Minggu, 27 Desember 2020 - 18:00 WIB

Karyono Wibowo

Karyono Wibowo

Modal Sosial Kuat di Sidoarjo, Pengamat : Prabowo Perlu Apresiasi Bambang Haryo

Jakarta – Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, mengatakan Partai Gerindra perlu mengapresiasi kader potensial dalam peningkatan suara Partai di Pilkada 2020.

Sebagai contoh, ungkap Karyono, kader Partai Gerindra yang maju sebagai Calon Bupati Sidoarjo yakni Bambang Haryo Soekartono (BHS) berhasil merebut 38,35 persen suara atau selisih tipis 1,47% dari jagoan PKB di Pilkada Sidoarjo.

“Selisih suara 1,47% sebenarnya berpeluang untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Terlepas dari itu, perolehan suara BHS ini, mengafirmasi bahwa pak BHS diterima oleh masyarakat Sidoarjo,” kata Karyono,saat berbincang dengan Wartawan di Jakarta, Minggu (27/12) dilansir JPNN.com.

Menurut dia, suara 38,35% yang diraup BHS tersebut merupakan dukungan yang cukup besar dan berpotensi untuk dikapitalisasi oleh Partai pada Pemilu 2024.

“Meskipun bukan murni suara Gerindra karena ada partai-partai koalisi, tapi setidaknya suara signifikan itu, mencerminkan sebuah dukungan pada figur BHS di Sidoarjo cukup kuat” ujarnya.

Karyono mengatakan Partai Gerindra semestinya memandang BHS sebagai kader yang berprestasi dan potensial. Karena itu, Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra perlu mengapresiasi BHS, karena berhasil meningkatkan citra partai.

“Dukungan 38,35% suara bukan tanpa alasan, pasti masyarakat memiliki alasan memilih BHS dan tentu dilatarbelakangi rekam jejak BHS. Apalagi BHS merupakan anggota DPR-RI 2014-2019 sehingga memiliki modal sosial di Dapil 1 Jawa Timur, termasuk Kabupaten Sidoarjo. Puncaknya pada Pilkada 2020, modal sosial ini menjadi salah satu faktor besarnya dukungan masyarakat Sidoarjo terhadap BHS,” paparnya.

Dia mengatakan, perolehan suara runner up dalam Pilkada Sidoarjo 2020 berbeda dengan Pilkada 2015, dimana koalisi PDIP memperoleh 26,7% suara, melawan PKB 58,97%. “Dalam Pilkada 2020, runner up (BHS) memperoleh 38,35% suara, hanya selisih 1,47% dari calon PKB,ini sangat luar biasa” jelas Karyono.

Perolehan suara itu menandakan kinerja BHS terhadap peningkatan citra Partai Gerindra sangat baik. BHS dinilai taat dan patuh pada AD/RT Partai Gerindra, serta patuh pada keputusan partai dengan bekerja ekstra aktif dalam membentuk elektabilitas Partai Gerindra di Sidoarjo naik signifikan.

Selama menjadi anggota DPR, BHS juga dikenal sangat aktif dan memperoleh sejumlah penghargaan dari berbagai institusi, antara lain sebagai anggota Fraksi Gerindra DPR-RI Terbaik, dan juga mendapatkan penghargaan sebagai Anggota Parlemen ter-aspiratif 2019.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Gunakan PAI sebagai Instrumen Diseminasi Moderasi Beragama

Kementerian Agama tengah menggalakkan penguatan moderasi beragama di segala layanan keagamaan, termasuk pendidikan. Wakil Menteri...

27 Februari 2021, 00:56 WIB

PPKM Mikro Efektif Mengendalikan Covid-19

Oleh : Alfisyah Dianasari Pemerintah terus berupaya untuk menurunkan angka kasus positif demi mengendalikan pandemi...

27 Februari 2021, 00:49 WIB

19 Tahun Menunggu Lahan Usaha II, Warga Transmigran Sumber Rejo Minta BPN Bartim Berikan Jawaban

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Warga transmigran Desa Sumber Rejo Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito...

26 Februari 2021, 18:23 WIB

Mengapresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Oleh : Sindi khairudin Presiden Jokowi baru saja meresmikan Bendungan Napun Gette di NTT. Selain...

24 Februari 2021, 22:41 WIB

Bahas Kerjasama, Fonda Tangguh Sambangi Markas AHRS

Jakarta – Ketua umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh, Rabu (24/2) menyambangi markas Asep Hendro...

24 Februari 2021, 21:55 WIB

FPMSI Ajak Warganet Produksi dan Posting Konten Positif Melawan Hoaks Vaksinasi Covid-19

Forum Pegiat Media Sosial Independen (FPMSI) mengajak warganet dan generasi milenial untuk memproduksi dan menyebarkan...

24 Februari 2021, 13:12 WIB

loading...