Kamis, 4 Februari 2021 - 22:27 WIB

Ditreskrimsus Polda Kalteng Gelar Supervisi Sosialisasi Karhutla dan Penanganan Kasus LH di Wilkum Polres Bartim

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Dalam rangka mengantisipasi masuknya pergantian cuaca dari musim penghujan ke musim kemarau, Direktorat Resimen Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar kegiatan supervisi dan sosialisasi kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta penanganan kasus – kasus Lingkungan hidup di wilayah hukum Polres Barito Timur (Bartim).

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri pula oleh Kapolres Bartim beserta jajaran perwira, Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Kalteng dan jajaran. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD Damkar) Bartim beserta anggota, yang dilaksanakan di ruang rapat Mako Polres Bartim, Kamis 4/2/2021.

Supervisi tersebut dilakukan untuk melihat dari awal tahun bagaimana persiapan menghadapi kemarau, sehingga saat tiba musim kemarau instansi terkait tidak kelabakan dalam mengatasi bencana karhutla”, jelas Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Kalteng, AKBP. Edy Siswanto usai kegiatan.

“Kegiatan ini juga untuk memastikan sinergitas antar instansi terkait yang berkesinambungan serta untuk mematangkan kembali persiapan-persiapan menghadapi musim kemarau”, terang AKBP. Edy Siswanto.

Seirama dengan itu, Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra menyampaikan kegiatan tersebut juga untuk mensosialisasikan tindak pidana lingkungan hidup. Ada sanksi pidana yang akan dikenakan bagi pihak yang sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Untuk penanganan karhutla, Polres telah melakukan berbagai persiapan personil, sarana dan prasarana. Polres juga akan bekerja sama dengan BPBD Damkar dalam penanganan karhutla.

“Kami telah mempersiapkan 111 personil dari Polres maupun Polsek untuk penanganan karhutla, serta 6 posko karhutla yang melibatkan personel Polri TNI dan masyarakat”, lanjutnya.

“Posko yang ada menjadi perpanjangan tangan sehingga jika terjadi kebakaran segera dilakukan penanganan awal. Kami juga sudah menyiapkan command center, di situ bisa dimonitor 24 jam situasi di Barito Timur, jika ada hotspot langsung terbaca”, ucap Afandi.

Ditambahkan, Kepala BPBD dan Damkar Barito timur Riza Rahmadi mengatakan, Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari instruksi Presiden Nomor 13 tahun 2020 tentang upaya pencegahan dan penindakan hukum terkait karhutla.

“Mudah-mudahan dalam 2 bulan terakhir kita bisa mensinergikan pos-pos yang sudah dibentuk oleh Polres, kita juga akan membentuk masyarakat peduli api untuk menghadapi bencana karhutla dan kabut asap”, pungkas Riza. (Boy)

Artikel ini telah dibaca 90 kali

Baca Lainnya

Program Kapolda, Kapolresta Tangerang Sowan ke Tokoh Agama Desa Wanakerta

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro kembali melaksanakan Program Kapolda Banten Irjen...

5 Maret 2021, 11:47 WIB

Dorong Prokes, Kapolresta Tangerang Kunjungi Marketing Office Telaga Bestari

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengunjungi Marketing Office Perumahan Telaga Bestari...

5 Maret 2021, 11:41 WIB

Cegah Aksi Kejahatan dan Kawal PPKM, Polresta Tangerang Patroli Roda Dua Skala Besar

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten menggelar patroli roda dua skala besar, Kamis (4/3/2021)....

5 Maret 2021, 11:33 WIB

Kunjungi Miyako, Kapolresta Tangerang Gelorakan Perusahaan Tangguh

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro kembali melakukan kunjungan kerja ke sektor...

5 Maret 2021, 11:26 WIB

Didik 1.800 Calon Pramugari, Kapolresta Tangerang Pastikan ATC Lion Air Terapkan Prokes

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro menyambangi Angkasa Training Center (ATC) Lion...

5 Maret 2021, 11:20 WIB

Kodim/0113 Gayo Lues Bantu Sejumlah Masyarakat Kurang mampu

GAYO LUES PENDIM- Komandan Kodim/ 0113 Gayo Lues Letkol Inf Yudhi Hendro Prastyo memberikan bantuan...

5 Maret 2021, 09:54 WIB

loading...