Selasa, 26 Januari 2021 - 18:54 WIB

Kadis Dukcapil Malaka Mangkir Saat Dipanggil Komisi I Terkait NIK dan DPT Siluman

Malaka, NTT, deliknews – NIK dan DPT siluman yang tidak sama dengan databes Kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Malaka NTT, sebenarnya tidak ada. Dalam pengurusan KTP berdasarkan Kartu Keluarga (KK), dimana pengurusan KK melampirkan dokumen pribadi yang di ajukan oleh warga.

Berawal dari Laporan masyarakat ke Bawaslu Malaka tentang adanya NIK dan DPT siluman terkait Pilkada Malaka lalu. Sehingga ramai pemberitaan di media online di Kabupaten Malaka ada terjadi NIK dan DPT siluman dalam Pilkada Malaka Desember 2020 lalu.

Ketua Komisi I asal Partai Golkar, Hendry Simu saat di temui di ruangan Komisi I DPRD Malaka, Selasa 26/1/2021 mengatakan terkait NIK dan DPT siluman pada database yang di muat di media online itu, kami dari komisi I tidak tau. Jika ada pihak tertentu mengatakan di Malaka adanya NIK siluman itu urusan pihak yang mengungkapkannya.

“Untuk persoalan NIK dan DPT siluman yang tidak update itu kewenangan dari pihak Dinas Dukcapil. Selain itu, penarikan pernyataan atas laporan pihak tertentu ke Bawaslu itu, bisa dapat dikatakan Ya dan Tidak, dengan pembohongan publik. Sebab yang menyatakan NIK  dan DPT siluman dari pihak pelapor yang mengadukan laporan itu ke pihak Bawaslu” ujar Hendry Simu.

Lanjutnya, terkait laporan tentang NIK dan DPT siluman,  hari ini kami dari komisi I juga dimasukkan dalam agenda rapat, agar dapat mempertanyakan kejelasan NIK  dan DPT siluman itu seperti apa? Sebab kami juga tidak paham benar dengan namanya NIK dan DPT siluman itu seperti apa?.

Masih menurutnya, sayangnya hari ini, pak Kadis Dukcapil tidak hadir, dengan beralasan sakit. Karena pak Kadis Dukcapil tidak hadir, maka kami akan lakukan pemanggilan berikutnya. Langka kami dari Komisi I telah bersepakat untuk turun langsung ke Dinas Kependudukan untuk menyaksikan langsung dengan sistim pelayanan di kantor Dinas Dukcapil.

Kenapa langka kami langsung turun langsung memantau pelayanan di kantor Dukcapil. Karena kami juga sudah banyak informasi dari masyarakat tentang pelayanan di kantor Dukcapil Malaka, pungkasnya.

Mantan anggota Dewan dari PAN Malaka, Maksimus Nahak. S. Ip saat di hubungi via ponselnya mengatakan untuk database singkronisasi pada NIK, e-KTP dan KK, merupakan tugas dan fungsi pihak Dukcapil. Sebab yang ter update database Kependudukan pada NIK itu memiliki Kode Negara setiap masing-masing Wilayah Kabupaten di Indonesia. Jadi teraktivasi NIK e-KTP dan KK itu, hanya pada Dinas Dukcapil.

“NIK siluman itu bukan berarti pembohongan publik tetapi pihak Dukcapil tidak jeli saat menertibkan NIK yang ada. Sehingga muncul NIK yang ganda bahkan tidak teraktivasi akibatnya banyak NIK yang tidak terdata” ungkap Maksimus Nahak. S.Ip.

Di tempat berbeda, Kadis Dukcapil Malaka, Ferdinandus Rame, S.Ip, M.Si saat di temui di rumahnya, Selasa 26/1/2021 mengatakan saya lagi sakit, untuk persoalan NIK tersebut sudah ada di KPU dan Bawaslu.(Dami Atok)

Artikel ini telah dibaca 106 kali

Baca Lainnya

UD Tani Mandiri Malaka Melayani Pupuk Bersubsidi di 4 Kecamatan

Malaka, NTT, deliknews – Pengecer UD Tani Mandiri di Desa Laleten Kecamatan Weliman menjual pupuk...

3 Maret 2021, 15:10 WIB

Polres Gayo Lues Amankan Tersangka Transaksi Satwa Dilindungi

Kepolisian Polres Gayo Lues, Provinsi Aceh berhasil mengamankan tersangka transaksi satwa yang dilindungi dalam kondisi...

3 Maret 2021, 15:09 WIB

Program Pos Sanjung, Kapolresta Tangerang Kunjungi Kediaman Anggota dan ASN

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro melaksanakan kegiatan Polisi Selasa Berkunjung (Pos...

3 Maret 2021, 11:29 WIB

Kapolresta Tangerang Blusukan ke Jambe Gelorakan Kampung Tangguh Nusantara

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro bersilaturahmi ke Desa Jambe, Kecamatan Jambe,...

3 Maret 2021, 00:26 WIB

415 Personel, ASN, dan PHL Polresta Tangerang Telah di Vaksin

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten terus melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Gedung Serba...

3 Maret 2021, 00:01 WIB

Sat Reskrim Polresta Tangerang Bekuk DPO Curanmor dan Spesialis Bobol Rumah

TANGERANG – Satuan Reserse Kriminal Polresta Tangerang Polda Banten berhasil meringkus pelaku pencurian dengan modus...

2 Maret 2021, 23:54 WIB

loading...