Senin, 21 Desember 2020 - 13:22 WIB

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seulawah Tahun 2020 Polres Gayo Lues

Bertempat dilapangan Apel Mapolres Gayo  Lues Senin, tanggal 21 Desember 2020 Pukul 08.00 Wib, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seulawah Tahun 2020 Polres Gayo Lues.
Bertindak Sebagai Inspektur Apel adalah Bupati Gayo lues, H. Muhammad Amru, dengan di hadiri Kapolres Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra Bustamam, S.I.K, M.H, Dandim 0113 Gayo Lues, Letkol inf Yudhi hendro Prasetyo, Wakapolres Gayo Lues, Kompol Muhammad Wali, ST, Danki Brimob Kompi 4 C Gayo Lues, Iptu Faisal Naim, Kasat Pol PP, Iksan Firdaus, Kadis Perhubungan, Nopal, Sp, Para PJU Polres Gayo Lues, dan Insan Pers, serta Lsm Kabupaten Gayo Lues.
Kegiatan diikuti oleh 1 Pleton Pers Kompi Brimob 4 C Gayo Lues, 1 Pleton Pers Polres Gayo Lues, ‎1 Pleton Pers Sat Lantas Polres Gayo Lues, 1 Pleton Pers Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Gayo Lues, 1 Pleton Pers Sat Intel, Sat Reskrim dan Satresnarkoba Polres Gayo Lues, ‎1 Pleton Pers Sat Pol PP, 1 Pleton Pers Perhubungan.
Adapun Amanat Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru Pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Selawah Tahun 2020 menyampaikan, Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Selawah Tahun 2020 ini dilakukan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas lainnya.
Perayaan Natal dan Tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian. Sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar Lantas dan pelanggaran protokol Kesehatan Covid –  19 oleh karena itu polri menyelenggarakan operasi lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid – 19 sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman.
Dalam pelaksanaan Pengamanan Natal dan tahun baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 Personel Polri, 15.842 Personel TNI serta 55.086. Personel instansi terkait lainnya dan Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 Pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas dan 675 Pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan dan lainnya.
Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan ada beberapa prediksi ganguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curamor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar,  kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.
Untuk itu seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efesien dalam mengatasi sebagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah.
Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, beberapa penekanan untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas sebagai berikut:
1). Siapkan mental dan Fisik serta jaga kesehatan; 2). Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat; 3). Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melakukan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan tahun baru 2021; 4). Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik; 5). Laksanakan penegakan hukum secara profesional serta bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas; 6). Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan Operasi.
Blangkejeren, 21 Desember 2020(Ali Sadikin)
Baca Lainnya

Malam Minggu, Kapolresta Pimpin Apel Siaga Patroli Skala Besar dan Yustisi

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten menggelar Apel Siaga, Sabtu (6/3/2021) pukul 21.00 WIB....

7 Maret 2021, 12:29 WIB

Mengapresiasi Usulan Revisi UU ITE

Oleh: Salahudin Al Ayubi Undang-Undang ITE sempat jadi kontroversi, karena membuat banyak orang takut untuk...

7 Maret 2021, 12:23 WIB

Program Yuk Ngopi Wae, Kapolresta Tangerang Audiensi Aliansi Mahasiswa

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro melaksanakan Program Kapolda Banten Irjen Pol...

6 Maret 2021, 22:51 WIB

Polda Aceh Gelar Sidang Penetapan Kelulusan Seleksi Sekolah Insfektur Polisi

  Polda Aceh melalui Biro SDM, Sabtu (6/3/21) sore menggelar sidang penetapan kelulusan Tingkat Panitia...

6 Maret 2021, 21:30 WIB

BEM KM Universitas Andalas Pertanyakan Bantuan Bidikmisi

Padang, – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM Unand) mempertanyakan masalah bantuan...

Kampus Universitas Andalas

6 Maret 2021, 20:08 WIB

Remaja dalam Lingkaran Bonus Demografi

Oleh : Ilham Mida, S.Pdi (Guru BK SMAN 5 Bukittinggi) Masa remaja merupakan masa yang...

Ilham Mida, S.Pdi (Guru BK SMAN 5 Bukittinggi)

6 Maret 2021, 13:45 WIB

loading...