Minggu, 7 Februari 2021 - 20:15 WIB

Sudah Saatnya Pemuda Bangkit untuk Regenerasi Pemimpin di Gayo Lues

Gayo Lues-Generasi muda merupakan tiang kokoh sebuah Negara dan Daerah. Maju tidaknya sebuah daerah salah satunya adalah ditentukan oleh peranserta generasi muda. Generasi muda harus ikut andilnya dalam pembangunan daerah agar  membawa daerah itu menjadi daerah yang lebih baik.

Alisadikin, sosok Jurnalis senior  Gayo Lues yang akan bertarung di Pilkada 2024 mengatakan, belajar dari  sejarah  berdirinya negara, sebagai landasan adalah sejarah pemuda Indonesia, yang dimulai dengan Perhimpunan Pemuda Indonesia di Belanda, Sumpah Pemuda, Revolusi Agustus 1945, hingga penggulingan Suharto-Rezim Orde Baru.

Hanya sayang, mereka tidak melahirkan pemimpin, begitu juga dengan pemuda Gayo Lues  sudah selayakya pemuda bangkit untuk regenerasi pemimpin Gayo Lues menuju kejayaan masa depan.

Pilkada 2024 merupakan waktu yang tepat bagi pemuda/politisi muda untuk merebut kepemimpinan dan menjadi pemimpim daerah dan penguasaan  politik di parlemen.

Pemilu bukan hanya sekadar momen di mana masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk memilih kepala daerah dan para wakil rakyat, namun di dalam pilihan mereka tersebut tersimpan harapan yang sangat besar dalam mengubah masa depan masyarakat  Gayo Lues.

Pemuda dan politik adalah dua elemen atau bagian yang tak terpisahkan dalam pembangunan suatu daerah dan bangsa, karena dari sisi itulah pemuda kita dapat memberikan kontribusinya dalam pembangunan untuk daerah, secara khusus Gayo Lues, dan Secara umum Aceh, bahkan Nasional.

Karena, idak selamanya generasi sekarang akan terus bertahan.  Harus ada generasi pengganti yang matang dan lebih inovatif dalam membangun Gayo lues. Dengan terjunnya pemuda ke dunia politik maka diharapkan membawa perubahan-perubahan dalam demokrasi kita kearah yang lebih baik lagi, juga secara ekonomi kemandirian yang berpihak pada rakyat dan membangkitkan prekonomian rakyat Lewat inovasi.

Di dalam UU No 40 Tahun 2008 Pasal 17 ayat (3) disebutkan Peran aktif pemuda sebagai agen perubahan diwujudkan dengan mengembangkan salah satunya adalah pendidikan politik, dan demokratisasi. Maka pantaslah generasi muda ikut andil dalam pembangunan daerah dan nasional dalam upaya melakukan pendidikan politik, dengan tujuan mewujudkan sistem politik yang lebih baik lagi di Negeri yang berjulukan Seribu Bukit ini.

Namun, kita sadari terdapat berbagai tantangan bagi pemuda untuk berkiprah dalam politik dan memenangkan pemilu 2024 mendatang, tetapi dengan semangat muda Insya Allah kita antisipasi beberapa tantangan bagi politisi muda, antara lain; pertama, kondisi politik di negri ini, sudah bukan rahasia daerah kita identik dengan praktik korupsi dan politik uang. Yang kedua, untuk semetara dunia politik adalah dunia yang hanya dipenuhi oleh perebutan kekuasaan (struggle for power). Hal ini tentu saja mengingatkan kepada banyaknya kasus dugaan korupsi di daerah, sebagai akibat dari para oknum pejabat yang  tidak pernah puas dengan kekuasaan dan materi.

Ketiga, partai masih dikuasai oleh elite pemodal  yang menyebabkan regenerasi dan sirkulasi kepemimpinan mandeg.

Keempat, pola patron-klien masih mendominasi pengisian jabatan strategis lewat bisikan serta di internal partai—anggota partai harus memiliki kedekatan khusus dengan pimpinan.

Kelima, ketiadaan jenjang karier yang jelas ini menyusahkan anak muda untuk berkarier di partai politik.

Keenam, Sadar dan tidak aturan pemilu yang memberatkan politisi muda.

Namun, generasi muda tak sepenuhnya apolitis. Hasil survei Sementara , 53,7% persen responden menjawab sangat penting dan 46,3 persen menjawab penting menggunakan hak pilih dalam pilkada. Untuk pemilu serentak 2024, hampir tidak ada responden yang menjawab tidak akan menggunakan hak pilih.

