Minggu, 17 Januari 2021 - 23:43 WIB

Kesaksian Petugas Damkar Dengar Suara Minta tolong Saat Pencarian SJ182

Jakarta – Video petugas Damkar Kepulauan Seribu saat mencari korban jatuhnya Sriwijaya Air mendadak viral di TikTok. Di video itu, disebut ada suara minta tolong yang terdengar.

Video berdurasi 18 detik itu diunggah oleh pemilik akun TikTok @abdulazis171. Awalnya, petugas Damkar tampak sedang menyisir area perairan Kepulauan Seribu. Di akhir video, terdengar suara samar-samar.

“Detik-detik penyisiran ada suara minta tolong di akhir video, no editan suara terdengar jelas,” tulis caption dalam video yang dilihat pada Minggu (17/1/2021). Hingga saat ini, video itu sudah mendapat lebih dari 19 ribu komentar dan dibagikan 16 ribu kali.

detik2 penyisiran ada suara minta tolong di akhir video, no editan suara terdengar jelas😭😭#damkarpulauseribu #damkarindonesia #jagoUTBK

Kepala Sektor Gulkarmat Kepulauan Seribu Eko Mahendro membenarkan bahwa video tersebut memang diambil di perairan Kepulauan Seribu, tepatnya di sekitar Pulau Lancang. Ini merupakan lokasi yang diduga tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Sabtu (9/1/2021) lalu.

“Itu kita kan memang termasuk melakukan evakuasi penyisiran yang sejak pesawat Sriwijaya jatuh. itu video tidak sengaja, tidak editan apa adanya jadi memang seperti itu tidak bisa ditutup-tutupi,” kata Eko dilansir dari detikcom, Minggu (17/1/2021).

Eko menjelaskan video ini diambil saat hari keempat evakuasi korban Sriwijaya Air pada Rabu (13/1/2021) lalu. Saat itu, ada sekitar delapan personelnya yang sedang menaiki rescue boat sedang menyisir area di atas permukaan air pulau Lancang.

Ketika video ini diambil, tak ada satu pun personelnya yang mendengar suara teriakan minta tolong. Namun, ketika Eko dan personel damkar lainnya kembali menyetel ulang video tersebut, mereka baru mendengar ada suara yang diduga teriakan seseorang meminta tolong.

“Jadi pada saat memvideokan tidak terdengar apa-apa, hanya setelah video itu selesai kita ambil video itu teman-teman yang lain sambil mencermati kok ada suara ini. Gitu doang. Kalau secara langsung tidak mendengar,” ucapnya.

Namun, ia belum bisa memastikan suara misterius yang terekam dalam video tersebut. Tetapi ia meyakini suara itu terdengar seperti suara manusia.

“Iya, mungkin aja kalau diminta ahlinya bisa saja itu suara, (mungkin) namanya angin bisa nyelip ke mana-mana,” jelasnya.

“Cuman kayak orang, ntah itu teriakan atau apa saya juga bolak-balik setel video itu nggak jelas,” sambung Eko.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

PEMANFAATAN INTERNET UNTUK DIGITALISASI EKONOMI KREATIF

BAKTI Kominfo melaksanakan seminar merajut nusantara bertemakan “Pemanfaatan Internet Untuk Digitalisasi Ekonomi Kreatif” yang diisi...

3 Maret 2021, 12:38 WIB

Pembangunan Infrastruktur Bermanfaat Bagi Rakyat

Oleh : Putu Prawira Berbagai infrastruktur mulai dari bendungan hingga jalan tol yang dibangun oleh...

3 Maret 2021, 03:42 WIB

Otsus Berdampak Positif Bagi Rakyat Papua

Oleh : Moses Waker Rencana perpanjangan otonomi khusus tahun 2021 mendatang, rupanya mendapatkan dukungan dari...

3 Maret 2021, 01:24 WIB

Masyarakat Mendukung Vaksin Gotong Royong

Oleh : Diaz Alawiyah Vaksin gotong royong alias vaksin mandiri adalah cara cepat untuk mendapatkan...

2 Maret 2021, 18:24 WIB

Aturan Turunan UU Cipta Kerja Membawa Kemudahan bagi UMKM

Oleh : Alfisyah Dianasari Pengusaha UMKM diselamatkan oleh pemerintah, berkat UU Cipta Kerja dan aturan...

2 Maret 2021, 00:32 WIB

FPI Terlibat Gerakan Radikal

Oleh : Firza Ahmad Pemerintah telah resmi membubarkan Front Pembela Islam (FPI). Selain tidak terdaftar...

1 Maret 2021, 20:43 WIB

loading...