Kamis, 10 Desember 2020 - 10:30 WIB

Kebijakan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Nasional Sukseskan Penanganan Covid-19

Oleh: Halimatussadiyah (Blogger Kota Tangerang Selatan)

Angka kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan, penambahan kasus aktif harian juga mencapai jumlah tertinggi. Sejauh ini pemerintah masih berupaya menyediakan vaksin Covid-19 guna menghentikan penyebaran Virus Corona.

Sementara itu, sosialisasi protokol kesehatan terus digaungkan oleh pemerintah agar masyarakat dapat terhindar dari paparan Virus Corona. Perlu diingat bahwa vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan adalah solusi suksesnya pencegahan penyebaran Covid-19.

Protokol pencegahan penularan Covid-19 tidak hanya berlaku bagi pengelola tempat kerja, pelaku usaha, pekerja, pelanggan/konsumen yang terlibat pada sektor jasa dan perdagangan (area publik), tetapi berlaku bagi masyarakat luas.

Sementara pemerintah berusaha untuk terus melakukan vaksinasi demi menghentikan penyebaran Covid-19, masyarakat diimbau mematuhi protokol kesehatan, yaitu cuci tangan dengan rutin, menggunakan hand sanitizer dan menggunakan masker. Dengan demikian, pemerintah telah terbantu dalam upaya mencegah paparan Virus Corona.

Pemerintah tidak bosan untuk mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi peraturan protokol kesehatan dan kebijakan pembatasan. Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk saling mengingatkan satu sama lain, khususnya keluarga sendiri. Hal ini tentu akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk saling menjaga satu sama lain dan tidak menyepelekan bahaya Covid-19.

Masyarakat juga bisa mengambil peran dengan gotong royong dalam aksi literasi media publik. Sehingga, masyarakat juga bisa memilah dan memilih informasi yang pantas untuk dikonsumsi publik maupun tidak. Masyarakat juga diharapkan tidak asal telan informasi, melainkan terus mengecek sumber informasi yang valid hingga membuat masyarakat Indonesia pintar dalam memilah informasi.

Masyarakat cerdas juga akan memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum berangkat bekerja, sebab akan menghadapi berbagai ancaman penularan Covid-19 di beberapa sektor tertentu, termasuk di perjalanan maupun di kantor. Pekerja yang mengalami gejala seperti demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan disarankan untuk tidak masuk bekerja dan memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Sebagai warga Indonesia yang baik, masyarakat perlu memiliki kesadaran untuk terus mematuhi protokol kesehatan dan kepedulian antar sesama guna mengoptimalkan upaya pemerintah mengusir Virus Corona di Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 129 kali

Baca Lainnya

Pimpin Deklarasi tolak KLB, Rezka Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY, LANJUTKAN KERJA KERJA POLITIK UNTUK RAKYAT

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat untuk Daerah Pemilihan Sumatera Barat, Rezka Oktoberia dan...

5 Maret 2021, 09:55 WIB

UU Cipta Kerja Memperbanyak Peluang Lapangan Kerja

Oleh : Robert Kamindra Pendirian PT (Perseroan Terbatas) kini bisa dilakukan tanpa memerlukan akta notaris....

5 Maret 2021, 09:45 WIB

Masyarakat Menyambut Positif Vaksin Gotong Royong

Oleh : Alfisyah Dianasari Vaksin gotong royong alias vaksin mandiri menjadi alternatif selain vaksinasi nasional....

5 Maret 2021, 00:47 WIB

Penahanan Rizieq Shihab Sudah Tepat

Oleh: Firza Ahmad Rizieq Shihab rupanya kerap membuat keresahan yang tak berkesudahan, pidatonya yang provokatif...

4 Maret 2021, 17:09 WIB

Begini Cerita Pria Papua yang Gagal Indonesian Idol Sekarang Malah Sukses Berkarir di Istana Presiden

“Kesempatan itu selalu ada di sekitar kita, ketika kita gagal percayalah akan selalu ada kesempatan...

4 Maret 2021, 16:37 WIB

Mengapresiasi Presiden Mencabut Lampiran Perpres Investasi Industri Miras

Oleh : Zakaria Lampiran Perpres yang menjadi aturan turunan UU Cipta Kerja, mengenai investasi industri...

4 Maret 2021, 11:41 WIB

loading...