Selasa, 19 Januari 2021 - 19:42 WIB

DPRD Malaka Akan Panggil Kadis Dukcapil Terkait Keluhan Masyarakat

Malaka, NTT, deliknews – Warga Desa Kereana Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka NTT mengeluhkan atas pelayanan dari Dinas Dukcapil Malaka karena sudah 2 hari berturut-turut mengurus Kartu Keluarga (KK) belum ada kejelasan di karenakan tergangunya jaringan Telkomsel.

Pengurusan Kartu keluarga di Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil, tidak ada pelayanan dari pihak pegawai terhadap masyarakat karena terkait sistem daring sedang bermasalah.

Kekecewaan ini dilontarkan warga desa Kereana dusun Anametan, Apriana Meak saat ditemui di depan kantor Dinas Dukcapil, Selasa 19/1/2021 mengatakan sudah dari kemarin sampai dengan hari ini saya tidak berhasil untuk mengurus Kartu Keluarga (KK) dikarenakan sistim daring masih tetap bermasalah (Eror).

“Saya sangat kecewa dengan pelayanan dari Dinas Kependudukan ini, karena dari kemarin dengan hari ini, sudah 2 hari pulang-pergi, dengan ongkos ojek Rp. 50.000 dalam 1 x jalan. Selain itu, kami dari Kereana menempuh jarak puluhan Kilo Meter. Kemudian sampai di Kantor Dinas Kependudukan tidak berhasil atau tidak dilayani, tetapi hanya dapat kata dari pegawai itu, Sistimnya lagi Eror” ungkap Apriana Meak penuh dengan kekecewaan hati.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Hendrikus Fahik, SH ditemui saat sidak di kantor Dukcapil Malaka mengatakan bahwa pelayanan dari Disdukcapil terkesan tidak siknifikan, sehingga mengecewakan masyarakat.

“Dengan adanya pelayanan seperti ini dianggap merugikan masyarakat. Oleh sebab itu, kita akan melakukan pemanggilan terhadap Kepala Dinas Kependudukan untuk dapat mempertanyakan sumber permasalahannya” ujar Hendrikus Fahik, SH.

Lanjutnya, Kami di DPRD sudah mendapatkan Informasi tersebut, maka saya datang di kantor Dukcapil untuk melihat langsung keadaan di kantor ini, sebagai rujukan kebenarannya atau tidak atas Informasi yang kita dengar dari masyarakat.

Dengan demikian saya akan sampaikan pada teman-teman DPRD, untuk melakukan rapat bersama dan menentukan waktu untuk memanggil Kadis Kependudukan atas persoalan pelayanan terhadap masyarakat, pungkasnya.

Sekretaris Kependudukan Kabupaten Malaka, Jemi. E. Nahak saat ditemui deliknews diruang kerjanya mengatakan bahwa dari Dinas Kependudukan siap untuk melayani masyarakat bukan tidak melayani. Kata sekretaris Disdukcapil.

“Saya katakan kami di Dinas Kependudukan siap melayani masyarakat karena itu memang tugas dan fungsi dari Dinas Kependudukan dan Catan Sipil. Apa lagi KTP dan Kartu Keluarga (KK) merupakan Identitas diri kepribadian seseorang sebagai penduduk warga negara di setiap wilayah daerah setempat” ujar Jemi. E. Nahak.

Lanjutnya, untuk pelayanan KTP dan KK itu, sudah hampir 1 minggu terganggu karena sistim mutasi jaringan Telkomsel ke Dinas kependudukan sedang bermasalah.

Mengajak masyarakat untuk dapat memahami bersama, karena soal pemprosesan dokumen kependudukan memacu pada sistim daring. Dengan demikian moga-moga besok sistim jaringan daring Telkom tidak ada masalah lagi, pungkasnya. (Dami Atok)

Artikel ini telah dibaca 192 kali

Baca Lainnya

Kucuran Dari APBN, DAK Untuk Peningkatan Jalan Pedesaan Nonstatus

Malaka, NTT, deliknews-  Dinas Nakertrans mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Ketenaga Kerjaan dan...

3 Maret 2021, 18:45 WIB

BPBD Damkar Bartim Semprotkan Disinfektan di Rutan dan Pasar Tamiang Layang

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD Damkar) Kabupaten...

3 Maret 2021, 17:38 WIB

Rimau Group Berikan Bantuan Masker kepada BPBD Damkar Barito Timur

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Rimau Group yang bergerak di bidang pertambangan batubara di wilayah...

3 Maret 2021, 16:52 WIB

Polresta Tangerang Ringkus Pelaku yang Curi Motor Pemancing

TANGERANG – Satuan Reserse Kriminal Polresta Tangerang Polda Banten meringkus 2 orang pria berinisial MR...

3 Maret 2021, 16:43 WIB

UD Tani Mandiri Malaka Melayani Pupuk Bersubsidi di 4 Kecamatan

Malaka, NTT, deliknews – Pengecer UD Tani Mandiri di Desa Laleten Kecamatan Weliman menjual pupuk...

3 Maret 2021, 15:10 WIB

Polres Gayo Lues Amankan Tersangka Transaksi Satwa Dilindungi

Kepolisian Polres Gayo Lues, Provinsi Aceh berhasil mengamankan tersangka transaksi satwa yang dilindungi dalam kondisi...

3 Maret 2021, 15:09 WIB

loading...