Rabu, 17 Februari 2021 - 13:45 WIB

Dukung Program Ketahanan Pangan Jokowi, Stafsus Billy Mambrasar Gandeng Universitas Syah Kuala dan HKTI siap Luncurkan Program Petani Milenial Aceh

Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh. Agenda pertama di Aceh Billy Mambrasar mendatangi Kampus tertua di provinsi ini, Universitas Syiah Kuala, bertemu dengan Pihak Rektorat, perwakilan Mahasiswa, dan Pengurus HKTI Provinsi Aceh.

Tujuan diadakanya pertemuan tersebut adalah untuk mendiskusikan terkait rencana kolaborasi dan kerja bersama meluncurkan program Petani Milenial, yakni program di bawah Kementerian Pertanian, untuk menciptakan 2.5 Juta Petani di usia muda dan produktif, yang dapat mendorong peningkatan ketahanan Pangan Indonesia, sesuai dengan visi dan misi Presiden RI.

Untuk mencapai hal tersebut, Staf Khusus Presiden RI dipanggil bertemu dengan Menteri Pertanian pada akhir tahun 2020, dan merancang sebuah program dukungan, menciptakan 100,000 Petani muda, yang akan menjadi bagian dari data talenta 2.5 Juta petani tersebut.

“Pak Yasin Limpo bersama-sama dengan jajaran dibawahnya begitu bersemangat, dan antusias u

“Sebagai Staf Khusus Presiden yang membidangi Inovasi, Milenial, Pendidikan dan Entrepreneurship saya akan terus berupaya mendorong kampus agar terus melahirkan generasi muda yang progresif dan inovatif untuk membangun bangsa menuju Indonesia Emas 2045”. Kata Billy yang juga ada seorang duta SDG’s.

Dalam kunjungan ke Universitas Syiah Kuala, Billy di jamu oleh Wakil Rektor bidang umum dan keuangan Dr. Ir. Agussabti, M.Si. dan Wakil Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC. Hadir juga dalam kunjungan tersebut ketua Pemuda Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Aceh, Nurul Fazri.

Poin-poin kesepakatan yang akan disepakati antara Stafsus Billy Mambrasar, Pemuda HKTI dan Universitas Syiah Kuala adalah berbagai bentuk kerjasama dan kolaborasi antar berbagai pemangku kepentingan, untuk mendukung terlaksananya program ini.

“Saya berasal dari Papua, dan Papua Aceh merupakan 2 provinsi terujung di Indonesia, yang harus menjadi bagian dari Program ini. Di Provinsi Papua dan Papua Barat, ada sebuah Gerakan anak Muda, yakni Gerakan kewirausahaan di bawah Payung Papua Muda Inspiratif, yang menjadi gerbong program ini disana. Sementara di Aceh ini, akan ada kolaborasi lintas pemangku kepentingan, seperti kerjasama dengan HKTI dan Duta Petani Milenial ini” Jelas Staf Khusus Presiden yang berasal dari Papua ini.

Billy Mambrasar Mengatakan, dalam menjalankan mandat untuk menciptakan 100 Ribu dari 2,5 juta skala nasional, saya selalu menggandeng komunitas/pemuda lokal. Seperti untuk Papua dan Papua Barat akan di gerakan oleh teman Papua Muda Inspiratif dan di Aceh di gerakan oleh HKTI dan juga komunitas lain yang ingin terlibat.

Dalam mandat ini juga kami memiliki empat kelompok, sebagai berikut:

1. Menjadikan mereka-mereka yang tidak tertarik menjadi Petani untuk terjun ke Sektor ini. 40% dari total peserta program akan jatuh dalam kategori ini

2. Menjadikan mereka yang telah terjun ke sektor ini untuk memiliki kemampuan kewirausahaan. Sekitar 30% dari peserta program ini akan jatuh dalam kategori ini.

3. Mendorong pelaku usaha tani untuk menggunakan teknologi dalam melakukan usaha mereka. Sekitar 20% akan jatuh dalam kategori ini.

4. Mendorong mereka yang telah berbisnis dalam sektor ini, untuk dapat menjadi pelaku usaha ekspor. Sekitar 10% akan jatuh dalam sektor ini

Disela-sela kunjungan tersebut, Billy juga mengucapkan terimakasih kepada pihak kampus yang telah menerima dan mendidik adik-adik Papua yang berkuliah di kampus ini.

“Mari membangun Narasi bersama, membangun Indonesia dari ujung-ujung negeri ini”, Ucap Billy Mambrasar optimis.

Artikel ini telah dibaca 50 kali

Baca Lainnya

Rizieq Shihab Harus Mengembalikan Tanah PTPN

Oleh : Zakaria Rizieq Shihab dan FPI seenaknya mencaplok tanah dan mendirikan bangunan di atasnya....

27 Februari 2021, 16:38 WIB

UU Cipta Kerja Cegah Korupsi di Pengadaan Barang dan Jasa

Oleh : Lisa Pamungkas Aturan turunan UU Cipta Kerja telah disahkan, dan UMKM bisa ikut...

27 Februari 2021, 14:06 WIB

Gunakan PAI sebagai Instrumen Diseminasi Moderasi Beragama

Kementerian Agama tengah menggalakkan penguatan moderasi beragama di segala layanan keagamaan, termasuk pendidikan. Wakil Menteri...

27 Februari 2021, 00:56 WIB

PPKM Mikro Efektif Mengendalikan Covid-19

Oleh : Alfisyah Dianasari Pemerintah terus berupaya untuk menurunkan angka kasus positif demi mengendalikan pandemi...

27 Februari 2021, 00:49 WIB

19 Tahun Menunggu Lahan Usaha II, Warga Transmigran Sumber Rejo Minta BPN Bartim Berikan Jawaban

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Warga transmigran Desa Sumber Rejo Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito...

26 Februari 2021, 18:23 WIB

Mengapresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Oleh : Sindi khairudin Presiden Jokowi baru saja meresmikan Bendungan Napun Gette di NTT. Selain...

24 Februari 2021, 22:41 WIB

loading...