Bupati Bartim Ikuti Tanam Perdana Jagung Bersama Poktan Jandrah Desa Kupang Baru

Barito Timur, Kalteng – deliknews – Dalam rangka meningkatkan perekonomian pada sektor pertanian dan ketahanan pangan masyarakat di masa pandemi Covid–19, seiring dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Barito Timur.

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas SE,.MM mengikuti penanaman perdana jagung Hibrida NK 212 bersama kelompok tani Jandrah desa Kupang Baru Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, pada Sabtu (27/2/21)

Dalam kegiatan tersebut, Ampera didampingi Sekda Barito Timur, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan beserta Kabid, Camat Karusen Janang, Kepala Desa Kupang Baru dan pendamping desa, kepala BPP, dan para petani desa Kupang Baru..

Orang nomor satu di Bumi yang berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah ini, Ampera. A. Y. Mebas dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana diketahui potensi yang dimiliki kabupaten Bartim dalam budidaya Jagung Hibrida sangat mendukung, melihat sumberdaya alam yang memadai, yaitu lahan dengan jenis tanah aluvial yang hampir merata dengan kandungan kesuburan tanah cukup tinggi, ujarnya saat membuka kegiatan tanam jagung perdana.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memegang peran penting dalam pembangunan daerah sebagai penyandang pangan jagung suatu daerah”, kata Ampera.

Dirinya meminta agar para petani tetap semangat dan terus berupaya mengelola lahan dan tumbuhan yang di budidayakan tersebut, menurutnya selain dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tanaman Jagung Hibrida tersebut mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

Tentunya hal ini dapat menjadi makanan alternatif masyarakat, maka usaha dan kerja keras kita harus tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi guna terwujudnya luhur bangsa kita tersebut, terlebih pada saat pandemi Covid- 19, terangnya.

Ampera juga meminta agar penyuluh pertanian yang bertugas melakukan pendampingan bimbingan dan pengawalan kepada kelompok tani agar mendapatkan pencapaian yang baik sehingga dapat terus dikembangkan dan berkelanjutan sehingga terwujud program pemerintah.

“Dalam upaya pencapaian swasembada pangan dan mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan sebagaimana yang telah diprogramkan pemerintah Republik Indonesia, tambahnya.

“Sejalan dengan visi misi pemerintah kabupaten Barito Timur pada program pembangunan ekonomi kerakyatan melalui pertanian, peternakan perikanan perkebunan berdasarkan keahlian dan kearifan lokal,” pungkas Ampera. (Boy)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
ADVERTISEMENT
Login Areal