Jumat, 18 Desember 2020 - 20:27 WIB

Rekonstruksi Pembunuhan, Mayat Tergantung di Desa Kemawen Digelar

Muara Teweh – Satreskrim Polres Barito Utara (Barut) menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Rito Ariadi alias Ndi (31) warga desa kemawen, Kecamatan Montalat, Barut.

Rekonstruksi yang di gelar di halaman Mapolres Barito Utara, Muara Teweh. Jumat (18/12/2020)

Dalam adegan selama rekonstruksi itu para tersangka memperagakan 47 adegan.

Sebelumnya, marak diberitakan Ndi ditemukan meninggal gantung diri dirumahnya di Desa Kamawen Rt. 01, Kecamatan Montalat, Barut pada 13 agustus 2020 lalu. Namun setelah pihak Kepolisian sektor (Polsek) Montalat menerima laporan dari pihak keluarga korban ada kejanggalan dalam kematian Ndi serta menunjukan bukti-bukti kejanggalan diTKP.

Korban bukan bunuh diri tetapi dibunuh. Maka pihak Polsek pun melakukan penyidikan dengan pembongkaran makam korban, serta melakukan otopsi terhadap jasad korban. Dan mengumpulkan barang bukti lainnya serta meminta keterangan dari saksi-saksi.

Hingga dalam pengembangan kasus tersebut, pihak Polisi pun berhasil mengantongi beberapa nama yang terduga. Polisi mengamankan yang diduga pelaku dibeberapa tempat untuk diperiksa hingga dijadikan tersangka.

Dalam rangkaian rekonstruksi diperagakan oleh kelima tersangka IS (48), WR (53),AM(21), AJ(43), BT (53) yang juga warga Kemawen. Salah satu nya adalah sebagai oknum mantan kades setempat. Motif para tersangka diduga nekat menghabisi korban lantaran dendam.

Kapolsek kecamatan Montallat Iptu Rahmat Tuah mengatakan rekonstrusksi itu dilakukan untuk mengungkap peran masing-masing tersangka, serta tersangka yang baru ditangkap beberapa waktu lalu. Dan rekonstruksi itu juga dilakukan atas petunjuk jaksa untuk kelengkapan proses selanjutnya.

“Dalam adegan rekonstruksi tersebut semakin diketahui apa saja yang telah mereka lakukan (tersangka) . Dalam pra rekonstruksi tergambarkan bahwa otak pelaku yang berinisial IS (48) bersama AJ (43 ) BT (53 ) WR ( 53 ) dan AM ( 21 ) dalam menyembunyikan dan mengangkut jasad korban ke tempat gudang genset desa malawaken dan apa saja yang mereka lakukan selanjutnya” kata Iptu Rahmat Tuah.

Berdasarkan pantauan awak deliknews.com dilapangan, Rekontruksi yang dipimpin oleh Kapolsek Montallat Iptu Rahmat Tuah, yang dihadiri Kasat reskrim Polres Barut AKP Tommy Palayukan, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Barito Utara, Koramil Tumpung Laung, Pengacara tersangka dan keluarga korban serta para penyidik lainnya tersebut berjalan lancar.

Atas perbuatannya 5 pelaku tersebut dijerat dengan pasal 340 Jo. 388 KUHP dengan ancaman seumur hidup atau paling lama dua puluh tahun penjara. (Iskandar/Ruhui)

Artikel ini telah dibaca 210 kali

Baca Lainnya

Hasil Pilkel Digugat, Bupati Badung Tetap Lantik Prebekel Desa Angantaka

Badung – Meski ada gugatan terkait pemilihan prebekel (Pilkel) Desa Angantaka di Pengadilan Negeri (PN)...

Pelantikan Perbekel Terpilih se-Kabupaten Badung. (Foto: Istimewa)

26 Februari 2021, 19:20 WIB

Akulturasi Budaya dan Pariwisata Diplomasi, Potensi untuk Revitalisasi

Bali – Akulturasi budaya Bali dan China menjadi salah satu keunikan dimiliki Bali selama ini....

Indonesia Director Tourism Confucius Institute (TCI) Udayana University, I Made Sendra. (Foto: deliknews.com)

26 Februari 2021, 18:59 WIB

Wakil Bupati Barito Timur Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan DPC Partai Gerindra

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Wakil Bupati Barito Timur hadiri pelantikan dan pengukuhan Dewan Pimpinan...

26 Februari 2021, 17:24 WIB

Unik, Warga Pesantren Perkampungan Minangkabau Akan Diimbau Gala

Padang, – Pondok Pesantren (Ponpes) Perkampungan Minangkabau, terus memperkuat  kebiasaan budaya Minangkabau, tidak hanya nilai-...

Ketua Yayasan Shine Al-Falah, Syamsul Akmal, S.Ag., M.M.

26 Februari 2021, 16:26 WIB

Keuangan Universitas Andalas Diduga Bermasalah

Padang, – Keuangan Universitas Andalas (Unand) tahun 2018 diduga bermasalah dalam pengelolaan saldo, penatausahaan Kas...

Kampus Universitas Andalas

26 Februari 2021, 15:47 WIB

Kapolres Barito Timur Lakukan Pengecekan Posko PPKM Skala Mikro

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Guna menekan penyebaran dan penularan di masa pandemi Covid-19, Kapolres...

26 Februari 2021, 14:03 WIB

loading...