Muara Teweh – Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan dan Mitigasi Bencana Alam Dalam Rangka Menghadapi Bencana Alam yang diselenggarakan di halaman kantor Bupati Muara Teweh, Kamis (31/12/2020) Pagi.

Apel Gelar Pasukan diikuti oleh Polres Barito Utara, Kodim 1013/Muara Teweh, Satuan Pol PP dan Damkar, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, BPBD Barito Utara, unsur perangkat daerah lainnya Lingkup Pemerintah Barito Utara, serta undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini pula Dandim 1013 Muara Teweh Letnan Kolonel Kav Rinaldi Irawan, M. Han, membacakan sambutan Kapolda Kalteng Irjen Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si., M.M. Perkembangan situasi Nasional saat ini banyak terjadi bencana alam di wilayah Republik Indonesia, tercatat sebanyak 2.676 bencana alam terjadi di Indonesia periode januari hingga desember 2020.

“Sementara di wilayah provinsi Kalteng berdasarkan prakiraan cuaca yang daru BMKG sudah memasuki musim penghujan dengan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang dengan jarak pandang mendatar 2 km. Puncaknya terjadi pada bulan Januari sampai dengan bulan april 2021. Perubahan cuaca ekstrim ini berpotensi terjadinya angin kencang puting beliung, banjir dan tanah longsor” ujar Letnan Kolonel Kav Rinaldi Irawan, M. Han.

Oleh karenanya agar dicek betul kesiapsiagaan petugas, kesiapan peralatan, ketersediaan bahan pangan serta kebutuhan yang diperlukan selama menghadapi cuaca ekstrim. Bila bencana alam terjadi akan dapat mengancam jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis masyarakat terlebih pada masa di tengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Lebih lanjut, melalui apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan dan mitigasi bencana alam dalam rangka menghadapi bencana alam di provinsi Kalteng ini, marilah kita tingkatkan sinergitas TNI-POLRI instansi terkait guna menyamakan langkah dan strategi dalam menanggulangi bencana alam.(iskandar/ruhui)