Sandiaga Uno: Optimis pariwisata bangkit di 2021!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Uno, turut hadir sebagai pembicara utama dalam Webinar Pemulihan Ekonomi Nasional seri kedua yang bertemakan “Investasi Pariwisata yang Berkelanjutan”. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa untuk membangkitkan pariwisata di masa pandemi ini, berbagai kebijakan dilakukan.

“Untuk mengakselerasi pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air, kita gaungkan slogan 3G, yaitu Geber (gerak bersama), Gercep (gerak cepat), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Lapangan Kerja)”, ujar Bapak Sandiaga Uno.

Dalam ketahanan ekonomi nasional, strategi investasi dapat didorong sebagai instrumen yang sangat relevan dalam situasi pandemi Covid-19. Hal-hal yang kemudian dapat dilihat dan dikembangkan seperti strategi pengembangan investasi dan ekonomi kreatif, profiling, promosi dan advokasi, menyusun materi potensi peluang investasi.
Kondisi ekonomi Indonesia tentu dipengaruhi oleh aspek pariwisata. Pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan tentu memiliki fokus dan tujuan yang berkelanjutan. Fokus bukan lagi di kuantitas namun di kualitas guna menertibkan turis yang datang ke Indonesia, mendorong milenial yang bukan rebahan tapi milenial yang semangat.

Pendekatan yang sangat relevan dan persuasif tentu dibutuhkan dalam membangun aspek pariwisata. “Salah satu negara yang sukses dengan pendekatan yang relevan seperti New Zealand dimana memiliki tiga kunci strategi yang mengundang turis yaitu, keindahan alam, kekayaan budaya, dan rasa aman sehingga negara tersebut kebanyakan dipilih menjadi lokasi shooting film layar lebar, dan juga merupakan surga bagi adventure tourism”, ujar Duta Besar Keliling.

Melalui kolaborasi Badan Koordinasi Penanaman Modal RI (BKPM RI) dan Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar telah terlaksana Webinar seri kedua yang mempertemukan kolaborasi konsep dari beberapa narasumber. Dalam beberapa konsep strategis terkait dengan pengembangan parawisata, salah satunya yaitu Expo Pasifik Dua menjadi fokus dalam konsen dan optimisme dari Bapak Sandiaga Uno sebagai wujud nyata untuk mendorong perkembangan investasi yang inklusif.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
ADVERTISEMENT
Login Areal