (jati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.