Terdapat beberapa strategi yang bisa dilakukan agar generasi muda tak sekadar menjadi pemilih dalam Pemilu 2024, tetapi juga memenangkan pemilu. Di  antaranya yaitu;

Pertama, menciptakan ruang politik yang sehat di media sosial Trnsfaran dan Akuntabel, Karna Saat ini Hampir 90% pemuda memiliki Akun media sosial, angka yang besar ini berperan untuk menciptakan demand isu politik yang lebih mementingkan visi, misi, program peserta pemilu ketimbang isu dengan sentimen lain dalam Artian Black Campein dan hoaks. Sehingga kelompok umur ini bisa menjadi “pasar” Politis muda  dan internet/sosial-media menjadi alat yang jitu nan ampuh untuk mensosialisasikan visi-misi dan program politik.

Kedua, berhimpun dan membuat gerakan pemuda disetiap wilayah kecamatan,  tolak politisi busuk  Walau lintas partai politik. Politisi muda hendaknya mengidentifikasi calon-calon bermasalah Baik tentang hukum. Lebih dari itu, politisi muda juga bisa mengidentifikasi calon dengan kewenangan kuat/petahana, rekam jejak buruk, dan keuangan tak akuntabel yang rawan berlaku korusi

Ketiga, Kita Sebagai generasi muda marus mampu merebut kepemimpinan politik yang bermartabat baik gagasan maupun praktik. Kita Lakukan Kampanye politik cerdas, berintegritas, sesuai ideologi. harus terus digalakkan. Cerdas dalam arti pandai dalam memilih dan memilah cara marketing politik yang meliputi political branding, political positioning dan political segmenting. Berintegritas dalam hal ini adalah integritas politik yang bersendikan nilai-nilai universal seperti Adil dan Berkeadilan Amanah dan jujur, disiplin, bertanggung jawab, mandiri, dan berani menolak ketidakjujuran. Ideologis Serta hendaknya politik dipandu oleh suatu ideologi Bangsa bukannya pragmatisme politik semata.

Kita menyadari Meskipun  politik Gayo lues sedang mengalami kondisi yang kurang berpihak pada rakyat , namun politisi muda masih ada harapan untuk menjadi politisi yang baik yaitu dengan berbekal pendidikan karakter dan idelogi. Jadi, diharapkan ketika Menjadi pemimpin atau duduk di parlemen, pada Pilkada serentak 2024 politisi muda tidak hanya duduk dan diam namun mampu bicara memperjuangkan hak rakyat, serta wajib melindungi hak rakyat.

Penulis: (AD), meeupakan Jurnalis seneor, dan aktivis Gayo Lues

Artikel ini telah dibaca 271 kali

Baca Lainnya

Program Yuk Ngopi Wae, Kapolresta Tangerang Audiensi Aliansi Mahasiswa

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro melaksanakan Program Kapolda Banten Irjen Pol...

6 Maret 2021, 22:51 WIB

Polda Aceh Gelar Sidang Penetapan Kelulusan Seleksi Sekolah Insfektur Polisi

  Polda Aceh melalui Biro SDM, Sabtu (6/3/21) sore menggelar sidang penetapan kelulusan Tingkat Panitia...

6 Maret 2021, 21:30 WIB

BEM KM Universitas Andalas Pertanyakan Bantuan Bidikmisi

Padang, – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM Unand) mempertanyakan masalah bantuan...

Kampus Universitas Andalas

6 Maret 2021, 20:08 WIB

Remaja dalam Lingkaran Bonus Demografi

Oleh : Ilham Mida, S.Pdi (Guru BK SMAN 5 Bukittinggi) Masa remaja merupakan masa yang...

Ilham Mida, S.Pdi (Guru BK SMAN 5 Bukittinggi)

6 Maret 2021, 13:45 WIB

Polsek Sikakap Dorong Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Kepulauan Mentawai, – Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH dan jajarannya bekerja sama dengan Forkopimca...

Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH dan jajarannya bekerja sama dengan Forkopimca melakukan bersih-bersih diwilayah Sikakap, Jum'at (5/3/21).

6 Maret 2021, 12:55 WIB

Cek Mapolsek Cisoka, Kapolresta Tangerang Bagikan Masker ke Tahanan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengunjungi Polsek Cisoka, Jumat (5/3/2021). Dalam...

6 Maret 2021, 10:41 WIB

loading...