Kamis, 18 Februari 2021 - 11:14 WIB

Panitia KPPS Pilkel Desa Angantaka, Abiansemal, Badung. (Foto: Ist/tim)

Panitia KPPS Pilkel Desa Angantaka, Abiansemal, Badung. (Foto: Ist/tim)

TEGANG, Jelang Penetapan Pilkel Angantaka Panitia dan BPD Digugat

Badung – Jelang penetapan setelah penghitungan suara pemilihan perbekel (Pilkel) Desa Angantaka Kecamatan Abiansemal Badung muncul suasana ketegangan. Pasalnya, calon nomor urut 2 Nyoman Bagiana menggugat panitia penyelenggara dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

Melalui kuasa hukumnya Putu Nova Christ Andika Graha Parwata, S.H, M.H, CTL didampingi I Made Rai Wirata, S.H, Med, bersama pengacara lain dari kantor hukum PNP & Partners Law Firm mengatakan, bahwa Pilkel Desa Angantaka diduga ada perbuatan melanggar hukum dilakukan pihak panitia dan BPD, sehingga kliennya melayangkan gugatan, hari Senin 15 Februari 2021 ke Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

“Jadi sifatnya gugatan perdata perbuatan melawan hukum (PMH), nomor perkaranya 186/Pdt.G/2021/PN Dps. Yang kami gugat adalah, satu panitia pelaksana Pilkel di Desa Angantaka, kedua pihak BPD Desa Angantaka. Dengan turut tergugat satu, dari Camat Abiansemal, Kepala Dinas PMD, dan Bupati Badung,” terang Putu Nova Parwata, Kamis (18/02).

Pengacara Putu Nova Parwata menjelaskan, gugatan ini dilayangkan kliennya agar tidak dikeluarkannya penetapan mengenai hasil Pilkel Desa Angantaka. Hal ini lantaran dinilai sebelumnya muncul masalah, terkait surat suara pencoblosannya simetris di sembilan tempat pemungutan suara (TPS) dan hanya satu TPS disahkan panitia.

“Jadi surat suara yang dicoblos simetris di 8 TPS ini harusnya juga dinyatakan sah. Sama seperti satu TPS yang disahkan. Karena di Peraturan Bupati (Perbup 30/2016) juga dinyatakan. Yang penting coblosan itu tembus mengenai kotak foto, sudah dihitung harusnya,” pungkasnya.

Foto: Putu Nova Christ Andika Graha Parwata, S.H, M.H, CTL

Lebih lanjut pihaknya sebagai pengacara dari calon nomor urut 2 melalui gugatan ini memohon, agar dibuka kotak suara untuk menghitung surat suara simetris dari delapan TPS yang dikabarkan mencapai 581 suara.

“Artinya permohonan kami agar dibuka kotak suara. Apapun itu hasilnya kami akan mengikuti. Kami tidak mencari menang. Kami ingin demokrasi yang berkeadilan,” tegas Putu Nova Parwata.

Dihubungi awak media secara terpisah melalui sambungan telpon Nyoman Subamia Arianta selaku Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Angantaka mengaku tidak tahu apa terkait gugatan di pengadilan dan mengatakan belum dapat surat.

“Tyang (saya) belum dapat surat tidak tahu apa-apa. Tyang ada di PMD Puspem Badung,” terangnya singkat dalam sambungan telepon.

Sementara Wakil Ketua KPPS Desa Angantaka I Nyoman Karta mengatakan, tidak adanya sosialisasi bimbingan teknis (Bimtek) dalam pencoblosan Pilkel Desa Angantaka kepada warga jadi pemicu timbulnya masalah. Dan pihaknya meminta maaf kepada masyarakat.

“Kami minta maaf kepada masyarakat dengan adanya 581 surat suara simetris yang dinyatakan tidak sah. Selama ini yang mengikuti Bimtek (Bimbingan Teknis) di Pemdes (Pemerintah Desa) adalah Ketua. Tetapi tidak disosialisasikan ke temen-temen panitia yang lain. Itu masalahnya. Tyang dengan teman panitia yang lain buta terkait masalah itu. Apa yang didapat dalam Bimtek,” kata Nyoman Karta.

Disinggung terkait langkah diambil panitia dalam penyelesaian masalah terjadi, pihaknya dengan panitia lain mengaku sudah lama menunggu arahan dari Ketua KPPS namun sampai hari ini pihak ketua disebut-sebut belum ada koordinasi langkah untuk menyelesaikan.

“Terkait permasalahan ini saya koordinasi dengan panitia yang lain, namun pihak ketua tidak aktif, sejak selesai pleno tanggal 7 itu (Februari 2021). Sama sekali tidak ada koordinasi dengan panitia yang lain. Ini kan harusnya dirapatkan dengan panitia yang lain. Gimana ini penyelesaiannya terkait adanya gugatan,” terang Nyoman Karta. (Tim)

Baca Lainnya

Malam Minggu, Kapolresta Pimpin Apel Siaga Patroli Skala Besar dan Yustisi

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten menggelar Apel Siaga, Sabtu (6/3/2021) pukul 21.00 WIB....

7 Maret 2021, 12:29 WIB

Mengapresiasi Usulan Revisi UU ITE

Oleh: Salahudin Al Ayubi Undang-Undang ITE sempat jadi kontroversi, karena membuat banyak orang takut untuk...

7 Maret 2021, 12:23 WIB

Program Yuk Ngopi Wae, Kapolresta Tangerang Audiensi Aliansi Mahasiswa

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro melaksanakan Program Kapolda Banten Irjen Pol...

6 Maret 2021, 22:51 WIB

Polda Aceh Gelar Sidang Penetapan Kelulusan Seleksi Sekolah Insfektur Polisi

  Polda Aceh melalui Biro SDM, Sabtu (6/3/21) sore menggelar sidang penetapan kelulusan Tingkat Panitia...

6 Maret 2021, 21:30 WIB

BEM KM Universitas Andalas Pertanyakan Bantuan Bidikmisi

Padang, – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM Unand) mempertanyakan masalah bantuan...

Kampus Universitas Andalas

6 Maret 2021, 20:08 WIB

Remaja dalam Lingkaran Bonus Demografi

Oleh : Ilham Mida, S.Pdi (Guru BK SMAN 5 Bukittinggi) Masa remaja merupakan masa yang...

Ilham Mida, S.Pdi (Guru BK SMAN 5 Bukittinggi)

6 Maret 2021, 13:45 WIB

loading...