Kamis, 17 Desember 2020 - 19:26 WIB

Kerumunan massa tanpa protokol kesehatan Covid-19 saat kegiatan Bank BNI dalam pembukaan rekening dan pencairan BPUM di Pasaman Barat, Selasa (15/12/20).

Kerumunan massa tanpa protokol kesehatan Covid-19 saat kegiatan Bank BNI dalam pembukaan rekening dan pencairan BPUM di Pasaman Barat, Selasa (15/12/20).

Tanggungjawab Siapa Kerumunan Massa di Sumbar Tanpa Prokes

Sumbar, – Terjadi kerumunan massa tanpa protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 saat pencairan Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) di halaman Kantor Wali Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/12/20).

Kerumunan itu akibat dari kegiatan Bank BNI dalam pembukaan rekening dan pencairan BPUM. Terpantau, dalam kerumunan massa bukan hanya masyarakat yang tidak mematuhi Prokes, namun petugas dari BNI ada yang tidak pakai masker.

Baca juga: Ada Kerumunan Massa Tanpa Protokol Kesehatan di Sumbar

Warga Sumbar Minta Polisi Tindak Kerumunan BNI

Tidak hanya itu, selain banyak tidak pakai masker, petugas BNI juga tidak menjaga jarak dengan masyarakat, bahkan anak-anak ada ditemukam dalam kerumunan tersebut.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Sugeng Hariyadi telah menegaskan bahwa pihak kepolisian tidak ada memberikan izin keramaian kegiatan BNI pada masa pandemi ini.

“Tidak ada pihak Polres Pasbar keluarkan izin keramaian khususnya terkait dengan kegiatan BNI. Sejak masa pandemi kita tidak pernah mengeluarkan izin dalam bentuk apapun, kecuali STTP kegiatan Kampanye (Pilkada),” tegas AKBP Sugeng Hariyadi ketika dikonfirmasi.

Ditanya apa tindakan yang akan dilakukan kepolisian terhadap kerumanan massa saat kegiatan BNI yang tidak mematuhi Prokes itu, namun Kapolres Pasaman Barat AKBP Sugeng Hariyadi belum menanggapi pertanyaan yang diajukan.

Kemudian BNI Cabang Utama Padang juga telah membalas surat konfirmasi Deliknews.com perihal permasalahan tersebut, Kamis (17/12/20).

Sebelumnya surat yang dikirimkan mengajukan 5 poin pertanyaan, namun jawaban dalam surat balasan dari BNI tidak sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

Salah satu poin mempertanyakan bagaimana pertanggungjawaban Bank BNI atas kerumunan massa yang berpotensi mempermudah penyebaran Covid-19 dalam pembukaan dan pencairan BPUM tersebut.

Baca juga: Kapolres Pasbar Belum Menanggapi Apa Tindakannya Terhadap Kerumunan BNI

Ini Penjelasan BNI Padang Soal Kerumunan Tanpa Prokes

Namun jawaban BNI menjelaskan melihat animo masyarakat terhadap layanan di BLG, maka BNI membatasi kehadiran nasabah di BLG, jika antrian sudah melebihi kapasitas akan dihentikan.

Lalu siapa yang akan bertanggungjawab atas kerumunan massa yang tidak mematuhi Prokes Covid-19 itu?. Mungkinkah hanya masyarakat biasa yang bisa ditindak dan diproses hukum apabila melanggar Prokes Covid-19?

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 204 kali

Baca Lainnya

Kapolresta Tangerang Blusukan ke Jambe Gelorakan Kampung Tangguh Nusantara

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro bersilaturahmi ke Desa Jambe, Kecamatan Jambe,...

3 Maret 2021, 00:26 WIB

415 Personel, ASN, dan PHL Polresta Tangerang Telah di Vaksin

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten terus melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Gedung Serba...

3 Maret 2021, 00:01 WIB

Sat Reskrim Polresta Tangerang Bekuk DPO Curanmor dan Spesialis Bobol Rumah

TANGERANG – Satuan Reserse Kriminal Polresta Tangerang Polda Banten berhasil meringkus pelaku pencurian dengan modus...

2 Maret 2021, 23:54 WIB

Duta GenRe SMAN 3 Bukittinggi Wakili Agam ke Provinsi

Bukittinggi, – Siswa SMA Negeri 3 Teladan Bukittinggi mengikuti kompetisi menjadi Duta Remaja yang punya...

2 Maret 2021, 22:34 WIB

PSDA Sumbar: Selamat Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar

Padang, – Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengucapkan selamat...

2 Maret 2021, 16:18 WIB

Tandatangan Giri Prasta Tak Ada, Sidang Sengketa Pilkel Angantaka Ditunda

Denpasar – Sidang perdana penegakan demokrasi sengketa Pemilihan Perbekel (Pilkel) Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal Badung...

Sidang perdana gugatan sengketa hasil Pemilihan Perbekel Desa Angantaka, Badung. (Foto: Deliknews.com)

2 Maret 2021, 13:29 WIB

loading...