Rabu, 27 Januari 2021 - 10:34 WIB

DPRD Bartim Gelar RDPU Plasma Kebun Sawit Koperasi dan PT. BKI

Barito Timur, Kalteng, Deliknews – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRR) Kabupaten Barito Timur menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait permasalahan pengelolaan dan lokasi plasma perkebunan sawit milik Koperasi Isa Pakat desa Bambulung yang di dalam konsesi milik PT. Borneo Ketapang Indah (BKI).

PT. BKI yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, anak perusahaan dari PT. Ciliandry Angky Abadi (CAA) Jobsite Kecamatan Dusun Tengah dan Kecamatan Pematang Karau dan Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)

Pada kegiatan RDPU, turut dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua I dan II serta para Ketua Komisi dan anggota DPRD Bartim, Asisten I dan Asisten II Setda Bartim, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM beserta jajaran, warga masyarakat Desa Bambulung, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Ama) dan para tokoh serta pendamping masyarakat, yang dilaksanakan di ruang rapat DPRD. Selasa (26/1/21)

Disela rapat  tersebut, perwakilan dari koperasi Isa Pakat, Purdiono. SE mengatakan,” Mediasi ini sudah dilaksanakan beberapa kali akan tetapi pihak perusahaan ini terkadang mengingkari, dan apa yang mereka sampaikan itu berbeda dengan apa yang dilaksanakan”, jelasnya.

“Jadi Koperasi Isa Pakat kemarin sempat membikin Mou terkait pengelolaan plasma sawit masyarakat, tetapi ini jadi masalah, perusahaan katakan bahwa mereka sudah ada Mou dengan koperasi yang lain, yakni koperasi Usaha Bina Bersama (UBB), sementara sebelum berdirinya koperasi UBB, mereka menyatakan bahwa koperasi UBB bukan untuk mengelola plasma tapi simpan pinjam.

“Ketika sudah terbentuk koperasi pengelola plasma, mereka katakan sudah melakukan Mou dengan koperasi UBB, nah ini yang jadi masalah. Jadi PT.BKI ini terkesan mengadu domba masyarakat, apa sih susahnya kalau di kumpulkan, ” Ini lho plasma kalian”, terang Purdiono.

Lanjutnya, Jadi mereka terkesan hanya membaca aturan tapi tidak dilaksanakan, maka kami sebagai pemilik plasma memohon kepada DPRD Bartim memediasi, apa sih yang di inginkan perusahaan dan apa yang di inginkan masyarakat, kan sederhana”, harapnya.

“Jika hak dan kewajiban sama – sama terpenuhi dan sesuai dengan aturan perundang – undangan yang berlaku, itu tidak ada masalah, mudah – mudahan hari ini ada jalan keluar, tidak perlu lagi ada penutupan aktivitas perusahaan, karena bisa di musyawarahkan dengan baik”, ucap Purdiono.

Ditemui terpisah, Manager Umum PT. BKI, R.Agus Hirmawan menyampaikan,” Pertemuan ini sudah gamblang terkait masalah plasma kemitraan, kalau terkait masalah hasil kesepakatan ini, itu adalah win – win solution, yang kita harapkan adalah bagaimana Isa Pakat bisa membaur dengan UBB”, harap Agus.

“Supaya tidak ada dualisme seperti yang saya sampaikan tadi bahwa dalam undang – undang nomor 25 tahun 1992 itukan tidak bisa kita melakukan Mou dengan dua koperasi, tapikn itu sudah jelas bahwa Isa Pakat juga mengakui, kami tidak berkecimpung untuk Mou dan tidak ingin mengkudeta”, paparnya.

Menurutnya, kami ingin bagaimana transparansi, itu benar – benar juga kami ketahui, “saya katakan bergabung saja dengan UBB, toh mereka petani plasma dari UBB”, ucap Agus usai RDPU.

“Kalau kami pikir ini sudah tidak ada lagilah persoalan – persoalan, walaupun mungkin yang jadi persoalan bergabungnya merekalah seharusnya, itu aja harapan kita. Tadikan harapan dari anggota dewan, bagaimana nanti setelah pada tahapan itu mereka bisa bergabung kembali”, pungkas Agus.

Diakhir RDPU di sepakati 4 poin hasil kesepakatan yakni :
1. Rencana kerja akan di sepakati oleh PT.BKI, koperasi UBB dan koperasi plasma Isa Pakat dengan ketentuan yang sifatnya internal, untuk yang sifatnya external ajan dilaksanakan oleh PT. BKI dan koperasi UBB.
2. Koperasi UBB siap melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sesuai laporan dari PT.BKI paling lambat bulan Maret tahun 2021.
3. PT. BKI siap menyampaikan laporan yang akan di dampingi oleh dinas terkait.
4. Kesepakatan ini paling lambat dilaksanakan bulan Maret tahun 2021

Yang di tanda tangani bersama oleh management PT.BKI, ketua koperasi UBB, ketua koperasi plasma Isa Pakat, Asisten I dan II Setda Bartim serta ketua dan wakil ketua DPRD Bartim. (Boy)

Artikel ini telah dibaca 93 kali

Baca Lainnya

Wabup Barut Tutup Acara Rapat Forum Perangkat Daerah

Muara Teweh, Kalteng, deliknews – Setelah sebelumnya dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Barito Utara (Barut),...

1 Maret 2021, 20:18 WIB

Brimob, TNI, Polres dan Pemda Gencar laksanakan Operasi Yustisi

Satbrimob Polda Aceh, Senin(/01/03/2021) Personel Kompi 4 Batalyon C Pelopor bersama TNI Koramil 04 Kuta...

1 Maret 2021, 17:14 WIB

Isu Suap Rp 2 M di Balik Buronan Interpol Rusia Kabur dari Imigrasi

Denpasar – Munculnya bau busuk akan isu suap Rp 2 miliar di balik kaburnya buronan...

Ilustrasi. (Foto: Deliknews.com)

1 Maret 2021, 17:07 WIB

Zulhardri Z. Latif Enggan Komentar Soal Pengembalian Uang Negara

Padang, – Soal pengembalian uang negara atas kelebihan pembayaran biaya perjalanan dinas ke Italia tahun...

Anggota DPRD Kota Padang Zulhardri Z. Latif (foto: kumparan.com)

1 Maret 2021, 15:41 WIB

Berkedok Toko Kosmetik, Penjual Tramadol dan Excimer Digerebek Polresta Tangerang

TANGERANG – Sebuah toko kosmetik di Kampung Bugel, Desa Pangadegan, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang...

1 Maret 2021, 10:12 WIB

Unand Diduga Pungut Uang Kuliah Mahasiswa Bidikmisi

Padang, – Kampus ternama Universitas Andalas (Unand) diduga melakukan pungutan atau penerimaan uang kuliah dari...

Kampus Universitas Andalas

1 Maret 2021, 09:07 WIB

loading...